Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak. Remaja atau Dewasa

Cara meningkatkan nafsu makan perlu diketahui oleh orang-orang yang mengalami masalah dengan berat badan. Berkurang atau hilangnya nafsu makan dapat menjadi masalah yang serius bagi orang yang kekurangan berat badan.


Banyak faktor yang membuat seseorang dapat kehilangan nafsu makan. Mulai dari stress atau depresi berkepanjangan, pola makan yang tidak teratur hingga tidak seimbangnya nutrisi yang terkandung di dalam asupan.

Bahkan mengkonsumsi jenis obat tertentu juga bisa membuat nafsu makan seseorang menjadi berkurang drastis. Misalnya saja antibiotik, morfin, steroid anabolik, kodein, obat tidur, dan obat hipertensi serta darah rendah.

cara meningkatkan nafsu makan anak bayi balita remaja

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Aman dan Efektif

Rendahnya nafsu makan yang terjadi secara terus menerus justru dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Banyak obat penambah nafsu makan di pasaran. Namun sebaiknya tempuh dahulu langkah alami meningkatkan nafsu makan supaya terhindar dari berbagai produk yang memberikan efek negative.

Berikut ini terdapat beberapa cara menambah nafsu makan secara alami yang dapat dilakukan.

  • Makan dengan porsi kecil namun sering

Cara pertama untuk dapat meningkatkan berat badan adalah denga makan secara teratur. Sebaiknya makan dengan porsi kecil namun intens atau sering.

Makan 3 kali dengan porsi besar ternyata tidak cukup efektif dalam menaikkan berat badan. Yang ada nafsu makan justru semakin menurun. Hal ini dikarenakan makan dengan porsi besar justru membuat perut cepat penuh dan akhirnya merasa eneg dan bafsu makan berkurang.

Usahakan untuk makan dengan porsi kecil saja sehingga tak langsung memenuhi perut. Makan 4 hingga 6 kali dalam satu hari tidaklah menjadi masalah dan justru akan beranngsur-angsur mengembalikan nafsu makan Anda.

baca :  Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Agar Tak Gatal

cara meningkatkan nafsu makan dewasa

  • Menghindari asupan serat berlebihan

Mengkonsumsi banyak serat sangat disarankan bagi yang memiliki berat badan berlebih. Bagi yang sedang ingin meningkatkan nafsu makan atau menaikkan berat badan, sebaiknya janganlah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat.

Serat banyak terkandung di dalam buah, sayuran serta gandum. Mengkonsumsi banyak serat akan membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Untuk itu, tetap penuhi kebutuhan serat namun jangan berlebihan. Pilih makanan yang tidak terlalu banyak mengandung serat untuk dikonsumsi sehari-hari.

  • Jangan skip sarapan

Sarapan memegang peranan sangat penting dan tidak boleh di-skip atau ditinggalkan. Pada waktu tidur di malam hari, tubuh tidak memperoleh asupan apapun dan hanya melakukan pembakaran.

Jadi, pada bagi hari tubuh sangat membutuhkan asupan untuk proses metabolisme. Pilihlah makanan penambah nafsu makan sebagai menu sarapan seperti kacang-kacangan, roti gandum, sereal gandum, daging panggang dan masih banyak lagi.

  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Manusia membutuhkan setidaknya 8 hingga 10 gelas air. Untuk memenuhi kebutuhan cairan ini, Anda dapat mengkombinasikan susu tinggi lemak untuk mempercepat proses kenaikan berat badan.

Supaya perut tidak terlalu penuh dengan air yang akhirnay membuat nafsu makan turun, minumlah 1 jam sebelum dan 1 jam setelah makan. Jangan makan sambal minum karena memberikan efek kenyang dengan cepat.

  • Aplikasikan bumbu penyedap

Masakan akan lebih menggiurkan untuk dikonsumsi jika memiliki aroma yang memikat hati. Supaya nafsu makan bangkit kembali, aplikasikan bumbu penyedap pada masakan.

baca :  Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan dan Penampilan

Beberapa jenis bumbu yang dapat menghasilkan aroma sedap penggugah selera makan antara lain rempah-rempah, kaldu hingga kayu manis. Khusus untuk kayu manis, bumbu yang satu ini memang dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan.

  • Mengkonsumsi camilan berbahan sehat

Camilan adalah salah satu asupan yang mampu meningkatkan nafsu makan secara signifikan. Namun camilan yang dipilih sebaiknya adalah camilan sehat dengan bahan yang berkualitas.

Pilihan camilan yang lezat dan juga sehat serta baik untuk meningkatkan berat badan adalah camilan yang mengandung gula serta lemak alami yang menyehatkan.

Beberapa contoh camilan yang tepat untuk dijadikan obat nafsu makan tradisional antara lain alpukat, kacang-kacangan, pisang, coklat dan masih banyak lagi.

Tempatkan camilan di tempat yang mudah dijangkau seperti mangkuk sehingga Anda tidak akan merasa malas untuk meraih dan mengkonsumsinya.

cara meningkatkan nafsu makan dewasa

  • Jangan konsumsi makanan beraroma menyengat

Ketika dalam proses meningkatkan nafsu makan dan berat badan, sebaiknya jangan makan makanan yang mengandung bahan beraroma mengenagt seperti durian, nangka atau bawang putih. Daftar makanan tersebut justru dapat menurunkan nafsu makan seseorang.

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa terdapat banyak sekali cara meningkatkan nafsu makan yang dapat dilakukan dengan hasil efektif. Dapat meraih berat badan ideal dapat memperbaiki penampilan.

✰ advertisement ✰