Weton Sabtu Pahing (18) Watak, Rejeki, Jodoh & Mitos

Weton tidak melulu menandakan hari lahir seseorang, tetapi juga dipercaya menjadi salah satu variabel yang memengaruhi watak orang tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat bagaimana rejeki dan jodoh melalui weton. Bahkan, bisa juga digunakan untuk mengetahui kecocokan pekerjaannya. Sebagai salah satu weton yang istimewa, berikut akan kami bahas secara tuntas tentang weton sabtu pahing.

advertisement

weton sabtu pahing

Di antara semua weton, bisa dibilang bahwa weton sabtu pahing cukup istimewa karena neptu weton tersebut paling tinggi. Hari sabtu memiliki neptu paling tinggi yaitu 9 dan pasaran pahing juga merupakan neptu tertinggi yaitu 9. Jadi, apabila digabungkan maka neptu kelahiran sabtu pahing adalah 18.

Berdasarkan primbon Jawa, neptu sabtu pahing melambangkan parasan lakuning geni yang artinya orang dengan weton tersebut memiliki tingkah laku seperti api. Jadi, tidak mengherankan jika orang kelahiran sabtu pahing memiliki emosi yang mudah meledak. Bahkan, tidak segan untuk berkelahi apabila ada orang lain yang mengusiknya.

Watak Weton Sabtu Pahing

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa orang dengan weton sabtu pahing mudah panas seperti api. Selain mudah marah, watak weton ini lainnya yaitu mudah diadu domba, ambisius dan tidak memiliki pendirian yang teguh.

advertisement

Ambisi dan keinginan yang besar membuat mereka memiliki banyak hal yang ingin dicapai. Oleh sebab itu, saat cita-citanya sudah terpenuhi maka ia akan mengejar cita-cita lainnya.

watak weton sabtu pahing lakuning geni

Hidup orang dengan weton ini yang selalu dipenuhi ambisi membuatnya tidak bisa hidup tenang. Weton sabtu pahing juga menunjukkan karakter yang terbuka dan luwes dalam bergaul sehingga memiliki banyak teman. Meski begitu, tidak sedikit juga musuh yang dimiliki akibat sifat mudah marah dna keras kepalanya.

Meskipun pada dasarnya pemarah, ternyata weton sabtu pahing mudah memaafkan sehingga tidak pernah menyimpan dendam. Tidak hanya itu, segala bentuk permasalahan pun bisa diselesaikan dengan cepat. Orang dengan weton ini juga berbudi luhur dimana akan selalu membalas kebaikan orang lain.

advertisement

Tidak jarang kebaikan yang diterima dibalas dengan kebaikan yang lebih besar. Di sisi lain, watak sabtu pahing juga menunjukkan sikap berbelas kasih. Mereka tidak akan berpikir panjang untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan.

Jodoh Weton Sabtu Pahing

Meskipun memiliki watak keras kepala dan mudah marah, ternyata weton sabtu pahing memiliki banyak keberuntungan dalam bidang asmara. Orang dengan weton lahir sabtu pahing mudah mendapatkan pacar berkat aras kembang yang dimilikinya.

Tidak sedikit juga lawan jenis yang menyukainya pada pandangan pertama. Dalam hal asmara percintaan relationship, weton sabtu pahing ini cenderung tidak suka mengalah dengan pasangannya.

ads

Dalam hal perjodohan, hari lahir sabtu pahing ini cocok dipasangkan dengan weton yang memiliki neptu 11 maupun 16. Adapun weton dengan jumlah neptu 11 dan 16 yaitu Rabu Pahing, Sabtu Pon, Kamis Kliwon, Selasa Kliwon, Jumat Legi, Senin Pon dan Rabu Wage.

jodoh sabtu pahing

Rejeki Weton Sabtu Pahing

Nilai neptu yang besar dari hari kelahiran sabtu pahing dipercaya dapat membawa peruntungan besar pula. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika kelahiran bayi dengan weton tersbeut pun cukup istimewa dalam keluarga.

Berdasarkan primbon Jawa, weton sabtu pahing dipercaya memiliki banyak rejeki dan mudah mencari nafkah. Jadi, apabila orang tua memiliki neptu yang lebih kecil dan bayinya lahir pada hari sabtu pahing maka rejekinya akan mengalami peningkatan. Sayangnya, weton ini juga dikenal boros dalam hal keuangan.

watak weton sabtu pahing lakuning geni

Pekerjaan yang Cocok untuk Weton Sabtu Pahing

Melihat watak yang dimiliki oleh weton sabtu pahing maka bisa disimpulkan bawa mereka tidak cocok untuk bekerja sebagai bawahan. Sikapnya yang keras kepala dan mudah marah akan meledak ketika mendapatkan tekanan dari bos atau mengalami perbedaan pendapat.

Weton kelahiran sabtu pahing lebih cocok bekerja sebagai pemimpin. Selain itu, bisa juga menjadi seorang wirausahawan, pedagang, pengusaha atau jenis pekerjaan lain yang membuatnya berdiri di atas kaki sendiri.

Kalaupun pada akhirnya harus bekerja sebagai karyawan, maka orang dengan weton sabtu pahingakan sangat susah untuk diatur. Bahkan, mereka cenderung bekerja sesuai inisiatif kemauannya.

Kelebihan dan Kekurangan Weton Sabtu Pahing

Meskipun termasuk weton yang istimewa, buka berarti hari lahir sabtu pahing tidak memiliki kekurangan. Nah, berikut ini kekuatan dan kelemahan orang kelahiran sabtu pahing yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan kualitas diri.

Kekuatan Weton Sabtu Pahing

  • Memiliki kedisiplinan dalam menjalankan rencananya.
  • Lebih mudah dalam mendapatkan jabatan maupun kemakmuran.
  • Memiliki jiwa penolong sehingga sangat peka dengan kondisi lingkungan sekitarnya.
  • Tidak menyukai orang-orang yang lembek dan lemah.

Keistimewaan sabtu pahing dan kelemahan Sabtu Pahing.jpg

Kelemahan Orang Lahir Sabtu Pahing

  • Egois, ingin selalu diutamakan.
  • Orang dengan weton sabtu pahing akan kalah dengan orang-orang yang cerdas,
    memiliki optimisme tinggi serta memiliki keahlian dalam strategi.
  • Kurang bisa menabung meskipun mudah mendapatkan penghasilan.

Mitos Sabtu Pahing

Hingga saat ini, kehidupan masyarakat Jawa masih banyak diselimuti mitos. Mitos-mitos tersebut pun masih dipercaya sehingga sering dijadikan sebagai pengingat, tidak terkecuali untuk mitos sabtu pahing. Mitos sabtu pahing sendiri sangat kental dengan masyarakat Banyumas. Hari sabtu pahing dipercaya sebagai hari naas untuk semua warga Banyumas, termasuk keturunannya yang sudah tidak tinggal di Banyumas.

Sebagian besar warga Banyumas membatasi diri agar tidak melakukan perjalanan jauh ketika hari sabtu pahing. Bahkan, ada juga yang melarang anak-anaknya untuk pergi di hari tersebut. Bentuk larangan lain di hari sabtu pahing di Banyumas yaitu tidak boleh melangsungkan hajatan.

Mitos Setu Paing Sabtu Pahing

Mitos sabtu pahing yang berkembang di Banyumas ini berawal pada cerita di abad XVI. Pada masa itu, Rara Sukartiyah yang masih belia dinikahkan oleh ayahnya Adipati Wirasaba Wargatuma I dengan anak Ki Gede Banyureka bernama Bagus Sukara.

Selama menjalani kehidupan rumah tangga, keduanya mengalami banyak ketidakcocokan. Salah satunya yaitu sang istri tidak mau melayani suaminya secara batin. Hal tersebut pun membuat sang suami memilih pulang kembali ke rumah orang tuanya. Kejadian ini membuat Ki Gede Banyureka marah dan menuduh ayah Rara Sukartiyah tidak bisa mendidik putrinya.

Karena berada di bawah Kesultanan Pajang, Adipati Wargatuma pun turut melakoni kewajiban menyumbangkan putri sebagai selir sultan. Mengingat keadaan Rara Sukartiyah yang masih perawan, ia pun mengirimkan anaknya untuk dijadikan selir. Sepulang Adipati dari pendopo kesultanan, Ki Gede Banyureka pun mendatangi sultan dan mengatakan bahwa Rara adalah mantan menantunya.

cerita adipati wirasaba setu pahing sabtu pahing

Fakta tersebut membuat Sultan murka dan mengutus prajurit untuk memburu dan membunuh Adipati Wirasaba. Setelah itu, Sultan pun bertanya terkait fakta tersebut kepada Rara dan mengetahui bahwa ternyata gadis tersebut masih suci. Kebenaran ini pun membuat Sultan menyesal dan mengutus prajurit lain untuk membatalkan pengejaran terhadap Adipati Wirasaba.

Sayangnya, takdir berkata lain sehingga Adipati Wirasaba pun dibunuh oleh utusan pertama. Pembunuhan ini dilakukan tepat setelah Adipati menyelesaikan makan siangnya di bangunan bale malang dengan lauk pindang angsa pada hari sabtu pahing.

Sebelum meninggal, Adipati Wirasaba seolah mendapat wangsit/firasat dan berpesan kepada pengikutnya agar anak cucunya tidak boleh melakukan perjalanan di hari sabtu pahing. Selain itu, tidak boleh juga makan pindang angsa, menaiki kuda dhawuk bang serta membangun atau menempati rumah yang berbentuk bale malang.

Khodam Sabtu Pahing

Dalam kepercayaan Jawa terdapat istilah khodam pendamping yaitu sesosok makhluk halus yang keberadaannya berfungsi untuk melaksanakan ilmu gaib sesorang. Khodam ini bersifat pasif sehingga tidak dapat memengaruhi pikiran orang yang diikutinya. Jadi, khodam hanya akan mengikuti tanpa berkomentar apapun terkait tindakan yang Anda lakukan.

khodam sabtu pahing kodam setu paing

Untuk mempermudah penyatuan khodam, Anda perlu melakukan puasa terlebih dahulu. Puasa tersebut bisa dilakukan selama 3 hari yang mencakup salah satu weton Anda, misalnya puasa pada hari Sabtu Kliwon, Minggu Legi dan Sabtu Pahing. Selain untuk tujuan tersebut, puasa weton sabtu pahing juga bisa dilakukan untuk menghilangkan segala bentuk keburukan dalam diri seseorang.

Baca juga: Manfaat Puasa Weton untuk Diri Sendiri, Pasangan dan Keluarga

Nah, demikian tadi ulasan lengkap terkait weton sabtu pahing, mulai dari watak, rejeki, jodoh, pekerjaan hingga mitosnya yang dapat dijadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat.

advertisement