Cara Memilih Produk Untuk Jualan Online yang Laris Dipasaran

Berbelanja online telah menjadi candu untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama orang yang menyukai kemudahan. Meningkatnya jumlah pembeli online menjadikan hal ini banyak dimanfaatkan oleh penjual sebagai kesempatan untuk membangun lahan bisnis online.

Daripada menjadi penonton/konsumen, kenapa tidak mencoba terjun langsung?. Bagi anda yang ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan online, tentu ada hal-hal yang harus di perhatikan termasuk cara memilih produk untuk jualan online.

Untuk para penjual online pasti menginginkan agar dagangannya cepat laku. Untuk itu, berbagai trik dilakukan agar dagangan dapat cepat dilirik dan dibeli oleh pembeli.

Banyak trik yang bisa dilakukan oleh para pedagang online diantaranya dengan cara memilih produk untuk jualan online yang tepat. Tertarik untuk mengetahuinya lebih jauh? Simak ulasannya di bawah ini:

Cara memilih produk untuk jualan online

  1. Produk Bersifat Tahan Banting

Jika kita memilih lahan pekerjaan sebagai penjual online, maka memilih jenis produk yang tahan banting  untuk dijual adalah pilihan yang paling membutuhkan banyak perhatian. Penjual online dalam melayani pembeli tentu tidak akan berhadapan secara langsung.

Transaksi pun terjadi melalui media sosial dan atau melalui layanan dari marketplace, kemudian setelah terjadi payment, penjual akan mengirimkan barang melalui jasa kirim (ekspedisi).

Memilih produk yang bersifat tahan banting akan lebih menjanjikan dan lebih aman selama terjadi proses pengiriman oleh kurir dari pihak ekspedisi karena barang tidak beresiko untuk pecah dan kerugianpun atas kerusakan barangpun dapat di minimalisir.

Contoh : fashion, hiasan dinding dari plastik/kayu, perlengkapan bayi, dll

  1. Barang yang dijual ringkas dan berukuran tidak terlalu besar

Pemilihan barang berukuran besar akan mempersulit pihak penjual dalam memasarkan dagangannya. Mahalnya ongkos kirim yang di tanggung oleh pembeli karena barang besar akan dikenakan biaya volume tambahan oleh pihak ekspedisi, menjadikan para pembeli berpikir 2x jika ingin berbelanja online.

Contoh : dompet pria dan wanita, tas, aksesoris wanita, hindari produk properti rumah tangga baik furnitur maupun elektronik dengan ukuran besar karena akan mempersulit proses ekspedisi (meskipun bisa akan memakan waktu dan biaya yang besar)

  1. Produk Bersifat Tahan Lama

Kegiatan jual beli online tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya ekspedisi. Ketepatan waktu sampai dari pihak ekspedisi kepada customers dalam mengirimkan barang sangat tergantung dengan situasi dan kondisi di jalanan. Bisa jadi barang yang diantar akan mengalami keterlambatan atau bahkan akan sampai lebih cepat dari waktu yang diperkirakan.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Hal ini menjadikan pertimbangan yang perlu dihindari jika penjual online akan memasarkan produk yang tidak bisa bertahan lama seperti makanan atau minuman tanpa pengawet. Carilah produk yang awet dan bisa bertahan lama.

Contoh : fashion, perlengkapan bayi, aksesories, taplak meja, makanan cepat saji yang awet dan aman di perjalanan, hindari makanan homemade karena biasanya akan mudah busuk

  1. Produk Konsisten Ketersediaannya

Yang dimaksud konsisten keberadaannya adalah produk selalu ada tidak berdasarkan waktu musiman. Hal ini sangat penting untuk ketahanan toko online agar dapat berjualan secara terus menerus tanpa terganggu stok barang yang hanya ada saat musimnya saja.

  1. Produk Memiliki Daya saing Sedikit

Jika anda memilih untuk berjualan online, tentu untuk saat ini persaingan dengan pedagang lain untuk produk yang sejenis sangatlah banyak. Dengan kemudahan fasilitas terutama jika anda berjualan di marketplace maka pembeli dapat dengan mudah mengecek produk serupa di beberapa toko berbeda.

Jika harga yang anda tawarkan tidak bersahabat untuk kualitas sama dengan toko lain, maka pembeli menjadi tidak tertarik untuk berbelanja di toko anda. Baca juga: Cara Import Barang dari China

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin memulai berjualan online. Dengan cara memilih produk untuk jualan online yang tepat, maka besar kemungkinan toko anda akan laris manis di pasaran. Selamat mencoba, semoga berhasil!