Cara Menghemat Uang Belanja Sehari-hari agar Tidak Boros

Cara menghemat uang belanja sehari-haribisa dipraktekkan oleh siapa saja dari mahasiswa sampai ibu-ibu rumah tangga. Kebiasaan menghemat seperti ini juga mengajarkan kepada Anda supaya tidak gampang boros serta dapat menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Berikut tips cerdas yang dapat dipraktekkan mulai sekarang.

Inilah cara menghemat uang belanja sehari-hari yang bisa dicoba

  1. Menetapkan anggaran/ budget harian

Membuat anggaran harian akan mengingatkan kepada Anda untuk tidak gampang boros. Anggaran akan menekan serta mengontrol pengeluaran dan sebagai pengingat agar Anda tidak belanja melebihi yang sudah direncanakan. Terapkan hal ini secara konsisten.

Cara Menghemat Uang Belanja Sehari-hari

  1. Membawa bekal sendiri

Bagi Anda yang sudah terbiasa makan di luar sehari-hari, misalnya saat pergi bekerja ataupun bagi anak-anak yang ke sekolah, maka mulai sekarang terapkan kebiasaan bawa bekal sendiri. Hal ini akan jadi cara menghemat uang belanja harian yang efektif jika dibandingkan harus makan di restoran, kafe atau kantin yang notabene lebih mahal.

  1. Menggunakan uang tunai

Kebiasaan membawa kartu kredit entah saat belanja harian maupun bulanan kadang membuat kita lupa serta asyik sendiri beli ini itu dan akhirnya belanja melebihi anggaran yang sudah ditetapkan. Hal ini karena kartu kredit bisa memberikan dampak kepada pikiran bahwa kita masih memiliki dana untuk belanja. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah berbelanja hanya dengan uang tunai.

  1. Belanja online

Dengan berbelanja online, maka Anda bisa terbebas dari yang namanya godaan makan maupun biaya bensin dan parkir. Otomatis Anda bisa lebih menghemat uang. Selain itu kalau Anda belanja dalam jumlah tertentu biasanya ada yang menawarkan gratis ongkos kirim. Model ini efektif jika anda berada di kota besar yang ongkir nya relatif lebih sedikit drpd di pelosok daerah, disamping itu waktu pengiriman lebih cepat.

  1. Belanja di pasar tradisional

Memang lebih menyenangkan belanja di pasar modern seperti supermarket. Tapi harga-harga barang di pasar modern kebanyakan jauh lebih mahal daripada kebutuhan sehari-hari yang bisa didapatkan di pasar tradisional. Contohnya saja sayur kangkung di pasar tradisional dapat dibanderol dengan harga kurang dari 2 ribu rupiah seikat. Sekarang coba bandingkan kalau Anda beli di swalayan/ supermarket.

  1. Belanja produk private label

Anda mungkin sering melihat ada produk-produk yang dijual dengan merek yang menyerupai nama tokonya. Ini yang disebut sebagai private label dan rata-rata produk semacam ini dibanderol dengan harga lebih murah. Contohnya seperti gula pasir, sabun mandi, tissue dan masih banyak lagi. Jika memungkinkan, Anda bisa membeli produk seperti ini daripada beli produk non private label.

  1. Membawa botol minuman air sendiri

Nampaknya sederhana, tapi kebiasaan ini bisa dipakai untuk menghemat pengeluaran sehari-hari. Dengan membawa botol minuman air sendiri, maka Anda tak perlu lagi mengeluarkan lebih banyak uang hanya untuk beli minuman saat ingin makan di luar rumah.

  1. Memanfaatkan diskon

Ketika ingin berbelanja kebutuhan harian atau bulanan, maka Anda bisa memanfaatkan diskon besar. Hal ini bisa diterapkan sebagai cara menghemat uang belanja ibu rumah tangga. Anda bisa membandingkan harga di beberapa toko dan jika ada yang sedang menawarkan diskon maka dapat dimanfaatkan.

  1. Keluar rumah hanya di waktu weekend

Mungkin dalam seminggu, Anda terbiasa pergi jalan-jalan atau belanja beberapa kali. Nah, mulai sekarang cobalah kurangi kebiasaan ini untuk menghindari godaan. Cobalah untuk menahan diri tidak pergi keluar hanya untuk jalan-jalan. Anda bisa meluangkan waktu seperti itu bersama keluarga hanya di saat weekend saja atau seminggu sekali.

  1. Memanfaatkan kupon diskon

Di jaman serba teknologi ini, sekarang banyak sekali kupon diskon tersebar yang bisa didapatkan lewat internet. Entah kupon makan, kupon karaoke, kupon belanja supermarket, dan lainnya. Manfaatkan hal tersebut.

✔️  Dana Pribadi Tanpa Jaminan & Cepat Melalui Pinjaman Online

Itulah beberapa cara menghemat uang belanja sehari-hari yang bisa dicoba mulai dari sekarang. Melalui cara berhemat ini, siapa tahu Anda jadi bisa menabung untuk kebutuhan yang lebih penting.