Pantangan Makanan FAM Pasca Operasi Pembedahan Payudara

Penderita FAM sebaiknya tidak melanggar pantangan makanan FAMterutama pasca melakukan operasi. FAM sendiri adalah tumor jinak yang biasa tumbuh di payudara wanita. Penyakit ini aktif menyerang wanita berusia 15 tahun hingga 35 tahun. FAM tidak bisa disepelekan karena keberadaannya cukup mengkhawatirkan.

Operasi FAM (fibroadenoma mammae) merupakan tindakan medis yang sering dilakukan untuk mengatasi benjolan yang tumbuh di payudara. Meskipun termasuk penyakit yang menakutkan, jenis operasi FAM bukanlah operasinya yang berat.

pantangan makanan FAM (fibroadenoma mammae, makanan pasca operasi payudara)

8Pantangan makanan FAMuntuk wanita

  1. Cumi

Cumi termasuk salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh penduduk Indonesia. Teksturnya yang kenyal disukai oleh hampir segala usia, baik anak-anak hingga lansia. Tapi, bagi penderita FAM, cumi bukanlah jenis makanan yang baik karena bisa menyebabkan pertumbuhan tumor kembali pasca pembedahan.

Maka dari itu, seseorang dengan riwayat penyakit FAM, selamanya tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan laut termasuk cumi.

  1. Kerang

Selain cumi, makanan laut yang wajib dihindari lainnya oleh penderita FAM adalah kerang. Kerang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang sangat tinggi yang bila dikonsumsi secara berlebihan akan mempengaruhi kesehatan dan proses penyembuhan FAM.

Ada banyak makanan sehat yang jauh lebih baik daripada kerang yang tentunya tidak akan menimbulkan efek samping pasca pembedahan FAM.

  1. Pasien FAM Pantang Meminum Minuman serbuk

Indonesia termasuk negara dengan industri minuman serbuk yang pesat. Ada banyak brand minuman serbuk yang populer, padahal mengonsumsi minuman serbuk sangat tidak sehat karena kandungan gula, bahan pengawet dan pewarna.

Daripada minum minuman serbuk yang dingin, penderita FAM lebih dianjurkan untuk banyak minum air putih atau jus buah tanpa gula.

  1. Soda

FAM atau Fibroadenoma mammae tidak bisa sembuh bila penderita masih suka minum soda. Kandungan glukosa yang tinggi pada minuman bersoda dapat menyebabkan pembengkakan pada jaringan tubuh. Efek samping minuman bersoda bagi penderita FAM antara lain memperlambat proses penyembuhan bahkan bisa memicu pertumbuhan tumor yang baru.

  1. Nangka

Kandungan gula dan alkohol dalam buah nangka bisa berdampak negatif terutama bagi penderita FAM. Nangka memiliki sifat panas yang dinilai mampu menimbulkan gangguan pada organ pencernaan, makan buah nangka pasca melakukan operasi FAM bisa menghambat proses penyembuhan serta menimbulkan komplikasi lainnya.

Terlebih bila penderita FAM juga memiliki riwayat penyakit lambung, makan nangka akan meningkatkan kadar asam lambung dan mempengaruhi kesehatan dinding lambung.

  1. Makanan olahan bakar

Makanan olahan bakar bukanlah jenis makanan pasca operasi payudara yang dianjurkan oleh dokter. Jika pasien FAM ingin sembuh dengan cepat, maka disarankan untuk mematuhi larangan ini. Dalam makanan olahan bakar terkandung kolesterol tinggi serta lemak jenuh yang tidak baik untuk tubuh. Makanan olahan bakar juga bersifat karsinogenik yang dapat menimbulkan tumor maupun sel-sel kanker.

pantangan makanan FAM fibroadenoma mammae, makanan pasca operasi payudara

  1. Pasien FAM dilarang Konsumsi Durian

Durian memiliki kandungan lemak serta bahan-bahan yang sifatnya karsinogenik jadi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita FAM. Kandungan tersebut dapat menyebabkan jaringan di bagian tubuh bengkak kembali termasuk jaringan yang baru saja dioperasi atau luka akibat adanya operasi tersebut.

Baca juga:
Pantangan Makanan Faringitis Bagi Penderita Radang Tenggorokan

  1. Makanan berwadah plastik

Partikel dalam plastik yang berasal dari bahan kimia pembuat wadah dapat menempel di makanan dan partikel tersebut bisa berbahaya bagi tubuh termasuk bagi penderita FAM (fibroadenoma mammae). Jadi, daripada mengonsumsi makanan yang dibeli dari luar, akan lebih sehat jika masak sendiri.

Itulah delapan pantangan makanan FAM,pasien yang baru saja melakukan pembedahan FAM atau sedang dalam tahap penyembuhan. Semoga bisa menjadi referensi untuk proses recovery bunda.