3 Jenis, Penyebab & Gejala Kanker Darah yang Banyak Terjadi

Sedang cari info tentang gejala kanker darah yang banyak terjadi?Anda berada di tempat yang tepat. Kanker darah atau blood cancer merupakan penyakit yang menyebabkan sel darah di dalam tubuh menjadi ganas dan tidak normal.

Organ yang sering terkena kasus kanker darah adalah sumsum tulang, yakni tempat sel darah diproduksi. Ada tiga jenis kanker darah, yakni leukemia, limfoma, dan myeloma. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan tentang jenis, penyebab, dan gejala kanker darah yang banyak terjadi.

gejala kanker darah yang banyak terjadi

Jenis-Jenis Kanker Darah

  1. Leukemia

Jenis kanker darah yang pertama adalah leukemia. Leukemia merupakan penyakit kanker pada sel darah putih. Sel darah putih dari seseorang yang terkena leukemia akan berhenti untuk melawan infeksi. Leukemia adalah jenis dari kanker darah yang paling umum. Sumsum tulang belakang dari penderita akan tidak mampu untuk menghasilkan trombosit dan sel darah merah untuk kebutuhan tubuhnya.

✔️  Cara Menghilangkan Bulu Ketiak (Garam, Jeruk Nipis, Kapur Sirih)

Ada dua jenis leukemia yang dibedakan berdasarkan kemampuan perkembangannya dan juga sel darah putih yang diserang. Jenis yang pertama adalah leukemia akut dan yang kedua adalah leukemia kronis. Dari kedua jenis tersebut, leukemia kronis adalah yang paling berbahaya.

  1. Limfoma

Selanjutnya, ada jenis kanker darah yang dikenal dengan istilah limfoma. Limfoma merupakan penyakit kanker darah yang menyerang limfosit. Limfosit adalah sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh. Saat limfosit sedang berada dalam kondisi tidak normal, maka sistem imunitas tubuh akan terganggu dan lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Seperti leukemia, limfoma juga terdapat dua jenis, yakni limfoma hodgkin dan limfoma non-hodgkin. Limfoma hodgkin melibatkan limfosit tipe sel B abnormal, sedangkan limfoma non-hodgkin terjadi pada sel T atau sel B.

  1. Myeloma

Jenis yang terakhir adalah myeloma. Myeloma merupakan penyakit kanker darah yang diakibatkan oleh sel plasma ganas. Sel plasma adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh karena akan membentuk immunoglobulin dan antibodi yang membunuh dan menyerang kuman. Sel plasma ganas ini akan mencegah produksi antibodi dan mengakibatkan sistem imunitas tubuh menjadi lemah. Selain itu, myeloma juga akan mengganggu fungsi sel darah putih dan darah merah yang normal.

✔️  Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung & Dada dengan Cepat

Penyebab Kanker Darah

Secara umum, penyebab kanker darah adalah adanya pertumbuhan sel darah secara tidak normal pada tubuh. Pertumbuhan yang tidak normal ini akan menjadi tidak bisa dikendalikan dan akan mengganggu fungsi sel darah yang masih normal. Belum ada penyebab yang spesifik tentang kanker darah ini.

Meski begitu ada beberapa faktor yang mungkin bisa berpengaruh pada penyakit ini, antara lain virus, bawaan genetik, terpapar bahan kimia, radiasi, kelainan darah, dan efek samping kemoterapi.

Ciri dan Gejala Kanker Darah

  1. Gejala kanker darah leukemia

Ada beberapa gejala jika seseorang terkena kanker darah leukemia. Gejala-gejala tersebut antara lain demam, pusing, sakit kepala, gusi berdarah, tubuh terasa lemas, limpa atau hati mengalami pembengkakan, nyeri tulang, amandel membengkak, dan kulit tampak pucat. Selain itu, ada gejala lain seperti berat badan menurun dan terdapat bercak merah di kulit.

  1. Gejala kanker darah limfoma

Kanker darah jenis ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti stadium dan jenisnya. Gejala yang terserang kanker darah limfoma adalah demam, berkeringat saat malam hari, muncul ruam dan gatal di kulit, sulit untuk bernapas, berat badan turun, dan nafsu makan menurun. Penderita juga akan merasakan nyeri pada tulang.

  1. Gejala kanker darah myeloma

Gejala kanker darah yang banyak terjadi pada myeloma antara lain kelebihan kalsium dalam darah, anemia, terjadi kerusakan pada ginjal, dan munculnya gangguan tulang seperti nyeri tulang, patah tulang, dan pembengkakan tulang. Berat badan penderita myeloma juga akan menurun. Selain itu, tubuh juga akan menjadi rentan terhadap infeksi yang menyerang.

✔️  Bagian Telinga dan Fungsinya, Dibahas Detail dengan Gambar

Cara Mencegah Kanker Darah

Karena penyebab dan gejala kanker darah yang banyak terjadi ini belum diketahui secara pasti, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui beberapa hal yang bisa mencegah terserang penyakit ini. Beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain tidak merokok, menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga, menjaga berat badan, tidak mengonsumsi alkohol, dan meminimalkan masuknya polusi pada tubuh.

gejala kanker darah yang banyak terjadi

Itulah tadi beberapa informasi terkait gejala kanker darah yang banyak terjadi di sekitar kita yang wajib Anda ketahui. Karena penyakit ini bisa dikatakan sangat berbahaya, sangat lebih baik jika Anda melakukan pencegahan dengan maksimal sehingga bisa meminimalkan risiko terkena penyakit ini.