Vaporin Untuk Bayi 1 Bulan Apakah Aman? Adakah Efek Sampingnya?

Vaporin merupakan kapsul lunak berisi cairan inhalasi yang banyak digunakan untuk melegakan pernapasan. Kandungan minyak aromatik pada vaporin untuk bayi 1 bulanefektif untuk melegakan pernapasan dan membantu mempercepat proses pengobatan pilek bayi.

Sistem imun bayi belum sempurna sehingga mereka lebih rentan mengalami infeksi penyakit termasuk pilek. Gejala pilek pada bayi adalah keluarnya cairan jernih atau berwarna hijau dan kekuningan dari hidung setelah 1 pekan.

vaporin untuk bayi 1 bulan

Cara kerja vaporin untuk bayi 1 bulan

Karena termasuk obat-obatan kimia, orang tua tentunya bertanya-tanya apakah vaporin aman untuk mengatasi penyakit bayi 1 bulan pilek hidung tersumbat?

Penggunaan vaporin pada bayi harus melalui izin dokter, orang tua tidak bisa memberikan vaporin secara bebas walaupun obat ini termasuk obat luar.

Vaporin sangat dibutuhkan untuk mengatasi pilek bayi dari pemakaian luar dan mengandung bahan-bahan alami seperti lecomenthol, cajuput oil, eucalycptus oil dan lainnya. Meski begitu, vaporin tetap saja menyebabkan efek samping vaporin jika diberikan secara berlebihan pada bayi.

Bahan aktif yang ada pada vaporin hanya berfungsi untuk memberikan sugesti pada otak bayi untuk bekerja membuka saluran pernapasan bayi. Jadi faktanya pilek tidak bisa sembuh 100% dengan pemberian vaporin. Pemberian obat ini hanya bersifat sementara untuk melegakan hidung yang tersumbat tapi tidak bersifat menyembuhkan.

Cara mengatasi pilek pada bayi

Tindakan pengobatan pilek yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah adalah menyingkirkan kuman dari tubuh bayi bahkan memberikan vaporin. Selain memberikan vaporin, orang tua juga bisa melakukan tips berikut untuk mengatasi pilek bayi:

1. Pertama-tama, orang tua perlu menempatkan bayi di ruangan yang bebas AC atau kipas angin agar hidung tidak semakin tersumbat. Namun bila bayi cenderung lebih nyaman saat ditempatkan di ruangan dingin, orang tua bisa menambahkan mesin pelembab udara yang bisa menghasilkan uap air panas.

2. Cara mengatasi pilek bayi 1 bulan lainnya adalah dengan memanfaatkan alat penyedot ingus bayi atau oleskan saja petroleum jelly di luar lubang hidung bayi.

3. Pemanfaatan vaporin pada bayi 1 bulan bisa diberikan atas izin dokter. Ada pun jenis obat lainnya yang dianjurkan adalah ibuprofen dan paracetamol. Obat ini bisa diberikan ketika kondisi pilek tidak kunjung sembuh.

4. Orang tua bisa menggunakan kapas yang sebelumnya telah dibasahi menggunakan air hangat untuk membersihkan hidung dari cairan atau lender yang mengeras.

5. Cara lainnya adalah dengan menepuk punggung bayi secara perlahan untuk meringankan kerja sistem pernapasan bayi yang tersumbat.

Baca juga:
Bayi 1 Bulan Tidur Terus?
Cari Tahu Penyebab & Solusinya Disini

Masih menjadi pro dan kontra tentang manfaat vaporin untuk bayi 1 bulan,karena hakikatnya bayi yang usianya di bawah 1 tahun tidak dianjurkan oleh dokter untuk diberikan obat oles atau kapsul minum.