★ arti mimpi mengeluarkan darah haid bagi ibu hamil ★ bahaya donor darah saat haid ★ efek samping donor darah ketika haid ★
hamilplus.com

Efek Samping Donor Darah Secara Umum dan Saat Haid

Efek samping donor darah bagi kesehatan secara umum justru sangat baik. Namun efek positif atas kegiatan sosial dan kemanusiaan tersebut dapat diperoleh jika dilakukan pada saat kondisi tubuh sehat.

Ternyata, donor darah memberikan beberapa efek negative jika dilakukan pada saat menstruasi atau haid. Hal ini disebabkan tubuh sedang dalam proses pengeluaran cairan dan darah kotor.

Efek Samping Donor Darah Saat Haid

Meskipun donor darah merupakan kegiatan yang sangat positif dilakukan, namun sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi. Berikut adalah beberapa efek samping donor darah saat menstruasi bagi sang pendonor:

  • Sakit kepala

Proses donor darah dapat membuat kadar hemoglobin menjadi lebih rendah. Apalagi jika dilakukan pada saat haid dimana tubuh sedang mengeluarkan darah kotor. Kadar hemoglobin dan sel darah merah pun akan semakin rendah sehingga sakit kepala berat pun tak terelakkan.

  • Membuat tubuh terasa sangat lelah

Donor darah juga dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi stamina jika dilakukan saat haid. Hal ini terjadi karena tubuh akan banyak kehilangan sel darah merah yang menyebabkan tubuh merasakan kelelahan yang sangat.

  • Anemia akut

Tidak mendonorkan darah saja, wanita yang sedang haid banyak yang mengalami anemia. Apalagi jika mendonorkan darah saat haid, maka anemia akut sangat mungkin menyerang. Hal ini terjadi karena cadangan sel darah merah menjadi sangat berkurang. Sangat disarankan untuk tidak mendonorkan darah saat haid.

  • Kram perut

Menstruasi atau haid menyebabkan beberapa gejala atau gangguan kesehatan yang sudah biasa terjadi. Dengan melakukan donor darah saat haid, gejala tersejut akan menjadi semakin parah. Salah satunya adalah kram perut yang sangat menyiksa. Kram perut terjadi karena folikel pada rahim yang keluar tidak dibuahi. Kondisi ini akan semakin parah ketika sel darah merah banyak dikeluarkan.

baca:  Efek Samping Antibiotik Jika Pemakaian Salah & Terlalu Lama

efek samping donor darah efek samping donor darah dampak efek samping donor darah

Manfaat Donor Darah

Selain bahaya donor darah seperti yang dijelaskan di atas jika dilakukan saat haid, ternyata donor darah memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan jika dilakukan secara rutin dan saat tubuh fit:

  • Memperbaiki system peredaran darah

Darah sangatlah penting bagi organ tubuh untuk menjalankan fungsinya. Hampir semua jenis senyawa terlibat dalam aliran darah. Dengan kegiatan donor darah secara rutin, aliran darah serta system peredaran darah akan menjadi semakin lancar.

  • Mencegah penyakit jantung

Zat dalam darah secara rutin dikeluaraknd an berganti dengan yang baru melalui proses donor darah. Salah satunya adalah zat besi yang dibiarkan menumpuk dapat memicu penyakit jantung. Melakukan donor darah, maka timunan zat besi pun dapat berkurang dan berganti dengan yang baru.

  • Membantu proses pembakaran kalori

Donor darah juga dapat membantu proses pembakaran kalori  dan membuat tubuh semakin fit. Hal ini dikarenakan terjadinya pembaharuan zat besi dan hemoglobin.

baca:  Efek Samping Ranitidine Yang Perlu Diwaspadai Dampaknya

Manfaat dan Efek Samping Soman Yang Perlu Anda Tahu

Tenyata efek samping donor darah saat menstruasi tidak hanya dapat terjadi pada pendonor namun juga dapat memberikan efek buruk bagi penerima darah tersebut. Untuk itu, sebaiknya donor darah dilakukan pada saat kondisi tubuh fit dan tidak sedang haid.

Efek Samping Donor Darah Secara Umum dan Saat Haid

durasi baca: 3 min
⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆