Scaling Gigi di Puskesmas, Apa Manfaat dan Berapa Biayanya?

Scaling gigi di puskesmas menjadi salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Memiliki gigi dan mulut yang sehat merupakan bekal paling utama bagi seseorang untuk dapat tampil percaya diri. Terdapat beberapa perawatan gigi yang perlu dilakukan agar kesehatannya terjaga, salah satunya adalah scaling.

Pengertian dan Manfaat Scaling

Sebelum membahas lebih jauh tentang scaling gigi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang apa sebenarnya scaling gigi itu. Scaling gigi merupakan sebuah proses pembersihan karang gigi dengan prosedur tertentu. Proses pembersihan karang gigi dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut ultrasonic scaler.

Karang gigi sebenarnya adalah plak yang sudah mengeras dan berwarna kuning kecoklatan hingga hitam yang menempel pada gigi. Hal inilah yang membuat tampilan gigi menjadi ksuam dan sangat mengganggu penampilan. Karang gigi tidak dapat dihilangkan hanya dengan gosok gigi dan harus melalui proses scaling. Puskesmas adalah pilihan tepat sebagai tempat untuk melakukan scaling.

scaling gigi di puskesmas

Berikut beberapa manfaat membersihkan karang gigi di puskesmas 2018 yang perlu diketahui:

  • Terhindar dari gingivitis

Manfaat pertama yang dapat diperoleh jika rajin melakukan scaling adalah dapat terhindar dari gingivitis. Gingivitis adalah masalah gigi yang muncul akibat iritasi dari karang gigi. Kondisi tersebut dapat memicu peradangan gusi yang membuat gusi menjadi memerah, bengkak hingga sangat mudah berdarah. Untuk itu, proses scaling akan mampu membuat penyakit yang terjadi karena karang gigi ini tidak muncul.

  • Mengatasi nafas bau tak sedap

Bau nafas tidak sedap sering kali menjadi masalah yang sangat serius dan sangat mengganggu kepercayaan diri dalam bersosialisasi. Tidak hanya memuat rasa percaya diri jadi sangat menurun. Bau mulut tentunya juga dapat mengganggu kenyamanan lawan bicara dan orang-orang di sekitarnya.

Salah satu penyebab bau mulut adalah pertumbuhan karang gigi yang terus mengikis sehingga membuat gigi berlubang dan menjadi sarang bakteri. Dengan melakukan scaling gigi, Anda dapat terhindar dari masalah mulut yang satu ini. Bahkan scaling gigi before after dapat dilihat dengan jelas karena gigi akan jauh lebih bersih dan tidak lagi terlihat kusam.

scaling gigi di puskesmas, biaya scaling gigi di puskesmas 2018, manfaat membersihkan karang gigi di puskesmas 2018, scaling gigi before after

  • Memiliki resiko kecil terkena penyakit jantung

Tahukan Anda bahwa bakteri yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut ternyata juga dapat memicu resiko jantung. Dengan melakukan pembersihan karang gigi di mana tempat bakteri bersemayam, maka langkah tersebut dapat membuat gigi dan mulut menjadi lebih sehat. Dan yang paling penting membuat tubuh terhindar dari penyakit jantung.

  • Menghalau terjadinya periodontitis

Kelanjutan dari gingivitis yang tidak segera diobati adalah terjadinya periodontitis. Periodontitis merupakan kondisi gingivitis yang jauh lebih parah karena terjadi pembentukan kantung yang membuat gusi serta gigi menjadi berjarak.

Apabila kantong telah dipenuhi dengan bakteri, maka sistem kekebalan tubuh secara natural akan mengeluarkan zat kimia untuk melawan keberadaan bakteri tersebut. Reaksi dari zat kimia tersebut dapat membuat tulang, gusi serta jaringan penopang gigi menjadi rusak. Untuk itu, pembersihan karang gigi sangat perlu dilakukan secara rutin.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Biaya Scaling Gigi di Puskesmas

Perlu diketahui bahwa scaling atau pembersihan karang gigi wajib dilakukan setidaknya satu kali dalam kurun waktu 6 bulan. Bahkan bagi beberapa kasus khusus, scaling wajib dilakukan sekali setiap 3 bulan. Biaya scaling gigi di puskesmas 2018 jauh lebih terjangkau, untuk peserta BPJS biayanya gratis untuk setahun satu kali, sedangkan untuk umum biayanya antara Rp 80 ribuan sampai Rp 150 ribuan saja.

Ternyata menjaga kesehatan gigi dilakukan dengan beberapa jenis perawatan selain sikat gigi secara rutin. Salah satu perawatan kesehatan gigi dan mulut adalah scaling. Melakukan scaling gigi di puskemas menjadi pilihan yang tepat karena biayanya relatif lebih ringan.