Pantangan Makanan Jantung Koroner Agar Organ Tidak Semakin Parah

Pantangan makanan jantung koroner wajib dipatuhi oleh penderita karena penyakit ini bukanlah penyakit sederhana. Jantung koroner merupakan penyakit jantung yang diakibatkan oleh penyumbatan di pembuluh darah arteri sehingga otot-otot jantung tidak dapat menerima oksigen serta nutrisi lainnya.

Jantung koroner juga menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Ada pun beberapa gejala sakit jantung koroner adalah nyeri dada, mual dan muncul keringat dingin dan sesak napas.

Pantangan makanan jantung koroneryang perlu diketahui

  1. Gorengan

Dalam satu porsi ayam goreng dengan berat sekitar 4 ons mengandung kolesterol jahat yang sepadan dengan sebelas lembar bacon.

✔️  Pantangan Makanan Epilepsi, Gejala, Penanganan Medis & Penyebab

Membeli ayam goreng cepat saji sama artinya dengan mengonsumsi 920 kalori, 350 mm kolesterol dan 63 gram lemak. Sedangkan kolesterol jahat bisa meningkatkan tekanan darah sekaligus menutup arteri yang kurang baik untuk kerja jantung.

pantangan makanan jantung koroner (sayuran untuk penderita jantung)

  1. Makanan manis

Permen, cokelat dan biskuit merupakan jenis makanan manis yang mengandung banyak gula. Terlalu banyak makan makanan tersebut akan menambah berat badan, mengakibatkan diabetes, inflamasi yang bisa berdampak negatif bagi kesehatan jantung terutama bagi penderita jantung koroner.

  1. Pasien jantung Koroner Hindari Margarin

Umumnya margarin digunakan sebagai pengganti mentega atau cukup sebagai olesan roti karena mampu meningkatkan rasa makanan. Sayangnya margarin dibuat dari minyak hidrogenasi yang menjadi sumber lemak trans yang mampu menutup arteri.

✔️  Pantangan Makanan Fistula Ani dan Perawatan Pasca Operasi

Mengonsumsi makanan kaya margarin akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner serta serangan jantung. Jika masih sulit memasak tanpa margarin, maka pastikan hanya membeli margarin tanpa lemak trans.

  1. Burger dan pizza

Kedua jenis makanan enak ini memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap asupan lemak jenuh pada tubuh. Bayangkan saja jika beberapa slice pizza bisa menutup arteri jantung.

Dalam satu burger terkandung 540 kalori dengan 1.40 mg garam dan 29 gram lemak yang mana bila dikonsumsi setiap hari bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan hipertensi. Padahal hipertensi bisa menyebabkan pembuluh arteri mengeras dan memicu penyakit jantung.

  1. Minuman kemasan

Mungkin banyak yang tidak menyadari, jika kebiasaan jelek mengonsumsi minuman kemasan akan membuat perubahan buruk bagi kondisi tubuh di masa depan. Hal ini karena sumber glukosa yang ada pada tubuh umumnya berasal dari minuman kemasan bukannya dari makanan.

  1. Penderita Jantung Koroner Pantang Konsumsi Soda diet

Walaupun minuman ini dinyatakan bebas dari lemak dan memiliki 0 kalori, tetap saja mengonsumsi minuman ini berisiko tinggi mengalami obesitas, diabetes dan meningkatkan risiko jantung koroner. Jadi Anda jangan santai dulu karena ada minuman jenis ini.

  1. Kue kering dan roti
✔️  Pantangan Makanan Ibu Menyusui Bayi Baru Lahir s/d Usia 3 Bulan

Mungkin bisa mengurangi sedikit penggunaan gula atau menggantinya dengan gula tropicanaslim ketika membuat kue sendiri. Tapi bagaimana dengan konsumsi roti dan kue kering yang dibeli dari toko kue?

Umumnya kue yang dijual di toko roti memakai lemak jenuh yang berasal dari pemakaian minyak sawit, margarin atau mentega serta mengandung banyak glukosa yang tentunya tidak sehat bagi penderita jantung koroner.

Baca juga:
Pantangan Makanan Jantung Bocor

Meskipun ada banyak makanan yang harus dihindari oleh penderita jantung koroner seperti di atas, tapi masih ada beberapa jenis makanan yang menyehatkan. Contohnya sayuran untuk penderita jantung koroner seperti jagung, brokoli, bayam, paprika hijau dan cabai hijau.

✔️  Pantangan Makanan Asam Lambung Tinggi/Kronis/Akut yang Dihindari

Penderita yang sudah mengetahui pantangan makanan jantung koroner ini, maka wajib mematuhi seluruh pantangan tersebut untuk menjaga kondisi jantung agar tidak makin rusak.