hamilplus.com

Efek Samping Jeruk Nipis Apabila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Efek samping jeruk nipis ternyata belum banyak diketahui oleh masyarakat. Selama ini jeruk nipis digunakan sebagai bahan pembuat minuman dan campuran makanan yang dikenal sangat berkhasiat.

Hal tersebut karena kandungan vitamin C pada jeruk nipis yang tinggi. Kandungan vitamin tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengencangkan kulit, mendetoksifikasi tubuh hingga dapat mengobati masalah pencernaan.

Jeruk nipis apabila dikonsumsi secara berlebihan, bukannya manfaat tersebut di atas yang diperoleh melainkan efek samping yang berdampak langsung pada gangguan kesehatan. Berikut ini adalah daftar efek samping yang disebabkan oleh konsumsi jeruk nipis secara berlebihan.

7 Efek samping jeruk nipis yang wajib diketahui

  • Menderita GERD

GERD atau Gastro Oesophageal Reflux Disease merupakan sebuah penyakit yang menyerang usus. Efek pertama yang akan muncul pada tubuh yang terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis adalah GERD. Beberapa gejala yang muncul pada orang yang terkena GERD antara lain nyeri dada, tenggorokan sakit, mual, dan muntah.

baca:  Efek Samping Fiforlif Sebagai Produk Olahan Jus Herbal

efek samping jeruk nipis efek samping jeruk nipis efek samping jeruk nipis efek samping jeruk nipis

  • Terjadi pengikisan gigi

Efek yang ditimbulkan oleh konsumsi jeruk nipis berlebih selanjutnya adalah terjadi pengikisan gigi yang akan membuat gigi kehilangan lapisan-lapisannya dan menjadi mudah rapuh.

Hendaknya mengonsumsi jeruk nipis sesuai dengan takaran yang benar. Cara mengkonsumsi jeruk nipis yang benar adalah dengan sesuai takaran yang seharusnya dan tidak boleh terlalu intens dikonsumsi.

  • Timbulnya diare

Tingkat keasaman jeruk nipis yang tinggi dan dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu terjangkirnya diare karena sistem pencernaan akan terganggu.

  • Terserang batu ginjal

Yang tidak disangka dan dinyana, kulit jeruk nipis yang biasa digunakan sebagai bumbu atau campuran makanan justru dapat memicu terserangnya batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kandungan oksalat kulit jeruk nipis yang tinggi sehingga dapat merangsang pertumbuhan batu ginjal.

  • Mudah terkena migraine

Migraine atau sakit kepala sebelah memang dapat sangat mengganggu aktifitas. Ada berbagai faktor penyebab sakit ini salah satunya adalah mengonsumsi jeruk nipis berlebihan. Kandungan asam amino pada jeruk nipis dapat memicu terjadinya migraine.

  • Membuat luka pada lapisan perut

Efek samping jeruk nipis bagi lambung juga tak kalah berbahaya. Kandungan asam yang sangat tinggi pada jeruk nipis dapat memicu timbulnya peradangan dan luka pada lapisan dalam organ pencernaan termasuk pada dinding lambung. Hal ini karena tingginya kadar asam yang dihadilkan jeruk nipis sehingga menyebabkan korosi. Akhirnya hal tersebut menghasilkan peradangan dan berakhir luka pada organ pencernaan.

  • Intensitas buang air kecil meningkat

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis yang terlalu banyak dikonsumsi justru memyebabkan intensitas buang air kecil menjadi meningkat. Bahkan jika terlalu lama dibiarkan tubuh akan mengalami dehidrasi yang memerlukan penanganan khusus secepatnya.

baca:  Manfaat dan Efek Samping Theraskin Yang Wajib Diketahui

Apa Benar Ada Efek Samping Fair and Lovely yang Berbahaya?

Ternyata di balik manfaatnya yang baik bagi kesehatan termasuk sangat mendukung saat melaksanakan program diet, ternyata konsumsi jeruk nipis secara berlebih justru dapat menjadi boomerang bagi kesehatan. Banyak efek samping jeruk nipis yang dapat muncul seperti yang dijelaskan di atas.

Efek Samping Jeruk Nipis Apabila Dikonsumsi Secara Berlebihan

durasi baca: 3 min
⋆ Powered By Vultr ⋆ Wordpress ⋆ BunnyCDN ⋆ Nyeo ⋆ ShortPixel ⋆