Pantangan Makanan Bisul Bernanah agar Luka Cepat Kering & Sembuh

Bisul memang sangat mengganggu dan membuat aktivitas jadi kurang nyaman, apalagi jika keluar di bagian-bagian tubuh tak terduga seperti ketiak, selangkangan, wajah dan sebagainya. Itulah sebabnya catat apa saja pantangan makanan bisul supaya bisul tidak bertambah parah atau untuk mencegah timbul lagi.

Bisul sendiri adalah infeksi kulit di bagian folikel rambut atau kelenjar minyak kulit. Ciri-ciri bisul yang paling umum yaitu muncul warna kemerahan di bagian kulit yang kena infeksi kemudian akan timbul benjolan. Sekitar 4-7 hari kemudian benjolan itu akan mulai bernanah dan nanah atau cairan itu mengandung bakteri, sel darah putih, serta protein.

pantangan makanan bisul

Apa saja pantangan makanan bisul ?

Ada banyak sekali jenis-jenis bisul, mulai dari jenis Furunkel yang disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan jenis bisul yang paling sering muncul, hingga Hidradenitis supparativa yang sering muncul di area sekitar ketiak dan selangkangan. Apapun jenisnya ada baiknya perhatikan pantangan berikut:

  1. Makanan berlemak

Makanan berlemak dapat menyebabkan iritasi di kulit. Dan makanan yang mengandung lemak trans serta minyak sayur olahan dapat membuat hormon meningkat sehingga memicu peradangan di folikel rambut yang jadi penyebab timbulnya bisul pada kulit.

Contoh-contoh makanan berlemak yang sebaiknya dihindari antara lain, seperti: makanan gorengan, makanan bersantan dan makanan kalengan.

  1. Makanan manis

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 yang lalu mengungkapkan bahwa makanan yang terlalu manis dan mengandung gula tinggi bisa mempengaruhi bisul di kulit.

Hal ini karena kandungan makanan manis bisa meningkatkan produksi kadar gula di dalam darah, menyebabkan ketidakseimbangan hormon serta meningkatkan isulin.

Ketidakseimbangan dan peningkatan hormon yang terjadi bisa jadi faktor penyebab timbulnya bisul. Contoh-contoh makanan tinggi gula seperti: cake, jus kemasan, minuman berkarbonasi, cokelat dan biskuit.

  1. Alergi makanan tertentu

Bisul juga bisa muncul akibat alergi pada makanan tertentu. Jadi, kenali apa saja makanan-makanan yang bisa menyebabkan Anda alergi dan sebaiknya dihindari. Beberapa makanan pemicu alergi antara lain yaitu: makanan laut/ seafood, telur, kacang-kacangan dan susu sapi.

  1. Susu

Susu rupanya juga bisa meningkatkan resiko terkena bisul, pasalnya susu juga bisa meningkatkan hormon anabolin dan insulin seperti makanan manis pada penjelasan di atas. Itulah sebabnya hindari produk susu serta olahannya seperti yoghurt, keju, dan es krim.

  1. Karbohidrat olahan

Penelitian yang tercantum di dalam Journal of the American Academu of Dermatology yang diterbitkan pada tahun 2009 menyatakan bahwa makanan olahan gandum dengan kandungan gula tinggi bisa menjadi penyebab bisul.

Makanan olahan dari gandum ini mempunyai kandungan gula yang cukup banyak sehingga dapat meningkatkan produksi insulin serta minyak berlebihan di dalam tubuh.

Sebaiknya Anda menghindari beberapa pantangan makanan di atas selama bisul belum sembuh atau hilang.

Apakah bisul perlu dipencet sendiri ?

Cara memecahkan bisul yang paling aman adalah menunggunya hingga pecah sendiri karena memecah sendiri di rumah bisa berisiko menyebarkan infeksi. Apalagi jika bisul tersebut diderita oleh anak-anak yang pada umumnya memiliki sistem imun yang masih terbilang lemah. Lebih baik ditunggu pecah sendiri secara spontan dan biasanya setelah beberapa minggu akan bersih dengan cepat.

Baca juga:
Pantangan Makanan Bayi 1 Tahun yang Perlu Bunda Ketahui

Kalau Anda ingin melakukan pengobatan pada bisul, maka sebaiknya cek dan tanya langsung ke dokter. Biasanya dokter akan langsung memberikan resep berupa obat atau krim untuk membuat bisul cepat sembuh. Itulah beberapa jenis pantangan makanan bisul yang harus Anda hindari, apalagi kalau di tubuh Anda sering timbul bisul.


📌 Rekomendasi Artikel

⓵ Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah
⓶ Ucapan Ulang Tahun untuk Ibu
⓷ Ucapan Ulang Tahun untuk Suami
⓸ Ucapan Ulang Tahun untuk Anak
⓹ Ucapan Ulang Tahun untuk Kakak
⓺ Ucapan Ulang Tahun untuk Diri Sendiri
⓻ Ucapan Anniversary ke Suami atau ke Istri
⓼ Ucapan Ulang Tahun Islami Barakallah
⓽ Ucapan Bela Sungkawa Duka Cita
⓾ Sindiran untuk Suami Yang Tidak Pengertian
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah bila Sering Dipakai
➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah dan Kulit
➥ Efek Samping Produk Pemutih Fair and Lovely
➥ Pelembab Wardah untuk Kulit Berminyak Berjerawat
➥ Efek Samping dan Manfaat Produk TheRaskin