Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Mengobati Diabetes Kering dengan Herbal Alami dan Efektif

Cara mengobati diabetes kering hampir sama dengan mengobati diabetes basah. Penderita diabetes di dunia semakin bertambah setiap waktu. diabetes dapat menyerang seseorang karena kadar gula dalam darah yang tinggi atau di atas batas normal.


Banyak faktor penyebab meningkatkan kadar gula dalam darah seperti sistem kerja pankreas yang bermasalah sehingga tak mampu memproduksi insulin dengan baik. Pola hidup dan pola makan yang tak sehat juga dapat melatarbelakangi penyakir diabetes.

Cara mengobati diabetes kering secara efektif

Terdapat dua jenis atau tipe penyakit diabetes yakni tipe 1 dan 2. Namun masyarakat lebih mengenal tipe penyakit diabetes sebagai diabetes basah dan diabetes kering.

Bagi para penderita diabetes kering, tak perlu cemas karena terdapat kumpulan obat herbal diabetes kering serta obat medis yang dapat digunakan sebagai penyembuhan. Beberapa obat herbal dan medis tersebut antara lain.

cara mengobati diabetes kering

  • Daun salam

Daun salam lebih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang berfungsi untuk menyedapkan aroma masakan. Namun ternyata daun salam mengandung zat yang sangat baik untuk menurunkan dan menetralisir kadar gula dalam darah.

Beberapa zat tersebut antara lain vitamin A, vitamin C, anti oksidan, flavonoid dan masih banyak lagi. Penggunaan daun salam sebagai obat diabetes kering sangat mudah dilakukan.

Cukup rebus beberapa helai daun salam yang telah dicuci bersih hingga mendidih. Kemudian saring dan minumlah secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.

  • Kedelai

Kedelai merupakan bahan utama dalam pembuatan tempe atau tahu yang menjadi lauk kebanyakan masyarakat Indonesia. Lebih jauh dari itu, ternyata kandungan protein nabati yang terdapat di dalam kedelai bekerja aktif dengan nutrisi lain seperti flavonoid, isoflavone serta serat mampu mengapsorbsi zat gizi. Hal ini tentu dapat membantu meningkatkan produksi insulin untuk menetralisir kadar gula dalam darah.

  • Daun pegagan

Pegagan sebelumnya hanya dikenal sebagai tanaman liar. Namun ternyata menurut penelitian, daun tanaman yang juga disebut sebagai kaki kuda ini mengandung nutrisi yang mampu menurunkan dan mentralisir kadar gula dalam darah secara efektif.

baca :  Penyebab dan Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Herbal

Kini telah banyak tersedia olahan dari daun pegagan mulai dari kripik hingga salad. Namun supaya lebih manjur, ramuan pegagan dapat dibuat dengan mudah, siapkan 25 sampai 50 helai daun pegagan lalu cuci sampai bersih dan rebuslah dengan 3 gelas air sampai mendidih. Setelah tersisa 1 gelas, matikan api dan minum selagi hangat. Minumlah 3 kali dalam sehari secara rutin.

  • Mengkudu

Mengkudu merupakan tanaman obat diabetes kering yang dimanfaatkan buahnya untuk menetralisisr kadar gula dalam darah. Berbagai nutrisi terkandung di dalam buah mengkudu seperti anti baktri, zat asetil, terpenoid dan scoloetin.

Zat-zat tersebut dapat mengobati gula kering secara efektif. Caranya mudah yakni keringkan irisan-irisan buah mengkudu yang sudah dicuci bersih. Setelah kering, tumbuk buah mengkudu hingga jadi serbuk. Seduh dengan air panas dan tambahan sedikit madu untuk dikonsumsi secara rutin.

  • Brotowali

Rasa pahit yang amat sangat dimiliki oleh brotowali. Tak heran jika buah ini sering dijadikan sebagai senjata andalan untuk menyapih buah hati. Tapi ternyata brotowali mengandung alkaloid yang mampu menyembuhkan luka serta dapat menjadi obat alami untuk penderita diabetes kering.

baca :  Cara Atur Pola Hidup Sehat agar Lebih Produktif & Umur Panjang

Cara mengkonsumsinya cukup mudah yakni ambil 1/3 batang brotowali yang dicampur dengan 1/3 genggam daun kumis kucing dan 1/3 genggam daun sambiloto. Rebus ketiga bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas air. Dinginkan lalu diminum dua kali dalam satu hari.

  • Pare

Pare merupakan salah satu jenis sayuran dengan rasa pahit yang khas. Pare mengandung senyawa charantin yang mampu menurunkan dan menetralisir kadar gula dalam darah secara efektif. Cara mengkonsumsi pare sangat mudah. Dapat diolah menjadi sayur tumis, jus atau dibuat lalapan.

  • Daun sambiloto

Daripada kesulitan mencari obat diabetes kering di apotik, daun sambiloto dapat dijadikan obat herbal yang sangat efektif. Kandungan glukosa diperten dan andropholide dalam daun sambiloto dapat menurunkan kadar gula darah dan menetralisirnya. Tinggal seduh 5 helai daun sambiloto dengan segelas air panas lalu saring dan minum dua kali dalam sehari.

Diabetes memang merupakan penyakit kronis yang cukup ditakuti oleh masyarakat dunia. Penderita penyakit ini sangat sulit sembuh 100 % dan kembali normal. Bagi para penderita diabetes khususnya diabetes kering, beberapa cara mengobati diabetes kering di atas sangat perlu dicoba.

✰ advertisement ✰