Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Rambut Rontok saat Menyusui (Penyebab dan Cara Mengatasinya)

Rambut rontok saat menyusui kerap menjadi kendala bagi para ibu sehabis melahirkan. Tak heran jika setelah melahirkan dan sedang menyusui, banyak wanita yang memutuskan untuk mengubah penampilan rambut mereka dengan memangkasnya jadi pendek. Dengan rambut pendek, dipercaya rambut rontok akan berkurang dan akan lebih nyaman dalam menyusui buah hati.


suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh, cara agar rambut tidak rontok saat menyusui, cara mengatasi rambut rontok dan gatal, cara merawat rambut smothing, kalsium untuk ibu menyusui, nutrisi untuk ibu menyusui

Perempuan sehabis melahirkan dapat mengalami fenomena rambut rontok ini di kala mereka menyusui. Sehari bisa saja kehilangan 50 hingga 100 helai rambut. Bahkan menurut American Pregnancy Association, fenomena ini dapat mempengaruhi sekitar setengah dari wanita sebab selama menjalani masa kehamilan, hormon memang sengaja menjaga wanita mengalami kerontokan rambut pada tingkat normal.

Rambut Rontok Saat Menyusui

Penyebab rambut rontok saat menyusui

Rambut rontok pasca melahirkan dan saat menyusui sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi. Jadi tidak perlu khawatir jika masa menyusui atau pasca melahirkan, rambut tiba-tiba banyak yang rontok. Berikut beberapa penyebab rambut rontok saat menyusui:

  • Rambut masuk ke dalam fase istirahat

Ternyata adanya proses kehamilan hingga kelahiran mulai dari kontraksi hingga pembukaan dan masih banyak lagi dapat berpengaruh pada fase rambut. Dari berbagai macam proses yang dialami ibu hamil hingga melahirkan dalam kurun waktu kurang lebih 9 bulan akan banyak rambut yang mengalami fase istirahat.

Karena memasuki fase ini, rambut yang jumlahnya banyak tersebut akan terdorong keluar. Tak hanya satu dua hari, namun proses pendorongan rambut yang masuk fase istirahat keluar sehingga membuatnya rontok dapat terjadi antara 3 hingga 6 bulan setelah proses persalinan.

Tak heran jika pada bulan-bulan pertama pasca melahirkan dan ketika menyusui buah hati, rambur rontok tersebut jumlahnya menjadi semakin banyak. Kondisi ini umumnya sulit diatasi karena memang kerontokan tersebut terjadi karena memang rambut memasuki fase istirahat. Bukan karena faktor lain.

  • Adanya perubahan hormon

Proses kehamilan dan persalinan juga dapat membuat perubahan yang signifikan terhadap hormon. Perubahan hormon ini menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi terjadinya rambut rontok. Jangan cemas karena proses kerontokan pasca melahirkan ini umumnya tidak akan mengakibatkan kebotakan. Rambut akan kembali normal setelah 6 sampai 12 bulan pasca melahirkan.

  • Mengalami stress

Selain dua penyebab utama di atas, kerontokan rambut yang terjadi saat menyusui juga dikarenakan karena stress. Memiliki buah hati memang suatu anugrah yang sangat membahagiakan. Namun terkadang ada beberapa wanita yang memang harus melakukan penyesuaian dan perubahan pada banyak hal. Tak jarang hal ini memicu terjadinya stress. Reaksi stress dapat menyerang sisi emosional hingga fisik, salah satunya adalah terjadinya kerontokan rambut.

πŸ“‹ Recommended  Daya Tahan ASI Perah Bunda, Berapa Lama? Berapa Jam?

Rambut Rontok Saat Menyusui

Tips mengatasi rambut rontok saat menyusui

Cara mengatasi rambut rontok saat menyusui dapat dilakukan dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Jangan menggunakan sisir yang dapat menarik rambut berlebihan

Terdapat berbagai macam sisir yang tersedia di pasaran. Supaya tidak semakin membuat rambut rontok setelah persalinan menjadi semakin parah, Anda perlu memperhatikan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang baik diaplikasikan atau digunakan untuk menyisir rambut adalah yang tidak terlalu menekan atau menarik rambut secara berlebihan. Pilihlah sisir dengan sela gigi sisir yang renggang sehingga mudah digunakan.

  • Menggunakan shampo dan conditioner

Pilihlah shampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut. Jangan ragu untuk menggunakan shampo rambut rontok pasca melahirkan yang memiliki kualitas baik agar rambut menjadi lebih terjaga kesehatannya. Selain shampo dan conditioner, bisa ditambahkan dengan penggunaan masker rambut. Masker rambut sebaiknya yang alami, misalnya: masker rambut lidah buaya, minyak zaitun, dan sebagainya.

  • Memijat kulit kepala

Tidak hanya cukup memakai shampo atau conditioner yang sesuai dengan jenis rambut, namun sebaiknya lakukan pemijatan saat mengaplikasikan. Lakukan pijatan pada kulit kepala dengan lembut kurang lebih 5 menit sebelum membilas dengan air. Selain dapat mencegah serta mengatasi kerontokan, memijat kulit kepala ketika keramas juga mampu merangsang serta meningkatkan sirkulasi darah.

  • Memotong rambut

Selanjutnya, memotong rambut adalah langkah yang sangat tepat. Mengubah style rambut menjadi lebih pendek akan mengurangi kerontokan rambut. Selain itu, juga lebih mudah ditata dan tidak merepotkan saat merawat buah hati.

  • Mengonsumsi daging merah dan kacang-kacangan

Daging merah serta kacang-kacangan sangat baik untuk dikonsumsi oleh para ibu menyusui yang mengalami masalah rambut rontok. Kedua bahan makanan ini mengandung asam lemak esensial, zat besi dan vitamin B12.

πŸ“‹ Recommended  Makanan Pendamping ASI / MPASI yang Tepat bagi Balita Anda

Deretan nutrisi tersebut dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok. Apalagi nutrisi tersebut juga sangat baik untuk menutrisi ASI sehingga kebutuhan nutrisi buah hati dapat terpenuhi. Beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi tersebut antara lain daging merah, alpukat, telur, keju dan kacang-kacangan.

Dengan melakukan beberapa tips cara mengatasi rambut rontok saat menyusui di atas, tentu saja masalah kerontokan rambut setelah melahirkan diharapkan dapat segera teratasi.

✰ advertisement ✰