Manfaat Rumput Fatimah Bagi Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Manfaat rumput Fatimah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan serta membantu memperlancar proses kelahiran bagi para wanita. Selain itu, sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari tumbuhan ini. Fatimah sendiri merupakan tanaman sejenis semak yang biasanya tumbuh di Negara Timur Tengah seperti Arab. Di tanah air, mendapatkan rumput seperti ini sangatlah jarang dan memang kebanyakan banyak yang didatangkan sebagai oleh-oleh dari umroh atau haji.

10 Manfaat rumput Fatimah untuk kesehatan dan kecantikan

  1. Membantu memperlancar proses melahirkan

Rumput Fatimah bisa dikonsumsi untuk membantu memperlancar proses persalinan bagi para ibu. Hal ini juga dibuktikan dari sebuah hasil studi yang dilakukan di Malaysia pada tahun 1998 yang menemukan bahwa rumput Fatimah memiliki kandungan oksitosin yang dapat memicu terjadinya kontraksi.

manfaat rumput fatimah khasiat kegunaan dampak efek samping

  1. Membantu membersihkan organ kewanitaan

Manfaat rumput Fatimah untuk organ kewanitaan berasal dari senyawa alami yang terdapat di dalamnya. Senyawa ini berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-infeksi sehingga dapat membantu melawan bakteri dan infeksi kuman pada organ kewanitaan. Selain itu juga membantu menyeimbangkan kadar Ph.

  1. Membantu meningkatkan hormon estrogen

Hormon estrogen adalah hormon yang berfungsi dalam mengatur siklus wanita setiap bulannya. Manfaat dari kandungan rumput Fatimah ini dipercaya bisa meningkatkan kadar hormon estrogen di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu memperlancar siklus datang bulan.

  1. Mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan

Selain melancarkan proses persalinan, kandungan oksitosin ini juga bisa membantu masa pemulihan setelah melahirkan. Biasanya setelah melahirkan, beberapa wanita ada yang merasa kelelahan atau sakit sehingga untuk mempercepat proses pemulihan tersebut dapat mengonsumsi rumput ini.

  1. Mengurangi gejala PMS

PMS atau Pra Menstruasi Syndrom merupakan gejala-gejala yang sering dialami sebagian besar wanita yang berhubungan dengan datang bulan. Gejala-gejala tersebut dapat berupa kumpulan gejala baik psikis maupun fisik. Contohnya seperti sakit perut, pusing, gampang marah/ emosi, dan sebagainya. Kandungan dalam rumput Fatimah diyakini mampu mengatasi hal tersebut.

manfaat rumput fatimah serbuk

  1. Mencegah sakit kanker rahim

Khasiat jamu rumput Fatimah rupanya juga dapat mencegah terjadinya penyakit kronis seperti kanker rahim. Hal ini penting mengingat sakit kanker sangatlah berbahaya. Apalagi jika Anda memiliki faktor keturunan kanker rahim, maka sebaiknya sedini mungkin melakukan tindak pencegahan yang salah satunya dengan memanfaatkan khasiat dari rumput Fatimah.

  1. Membantu meningkatkan vitalitas

Khusus bagi para suami, bisa memanfaatkan rumput Fatimah untuk meningkatkan vitalitas terutama ketika berhubungan intim dengan istri. Rumput Fatimah ini dipercaya mampu membuat durasi ketika berhubungan lebih lama.

  1. Membantu membuang darah kotor

Manfaat daun Fatimah yang lainnya yaitu menyaring dan membuang darah kotor. Mengonsumsi daun atau rumput ini bisa dipakai untuk membuang darah kotor yang ada di dalam tubuh sekaligus memperlancar aliran darah.

  1. Mengobati masalah jerawat

Manfaat dari rumput Fatimah bagi kecantikan rupanya dapat dipakai untuk mengobati masalah jerawat membandel. Selain itu, Fatimah juga bisa digunakan sebagai anti-aging atau membantu mencegah proses penuaan dini.

  1. Membuat kulit tetap kencang

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kendur, maka dapat mencoba manfaat dari rumput Fatimah ini yang dipercaya bisa membantu membuat kulit lebih kencang. Kulit yang kendur atau kehilangan keelastisannya bisa dirawat dengan rumput ini.

Meskipun banyak sekali manfaat rumput Fatimah, tapi tetap saja konsumsi sebaiknya dibatasi. Hal ini karena mengonsumsi rumput Fatimah dalam jangka panjang dan jumlah banyak bisa menimbulkan efek samping berbahaya. Salah satunya mengakibatkan kontraksi paksa sehingga harus membatasi dalam konsumsi daunnya.