Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang Dan Mudah Ditata

Cara agar rambut tidak mengembang ada berbagai macam. Jenis dan kondisi rambut masing-masing orang tentu berbeda. Salah satu jenis rambut yang banyak dimiliki oleh masyarakat adalah rambut yang mengembang.


cara menghilangkan kulit bersisik pada betis

Bagi para wanita, rambut yang terlalu mengembang sering menjadi pengganggu dalam berpenampilan. Rambut yang mengembang membutuhkan perawatan yang khusus agar dapat lebih mudah diatur.

Berbagai Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Sebenarnya cara untuk membuat rambut tidak mengembang dan mengganggu penampilan tidaklah terlalu sulit. Meski begitu, dibutuhkan beberapa strategi tepat terlebih bagi yang memiliki jenis rambut mengambang dari lahir.

cara agar rambut tidak mengembang

Beberapa cara membuat rambut mengembang menjadi lemas dan mudah diatur antara lain/

  • Mengurangi intensitas mencuci rambut

Kulit kepala lebih intens dalam memproduksi minyak alami yang berfungsi sebagai pelembab  rambut. Pada saat memncuci rambut atau keramas, kadar minyak alami pada kulit kepala akan terkikis habis dan membuat rambut menjadi kering.

Jenis rambut mengembang adalah rambut yang terlalu kering. Jadi, usahakan untuk tidak mencuci rambut setiap hari khususnya bagi pemilik rambut kering mengembang. Dengan begitu, produksi minyak alami pada kulit rambut dapat tumbuh maksimal dan membuat rambut menjadi mudah ditata. Setidaknya keramaslah sekali dalam 2 hingga 3 hari.

  • Mengaplikasikan sampo untuk rambut kering

Karena rambut mengembang sudah pasti jenis rambut kering, maka gunakan sampo khusus rambut kering, sampo untuk rambut kering telah mengandung dimethicone, pelembab dan kondisioner yang mampu melembabkan dan melembutkan rambut yang mengembang.

baca :  Face Mist yang Bagus untuk Wajah Berjerawat atau Berminyak

Jika perlu, setelah keramas dengan menggunakan sampo khusus rambut kering, sempurnakan dengan mengaplikasikan kondisioner yang juga khusus rambut kering. Dengan begitu, rambut akan lebih lembab dan mudah diatur.

Jangan sekali-kali menggunakan sampo yang berfungsi untuk menambah volume rambut karena justru dapat memperparah situasi.

  • Membilas dengan air dingin

Penggunaan sampo untuk rambut kering akan lebih makismal lagi jika pembilasan dilakukan dnegan air dingin. Cara agar rambut mengembang menjadi lurus dapat dilakukan dengan langkah ini.

Air dingin mampu menekan dan mengunci kutikula rambut. Terkuncina kutikula dapat mencegah masing-masing helai rambut kehilangan kelembabannya. Jika Anda mandi dengan shower dengan air panas, sebaiknya tetap aplikasikan air dingin pada bagian rambut yang jenisnya kering dan mengembang.

  • Mengeringkan rambut secepatnya

Jangan menunda-nunda waktu untuk mengeringkan rambut pasca mencucinya. Semakin cepat mengeringkan rambut setelah keramas, maka semakin cepat pula kutikula rambut akan menjadi lembut atau lemas. Jadi, logikanya rambut tidak akan mengembang.

Anda juga dapat melakukan proses pengeringan dengan blow atau hair dryer. Namun perlu diingat bahwa suhunya harus diatur ke yang paling rendah. Pastikan seluruh bagian rambut mengering dengan merata dan sempurna.

Penggunaan hair dryer dengan suhu yang tinggi justru dapat memicu rambut menjadi semakin kering dan dapat mengikis minak alami pada kulit rambut.

  • Meneringkat rambut secara lembut

Meskipun harus dikeringkan dengan segera, pastikan jangan terlalu keras dalam mengeringkannya. Jangan pula melakukan gerakan memeras atau memelintir rambut yang basah dengan tujuan agar cepat kering, teknik ini justru akan membuat rambut menjadi semakin bermasalah yakni bertambah kering dan rawan kerontokan.

baca :  Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dengan Madu, Jeruk Nipis dll

Teknik yang benar dalam mengeringkan rambut adalah menggunakan handuk yang berbahan lembut. Ara mengeringkannya tidak boleh kasar. Hanya menggosoknya secara lembut dan perlahan saja. jangan gunakan handuk bertekstur kasar karena mampu merusak kutikula sehingga rambut semakin mengembang.

  • Melakukan perawatan malam hari

Cara mengatasi rambut mengembang dan tebal yang tak kalah efektif dan hasilnya memuaskan adalah melakukan perawatan rutin setiap hari. Perawatan rambut sehat tidak selalu membutuhkan biaya yang mahal.

Perawatan dapat dlakukan secara sederhana namun hasilnya memuaskan. Ketika mandi dan keramas pada malam hari, keringkan rambut dengan handuk yang halus. Setelah benar-benar kering, kepang dengan rapat.

Pada keesokan harinya, lepaskan kepangan setelah semalaman dikepang, rambut mengembang pun menjadi lebih rapi dan lebih mudah ditata.

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa terdapat banyak sekali cara agar rambut tidak mengembang yang dapat dilakukan oleh masyarakat khususnya kaum wanita. rambut adalah mahkota dari setiap penampilan sehingga kecantikan dan kesehatannya harus selalu dijaga.

✰ advertisement ✰