5 Cara Mengatasi Minder Dalam Pergaulan Bikin Tambah PD

advertisement

Apakah kamu kurang merasa percaya diri selama ini? Jangan khawatir karena ada cara mengatasi minder dalam pergaulan yang bisa kamu coba. Minder merupakan perasaan tidak percaya diri dalam sebuah pergaulan karena merasa dirinyalah yang paling buruk diantara semua orang yang ada di kelompok tersebut.

Rasa kurang percaya diri, rendah diri (minder) ini bukan sifat bawaan genetik, tapi merupakan salah satu gangguan psikologis yang bisa disembuhkan karena tekad yang ada pada pemilik rasa minder ini, serta dukungan orang-orang terdekat, terutama keluarga.

cara mengatasi minder dalam pergaulan

Cek cara mengatasi minder dalam pergaulan berikut ini

  1. Kenali kelebihanmu

Sudah fitrahnya bahwa setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga lebih fokuslah pada kelebihan dan kekurangan pada diri sendiri sebelum mengagumi kelebihan dan kekurangan orang lain. Belum tentu yang kamu lakukan bisa dengan mudah dilakukan oleh orang lain. Hal ini juga akan berlaku sebaliknya. Itulah pentingnya mengapa mengenali kelebihan diri.

advertisement

Dengan mengetahui kelebihan diri, rasa minder itu akan mulai pergi. Kelebihan yang sudah muncul diasah dan dikembangkan, dengan begitu akan memunculkan sosok barumu yang memang berbakat di bidang tersebut.

Cobalah berbagai macam kegiatan yang disukai, kemudian kenali apa saja yang bisa ditekuni dan dipelajari. Siapkan secara matang dan beranilah untuk unjuk diri, percaya bahwa kamu tidaklah lebih buruk dari orang lain.

  1. Fokus pada diri sendiri

Berbeda konsepnya dengan individualisme, terkadang bersikap fokus pada diri sendiri terkesan salah kaprah. Fokus pada diri sendiri berarti lebih menyayangi diri sendiri sebelum mementingkan orang lain. Hal ini bisa diperlakukan untuk beberapa orang atau kegiatan yang memang membuatmu enggan untuk mendekat.

Sebagai contohnya, ajakan dari orang-orang yang hanya bisa meremehkan tanpa menyemangati, lebih baik ditolak saja. Toxic people merupakan salah satu faktor penyebab kurang percaya diri yang dialami banyak orang.

advertisement

Orang seperti ini memang tidak akan ada habisnya. Cara yang bisa dilakukan adalah menghindarinya. Selain itu selalu gunakan kata hati, apakah ingin bergabung dengan sebuah kegiatan yang membutuhkan nyali besar atau tidak.

Jangan sekali-kali memaksa kehendak pada diri sendiri hanya karena alasan tidak enak pada orang lain. Orang lain tidak mengerti keadaanmu dan sudah sepatutnya kamulah yang memedulikan diri sendiri. Berani berkata tidak dan mengiyakan beberapa kegiatan yang bermanfaat akan menghilangkan rasa minder ini.

  1. Jadi Diri Sendiri

Be yourself, jadilah kamu sendiri. Sebaik-baiknya kamu berubah menjadi orang lain tidak akan pernah merasa  nyaman dalam menjalani hidup. Maka dari itu cobalah menjadi diri sendiri.

Terkadang minder memang datang karena belum menjadi diri sendiri yang seutuhnya. Lihatlah diri sendiri, sesekali perhatikan di depan cermin dan tersenyumlah. Hal ini akan mengurangi rasa minder yang menggelora dalam hati.

ads

Menjadi diri sendiri akan berdampak pada self-branding yang semakin membaik. Self-branding yang meningkat tentunya akan berdampak pada relasi yang semakin besar serta beberapa kesempatan yang tidak boleh dilewatkan hanya karena alasan minder.

  1. Berani mencoba hal baru

Beberapa orang mengurungkan niatnya untuk mencoba hal-hal baru dengan alasan takut gagal. Atau tidak mereka selalu dibebani dengan pertanyaan yang timbul dari mereka sendiri, seperti: bagaimana kalau gagal? Bagaimana kalau aku tidak bisa seperti yang lain? Bagaimana kalau aku berhenti di tengah-tengah?

Padahal belum dicoba bagaimana bisa tahu hasilnya. Lakukan saja dan jalani dengan konsisten apa pun hasilnya. Kalau berhasil itu adalah bonus, kalau gagal ya setidaknya kamu sudah mencoba. Gagal yang sebenarnya adalah tidak pernah mencobanya sama sekali. Lebih baik mencoba kemudian gagal dari pada tidak sama sekali.

  1. Mengekspresikan diri (Ekspresif)

Asah kemampuan berbicaramu dengan baik, hal ini akan membantu dalam hal menghilangkan rasa minder ketika berbicara dengan orang-orang yang menurutmu berada di atas level. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Youtube untuk melatih public speaking.

Caranya dengan mengunggah video singkat tentang cerita atau obrolan singkat untuk melatih kepercayaan diri. Hal ini akan mengurangi rasa tidak percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain. Berlatihlah tanpa peduli terhadap komen negatif dari orang lain. Mintalah komentar kepada orang-orang yang memang bisa dipercaya atau sudah menjadi teman dekat.

Nah, itulah cara mengatasi minder dalam pergaulan yang cerdas baik untuk orang dewasa maupun remaja serta anak.

advertisement