Pantangan Makanan Bayi 1 Tahun yang Perlu Bunda Ketahui & Pahami

Mengenalkan makanan pada balita memang haruslah bertahap, itulah sebabnya mengapa ada pantangan makanan bayi 1 tahun yang sebaiknya dijalankan.

Bayi berumur 1 tahun, sistem pencernaannya masih terbilang belum sempurna dank arena itulah baru boleh diberikan makanan semi keras, tentunya dengan gizi yang seimbang demi tumbuh kembangnya. Supaya aman dan tidak mengganggu kesehatan sang buah hati maka penting simak daftar pantangan berikut.

Jenis pantangan makanan bayi 1 tahun

  1. Makanan dengan penguat rasa

Kadang bayi memang rewel dan susah untuk makan karena rasa makanan yang terlalu hambar. Tapi sebaiknya ibu jangan memberikan makanan bayi yang diberi tambahan penguat rasa seperti MSG. Hal ini karena kandungan monosodium glutamat kurang baik bagi kesehatan tubuh khususnya bayi.

pantangan makanan anak 1 tahun, tekstur makanan bayi 1 tahun, ikan yang baik untuk bayi 1 tahun pantangan makanan anak 1 tahun - pantangan makanan bayi 1 tahun

  1. Madu

Terkadang untuk memberikan tambahan rasa manis pada makanan bayi, diberikan sedikit madu sebagai pemanis alami. Namun sebaiknya untuk bayi yang baru akan menginjak 1 tahun, sebaiknya jangan diberikan madu karena madu mengandung spora bakteri yang memproduksi Clostridium Botulinum yang dapat menyebabkan botulisme pada bayi.

  1. Sayuran dan buah keras

Sayuran serta buah-buahan yang keras dan masih mentah dapat diberikan kepada bayi jika mereka sudah tumbuh cukup banyak gigi untuk mengunyah. Akan tetapi, jika bayi masih belum memiliki banyak gigi maka sebaiknya tidak diberikan, contohnya seperti potongan buah kaleng, wortel dan buah-buahan yang besar dan keras.

  1. Kikil dan daging tetelan

Bolehkah anak 1 tahun mengonsumsi daging? Daging mengandung zat besi serta protein yang dibutuhkan oleh bayi. Bahkan saat bayi sudah menginjak usia 7 bulan, ibu bisa memberikan bahan makanan ini asal diolah dengan benar. Namun, sebaiknya jangan memberikan daging berupa kikil atau daging tetelan karena kandungan senyawa asam aminonya kurang bisa dicerna bayi 1 tahun, selain itu juga tinggi lemak dan kalori.

  1. Ikan yang mengandung merkuri tinggi

Ikan bisa diberikan pada bayi yang sudah menginjak usia 1 tahun. Akan tetapi tidak semua ikan baik untuk dimakan oleh balita. Ibu sebaiknya jangan memberikan ikan laut yang mengandung kadar merkuri tinggi. Contoh beberapa ikan bermerkuri tinggi seperti ikan hiu, ikan pedang, king mackerel dan tilefish. Ikan yang baik untuk bayi 1 tahun contohnya ikan tongkol dan ikan salmon yang mengandung lemak esensial. Bahkan ibu hamil dan orang dewasa sekali pun tak boleh terlalu sering mengonsumsinya.

  1. Makanan laut

Selain ikan, makanan laut lainnya juga sebaiknya hati-hati jika ingin diberikan pada bayi. Misalnya saja seperti udang, lobster, kerang dan kepiting karena ditakutkan akan memicu alergi. Bicarakan terlebih dahulu dengan dokter anak kalau ingin memberikan makanan laut kepada si kecil.

  1. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan sebaiknya memang tidak diberikan pada balita yang masih di bawah usia 4 tahun. Karena mengonsumsi kacang-kacangan berpotensi membuat bayi tersedak. Jika ingin memberikan kacang, maka sebaiknya kacang dihaluskan sampai menjadi seperti selai.

  1. Makanan dengan pemanis buatan

Bayi yang masih berusia 1 tahun sebaiknya jangan terlalu sering diberi makanan yang mengandung pemanis buatan. Makanan berpemanis buatan seperti sakarin dapat memicu sakit batuk. Sementara itu pemanis buatan seperti mannitol dan sarbitol bisa memicu diare pada anak.

Baca juga:
Pantangan Makanan Bayi 6 Bulan yang Tidak Aman Dicerna Balita


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Itulah tadi beberapa jenis pantangan makanan bayi 1 tahun yang harus ibu perhatikan ketika ingin mengatur dan memberikan asupan makanan pada si kecil. Perhatikan selalu gizi dan nutrisi saat memberikan makanan pada balita.