Bayi 1 Bulan Rewel? Inilah Penyebab dan 2 Cara Mengatasinya

Sesekali bayi 1 bulan rewelmungkin hal biasa, namun bila dalam sehari bayi rewel berkali-kali ini bisa menandakan kondisi abnormal. Entah bayi merasa tidak nyaman karena sesuatu atau memang sakit.

Pada umumnya, bayi menangis karena merasa lapar atau buang air, wajar  saja mengingat bayi 1 bulan belum bisa bicara. Tapi, ketika bayi masih tetap menangis setelah diberi susu dan diganti popoknya, orang tua harus peka dan memahami apa yang menyebabkan hal tersebut. Sebagai panduan singkat, simak beberapa penyebab bayi sering menangis di bawah ini.

bayi 1 bulan rewel di malam hari begadang tidak mau tidur

Penyebab Bayi 1 Bulan Rewel

Bayi 1 bulan belum dibekali dengan kemampuan verbal yang baik, satu-satunya alat komunikasi yang bisa mereka lakukan adalah menangis. Intensitas menangis antara bayi satu dan lainnya berbeda, ada yang jarang menangis tapi beberapa ada yang sering menangis atau disebut rewel. Berikut penyebabnya:

  • Lapar

Bayi yang lapar akan mulai menangis, terkadang mereka mengeluarkan suara tangisan yang sangat nyaring, tergantung tingkat kelaparannya.

Selain menangis, bayi memberikan isyarat lain seperti membuka mulutnya, menjulurkan lidah bahkan mengerutkan bibir. Terkadang bayi yang lapar akan mengisap mainan, jari bahkan pakaiannya.

  • Merasa Takut

Meskipun usianya masih sangat kecil bayi memiliki kepekaan yang tinggi. Salah satu penyebab bayi 1 bulan rewel sebelum tidur bisa jadi karena mendengar suara asing dan keras di sekitarnya.

  • Bayi Sedang Sakit

Bayi yang terus menangis lebih dari 1 jam bisa jadi karena sakit, jenis tangisannya lebih intens, panik dan nyaring. Ketika menemukan kondisi ini, ibu wajib mencari gejala penyakit bayi, seperti muntah, batuk, demam, diare atau sembelit.

Cara Mengatasi Bayi Rewel

Rasanya jarang sekali menemukan ada bayi menangis tanpa sebab, karena menangis adalah respon alamiah yang diberikan tubuh bayi ketika merasa tidak nyaman dengan sesuatu. Entah rangsangan dari dalam tubuh maupun dari luar. Untuk mengatasi bayi menangis terus, ibu bisa mencoba cara sederhana berikut ini:

  • Melakukan Gerakan Mengayun

Bayi biasanya merasa senang saat digendong. Orang tua bisa menggendong bayi lalu melakukan gerakan mengayun untuk mengatasi tangisan bayi. Bila tangisan semakin keras, maka ayun bayi semakin kencang.

  • Suara ‘sshh’

Cara mengatasi bayi rewel umur 1 bulan bisa dilakukan dengan mengeluarkan suara ‘sshh’. Suara ini faktanya ampuh untuk menenangkan bayi dan membuat mereka merasa lebih nyaman.

Suara ini hampir sama dengan suara yang sering bayi dengar di dalam kandungan. Pastikan ibu mengeluarkan suara ‘sshh’ lebih keras dari suara tangisan bayi namun tetap lembut.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Sering Gumoh Setelah Menyusui?
Begini Cara Mengatasinya

Itulah penyebab bayi 1 bulan reweldan beberapa cara efektif menenangkan bayi rewel yang bisa dilakukan. Ibu dan ayah tidak perlu panik ketika bayi tidak berhenti menangis karena ini respon normal bayi diusia muda. Yang penting adalah untuk mencoba menenangkannya sesegera mungkin.