Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Mengatasi Rambut Berminyak Secara Alami & Penyebabnya

Cara mengatasi rambut berminyak tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Masing-masing orang memiliki jenis rambut masing-masing. Ada yang memiliki rambut kering ada pula yang mempunyai jenis rambut berminyak.


obat rambut berminyak

Masalah besar dapat ditemui pada jenis rambut berminyak karena dapat membuat tampilan rambut menjadi sangat lepek. Tak hanya itu, rambut berminyak juga dapat menyebabkan masalah bagi kulit kepala. Ketombe dapat muncul dengan mudah dan rambut rontok tak terelakkan.

Beberapa hal yang menjadi penyebab rambut berminyak

Ternyata rambut berminyak dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Baik itu faktor dari dalam maupun faktor dari luar. Beberapa faktor penyebab rambut berminyak antara lain:

cara mengatasi rambut berminyak

  • Stress

Salah satu penyebab rambut berminyak yang sering terjadi adalah karena stress. Stress yang tercipta karena faktor psikologis atau emosional mampu meningkatkan produksi sebum, selain itu, stress juga dapat meningkatkan sekresi hormon yang dapat berpengaruh pada kelenjar kulit kepala secara langsung.

Kedua hal ini dapat memicu kadar minyak berlebih di area kulit kepala. Tak heran jika pemilik rambut berminyak sangat membutuhkan shampo khusus rambut berminyak.

  • Konsumsi junkfood

Kebiasaan mengkonsumsi junkfood dan makanan cepat saji juga sangat berpengaruh pada produksi minyak di kulit kepala. Kadar minyak pada kulit kepala dan rambut akan semakin meningkat hingga membuat rambut mudah lepek.

  • Keturunan

Faktor keturunan atau genetic juga dapat menjadi penyebab seseorang memiliki rambut yang berminyak. Apabila orang tua memiliki rambut berminyak, maka akan banyak kemungkinan keturunannya juga akan memiliki jenis rambut yang sama.

  • Hormon yang tak seimbang

Kondisi hormon yang tidak seimbang khususnya bagi para wanita yang sedang datang bulan juga dapat menjadi pemicu rambut berminyak. Kadar minyak di kulit kepala dihasilkan oleh kelenjar sebaceous. Jika kondisi hormone mengalami perubahan yang tak menentu, maka sekresi minyak pada rambut dan kulit kepala juga akan semakin meningkat.

  • Kondisi medis

Sekresi sebum penghasil minyak pada kulit kepala dan rambut juga dapat meningkat jika seseorang mengalami penyakit medis tertentu. Terlebih bagi mereka yang memiliki penyakit yang berhubungan dengan ovarium, kelenjar adrenal dan hipofisis, maka produksi minyak pada kulit kepala dan rambut menjadi sangat signifikan.

  • Produk perawatan rambut yang tak sesuai

Banyak sekali tersedia produk perwatan rambut yang tersedia di pasaran. Namun jika asal dalam memilih produk dengan kandungan yang tak sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut, maka kadar minyak di kulit kepala serta rambut dapat mengalami pengingkatan secara signifikan.

πŸ“‹ Recommended  4 Cara Memerahkan Bibir Dengan Mudah dan Alami

Cara mengatasi rambut berminyak

Terdapat beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut berminyak secara efektif. Beberapa cara alami tersebut antara lain.

  • Menggunakan lidah buaya

Daripada menggunakan vitamin rambut berminyak yang belum tentu aman dan cocok untuk rambut karena kandungan kimianya, lebih baik mengaplikasikan lidah buaya sebagai bahan alami untuk mengatasi minyak berlebih di kulit kepala.

Kandungan zat anti-inflamasi mampu meminimalisir kadar minyak di kulit kepala dan rambut serta membuat rambut menjadi semakin sehat.

Cara menggunakan lidah buaya sangat mudah yakni dengan mengambil gel-nya kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut sampai merata sambal dipijat-pijat. Biarkan 1 jam kemudian bilas dengan sampo berbahan ringan.

  • Putih telur

Selain digunakan sebagai bahan lauk yang mengandung protein tinggi, ternyata telur juga dapat dimanfaatkan bagian putih telurnya untuk mengatasi rambut berminyak.

Putih telur memiliki kandungan enzim yang mampu mengurangi kadar minyak berlebih dengan maksimal. Cara mengaplikasikannya sangat mudah yakni basahi terlebih dahulu rambut lalu oleskan putih telur pada kulit kepala dan rambut sambal dipijat ringan. Diamkan selama 30 menit lalu bials dnegan sampo berbahan ringan.

  • Cara mengatasi rambut berminyak dengan Tepung jagung

Telung jagung tak hanya dapat digunakan untuk membuat suatu olahan makanan saja. namun tepung jagung juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut berminyak, ketombean dan rontok.

πŸ“‹ Recommended  Cara Mengatasi Kulit Belang dari Bahan-bahan Herbal Alami

Berbagai nutrisi terkandung dalam tepung ini seperti vitamin E dan asam lemak yang sangat baik bagi kesehatan rambut. Cara menggunakannya sangat mudah yakni dengan menaburkan tepung jagung pada rambut dan kulit kepala sambal dipijat perlahan selama 5 menit. diamkan selama 30 menit lalu cuci dengan sampo khusus rambut berminyak.

  • Lemon

Lemon dapat dijadikan sebagai obat alami rambut berminyak pria maupun wanita. cara mengaplikasikannya yakni dengan membilas rambut yang sudah dicuci bersih dengan air perasan lemon yang dicampur dengan segelas air.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Demikianlah ulasan mendetail mengenai penyebab dan cara mengatasi rambut berminyak. Kadar minyak alami rambut yang normal dan tidak berlebihan akan semakin memberikan kemudahan pada pemilik rambut untuk menata rambut mereka. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat!

✰ advertisement ✰