Senam Ibu Hamil, Cara dan Contoh Gerakan

Masa kehamilan adalah masa yang sangat menentukan untuk seorang wanita. Semua wanita yang ada di dunia ini tentunya ingin sekali memiliki bayi dengan posisi kandungannya yang sehat tanpa ada kekurangan apapun. Seorang ibu hamil membutuhkan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup serta olah raga tubuh dengan sesuai takarannya agar kondisi si ibu bisa tetap sehat dan bugar.

Sehingga dengan posisi tubuh yang sehat dan bugar, pastinya seorang ibu yang hamil akan bisa melakukan kegiatan sehari-hari secara rutin seperti biasanya. Melakukan senam bagi ibu yang sedang hamil ini akan bisa membantu dalam melakukan persalinan nantinya, dan juga bisa membantu untuk menghilangkan rasa stress menjelang persalinan pada si ibu.

Berbagai macam jenis olah raga tubuh bagi ibu hamil, yang paling sesuai dan cocok adalah senam ibu hamil. Jenis olah raga ini akan disesuaikan dengan perubahan bentuk fisik pada tubuh seperti halnya perubahan organ genital, posisi perut yang semakin membesar, dan perubahan yang lainnya. Sehingga dengan melakukan senam untuk ibu yang sedang hamil ini, seorang ibu yang hamil akan bisa menjaga kesehatan pada tubuh serta janin yang ada dikandungannya secara optimal.

senam untuk ibu hamil source momjunction com

Berbagai macam gerakan untuk senam hamil ini akan melatih gerakan dalam mempersiapkan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Dan senam hamil ini juga akan bisa digunakan sebagai terapi untuk melatih proses persalinan cepat, spontan dan aman.

Akan tetapi, sebelum melakukan gerakan senam untuk ibu hamil, anda yang hamil sebaiknya melakukan gerakan-gerakan dasar untuk pemanasan. Gerakan-gerakan dasar ini dilakukan agar peredaran darah pada tubuh bisa meningkat, serta oksigen yang akan diangkut ke otot-otot pada tubuh dan jaringan anda bisa bertambah banyak. Dan gerakan dasar ini juga bisa mengurangi terjadinya luka/kejang sebelum melakukan gerakan yang aktif.

Waktu yang tepat untuk melakukan gerakan senam ibu hamil adalah saat ibu mengandung di usia 6 bulan ke atas. Ini dilakukan agar ibu yang hamil sudah terbiasa dengan gerakan-gerakan saat proses persalinan nantinya, dan gerakan ini juga akan membantu dalam proses persalinan secara aman, normal dan spontan. Nah, bagi anda yang ingin melakukan senam hamil ini, anda diwajibkan berkonsultasi dulu pada bidan atau dokter kepercayaan anda, sehingga anda bisa mendapat izin dari dokter atau bidan anda.

baca!  Tips Memilih Pakaian Saat Hamil

Berikut akan diberikan beberapa gerakan dalam senam ibu hamil yang bisa dimanfaatkan hasilnya saat proses melahirkan nantinya, yang mana gerakan gerakan ini juga akan memberikan manfaat yang sangat bagus pada tubuh dan kondisi janin. Gerakan-gerakan senam yang dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil ini ada 5 gerakan dalam menentukan posisi tubuh saat senam, gerakan-gerakan tersebut diantaranya:


   Duduk Bersila Saat Senam Ibu Hamil

Melakukan posisi senam dengan cara duduk bersila adalah gerakan dasar dalam senam. Dalam melakukan gerakan ini, anda yang hamil hanya membutuhkan matras untuk bantalan duduk, sehingga pantat anda saat duduk tidak menempel langsung dengan lantai. Dan pilihlah jenis matras dengan memiliki bahan yang aman dan nyaman, sehingga posisi duduk anda tidak akan terganggu.

Saat melakukan senam duduk bersila, ambilah posisi duduk dengan posisi tangan kiri dan kanan berada pada sisi tubuh, dengan posisi siku secara lurus dan telapak tangan menempel pada lantai. Saat posisi sudah tepat, atur nafas anda secara berulang kali, kemudian anda bisa menambahkan beberapa gerakan seperti mengangkat kedua tangan anda dari samping menuju arah kepala sambil menarik nafas secara perlahan-lahan. Lalu turunkan tangan anda secara perlahan pada bagian depan tubuh anda. Manfaat senam hamil dengan cara duduk bersila ini akan anda rasakan kasiatnya.

senam ibu hamil source herminahospitalgroup com

   Posisi Berbaring Untuk Senam Hamil 

Posisi ini dapat dilakukan dengan cara menggerakkan tubuh secara berbaring, dan posisikan kaki menumpu ke arah dinding. Kemudian posisikan kedua tangan juga ke arah samping tubuh dengan bagian telapak tangan dihadapkan ke arah atas tubuh. Lakukan secara rilex pada seluruh tubuh anda, yaitu dengan cara memejamkan mata, lalu tarik nafas secara perlahan-lahan.

senam ibu hamil source galleryhip com

senam ibu hamil source gopixpic com

   Posisi Merangkak Pada Senam Hamil 

Posisi ini dilakukan dengan cara bagian siku tangan diluruskan, lalu arahkan pandangan ke arah depan dengan posisi kepala terangkat dan punggung terangkat. Kemudian tarik nafas anda secara perlahan-lahan, lalu lengkungkan posisi punggung ke arah dalam, kemudian tarik kembali nafas dengan perlahan-lahan sambil meluruskan kembali posisi punggung ke arah posisi semula. Tetap lakukan gerakan ini secara berulang-ulang dengan melakukan hitungan.

senam ibu hamil source fittamamma com

senam-ibu-hamil-source-health-howstuffworks-com

senam ibu hamil source tipsibuhamil com

   Posisi Berbaring Miring Saat Senam Ibu Hamil

Posisi ini dilakukan dengan cara tempatkan lutut bagian kanan ke arah depan, lalu posisikan lutut kiri ke arah belakang, posisikan badan secara miring ke arah samping dengan posisi kedua lutut serta kedua lengan tangan menekuk. Sehingga saat anda melakukannya, anda pun bisa merasakan tenangnya pikiran yang ada di dalam tubuh anda.  Gerakan ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti bantal untuk mempermudah prosesi gerakkannya.

baca!  Cara Mengatasi Bayi Sungsang

senam ibu hamil source healh-and-parenting-com

   Posisi Berbaring Terlentang Pada Senam Hamil

Cara melakukan gerakan senam ini posisikan badan dengan cara memegang kedua mata kaki anda dengan dua tangan, lalu buka mulut untuk bisa mengatur nafas anda. Kemudian gerakkan posisi badan ke arah bawah dan depan dengan cara mengkolaborasikan melalui hitungan sesuai dengan tenaga anda.

senam ibu hamil source idiva com

Nah, itulah cara dan gerakan senam yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, adapun manfaat dari mengikuti gerakan senam hamil ini, anda diharapkan bisa melakukan prosesi kelahiran secara lancar, dapat memberikan tenaga yang kuat dan mampu dengan baik melakukan proses kelahiran secara normal dan cepat.

Sedangkan gerakan-gerakan lain yang dapat dilakukan di waktu luang anda saat dirumah atau tempat lain yaitu dengan cara bersantai duduk-duduk di kursi atau saat menonton televisi, lakukan gerakan ringan seperti mengangkat satu kaki secara sejajar lurus dengan tempat duduk. Melakukan gerakan ringan ini secara berlahan-lahan dan bergantian beberapa menit, ini juga akan membantu senam hamil anda.

senam ibu hamil source beautythroughstrenght-com

Selain melakukan gerakan senam berupa duduk bersila, berbaring dan merangkak, mengatur pernafasan juga merupakan olah raga senam yang ringan untuk ibu hamil. Karena dengan nafas yang aturannya benar, ini akan membantu saat proses kelahiran nantinya. Cara melatih pernafasan, anda bisa melakukan bebarengan saat melakukan olah raga senam di atas, atau dengan memadukan gerakan diatas dengan melakukan pernafasan dada dan perut.

Gerakan Senam Hamil Trimester 1 & Trimester 2

Yoga Untuk Ibu Hamil

Olahraga Untuk Ibu Hamil

Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat saat hamil, anda wajib dan perlu melakukan gerakan ringan dan aktif diatas untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh anda dengan janin yang ada dalam kandungan. Selain melakukan olah raga senam diatas, sebaiknya anda juga memakan sayur, buah, dan rutin untuk memeriksa kesehatan serta kondisi bayi. Itulah wacana dan informasi tentang senam ibu hamil, semoga wacana dan informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi anda yang membacanya.

TAGS: senam ibu hamil, Senam hamil, olahraga ibu hamil, gerakan senam hamil, senam bumil, gerakan senam ibu hamil, gambar senam hamil, gambar senam ibu hamil, Senam untuk ibu hamil, cara senam hamil, olahraga hamil, olah raga ibu hamil, cara senam ibu hamil, gerakan, olahraga bumil, senam ibu hamil 9 bulan, olahraga untuk ibu hamil