Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Membandel Secara Alami

Cara Menghilangkan Plak Gigi. Perlu diketahui bersama bahwa plak gigi merupakan lapisan yang terdiri dari bakteri, air ludah dan sisa-sisa makanan yang biasanya dapat ditemukan di sela-sela gigi dan gusi. Jika dibiarkan maka lapisan ini akan mengeras dan menjadi sulit dibersihkan.

Dampaknya adalah gigi akan mudah rusak, bau mulut dan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan plak gigi agar kesehatan gigi selalu terjaga.

cara menghlangkan plak gigi

Cara Menghilangkan Plak Gigi dengan Mudah

Cara untuk membasmi plak gigi sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Bahkan beberapa alat pembersih gigi tersebut dapat ditemukan dengan mudah di apotik ataupun supermarket dengan harga yang terjangkau. Nah, untuk menghindari serta menangani plak yang masih lunak Anda bisa memakai beberapa cara di bawah ini, yaitu:

  1. Menyikat Gigi dengan Teratur

Pengobatan dan pencegahan utama dari plak gigi adalah dengan selalu menyikat gigi secara teratur setiap harinya. Cara ini sangat ampuh membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada gigi termasuk plak yang masih berwarna putih.

Warna plak yang putih menandakan bahwa plak tersebut belum parah dan masih mudah untuk ditangani. Tentunya disarankan untuk menyikat gigi minimalnya dua kali dalam sehari terutama saat bangun dan sebelum tidur.

  1. Menyikat dengan Benar

Selalu menyikat gigi dengan teratur pun masih terdapat kemungkinan untuk terkena plak gigi. Hal ini dikarenakan cara menyikat yang dilakukan tidak benar atau terkesan asal-asalan. Padahal Anda perlu menyikat semua bagian gigi dengan cara memutar sikat dari atas sampai ke bawah.

Bagian yang paling sering terlewatkan adalah gigi geraham karena posisinya paling ujung dan sulit di jangkau. Selain itu gunakanlah sikat gigi yang lembut dan cocok dengan bentuk dan lebar atau kecilnya mulut. Hal ini penting karena Anda dapat membersihkan gigi dengan nyaman dan pastinya selalu bersih.

  1. Gunakanlah Benang

Sebagian besar orang tentu pernah merasakan ketidaknyamanan saat ada sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi. Nah, tanpa Anda sadari hal ini juga berperan sebagai penyebab plak, dan salah satu cara mengatasinya adalah dengan memakai benang gigi.

Benang ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotik ataupun klinik kesehatan. Jangan coba-coba untuk memakai benang biasa karena dapat menyebabkan gusi Anda cedera dan berdarah. Pemakaian benang gigi secara rutin bisa mengurangi bau tidak enak di mulut serta meminimalisir kemungkinan terkena penyakit di gusi.

cara menghilangkan plak gigi dengan benang

  1. Pakai Obat Kumur

Nah, setelah membersihkan gigi, dan gusi Anda bisa menggunakan obat kumur sebagai finishing setelah selesai menyikat gigi. Memakai mouthwash tidak hanya membersihkan sisa-sisa kotoran yang ada di mulut tapi juga akan membuat napas menjadi segar sehingga Anda akan terhindar dari bau mulut.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Anda harus memilih produk mouthwash dengan teliti, serta perlu diperhatikan bagian komposisinya. Selain itu, usahakan untuk menghindari pemakaian obat kumur yang di dalamnya terdapat kandungan alkohol karena hal ini dapat membuat Anda menjadi kering.

Selain menggunakan cara menghilangkan plak gigi diatas, Anda juga harus mengurangi merokok bagi para perokok, menjaga makanan serta minumlah banyak air putih setiap harinya. Namun, cara ini hanya berlaku jika plak tersebut belum mengeras, jika telah terjadi maka segera minta bantuan dokter untuk membersihkan plak tersebut secepat mungkin untuk menghindari berbagai penyakit mulut yang mungkin terjadi pada Anda.