Usaha yang Menguntungkan di Desa yang Prospek Bisnisnya Oke

Tidak jauh berbeda dengan kota, desa juga sebenarnya memiliki banyak potensi untuk mendirikan peluang usaha yang menguntungkan. Malah, jika usaha tersebut terbilang unik dan belum ada sebelumnya, kemungkinannya untuk berhasil lebih besar. Apalagi, dengan teknologi masa kini yang canggih, usaha di desa pun dapat berkembang sangat pesat. Apabila Anda ingin mencoba usaha yang menguntungkan di desa, coba simak beberapa rekomendasi berikut ini.

Ide Usaha Offline yang Bisa Dilakukan di Desa

Ada dua cara untuk melakukan usaha di desa, yaitu dengan offline dan online. Usaha offline digunakan jika memang tidak ada akses ke jaringan online, dan usaha yang dilakukan pun umum di kalangan masyarakat. Antara lain:

  1. Usaha menjahit pakaian

Sandang, menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak pernah susut sampai sekarang, sehingga tidak heran jika toko pakaian meskipun makin bertebaran tapi tidak pernah sepi peminat.

Itulah mengapa bagi yang bisa menjahit pakaian, usaha ini pun tidak ada matinya. Terlebih zaman sekarang fashion tidak terbatas pada wanita, tetapi juga pria, anak-anak, orang tua, dan bahkan fashion untuk hewan peliharaan.

Apabila ingin mendirikan konveksi/usaha menjahit di desa, ada baiknya Anda membuat gebrakan. Misalnya seperti menelurkan pakaian dengan gaya yang fashionable ala-ala masyarakat kekinian, misalnya gamis yariah, busana korea, jaket komunitas, kostum buat anak2. Dengan begitu, warga desa yang tidak bisa selalu ke pusat perbelanjaan modern pun akan tertarik ke tempat Anda.

  1. Usaha kuliner dan makanan ringan

Selain sandang, pangan juga adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa dilepas. Inilah mengapa jika ingin melakukan usaha yang menguntungkan di desa, berbisnis kuliner pun masih sangat direkomendasikan untuk Anda.

Untuk bisnis ini, Anda bisa berbisnis dari yang bermodal sedikit sampai besar, tergantung kemampuan. Yang penting, kuliner tersebut memiliki cita rasa yang enak dan harga yang wajar di kalangan masyarakat desa.

Pilihan lain adalah anda bisa menitipkan cemilan yang anda buat di warung tetangga, tentunya dengan bagi hasil sesuai kesepakatan Cari di internet tentang cemilan atau makanan ringan yang enak murah jarga 1000 atau 2000an.

Ide Usaha Offline yang Bisa Dilakukan di Desa

  1. Usaha mebel dan konstruksi

Di desa, jasa pembuatan dan perbaikan mebel sangat dibutuhkan. Misalnya seperti kursi, meja, lemari, buffet, dan lain sebagainya. Untuk menggaet anak muda desa, Anda bisa menciptakan furniture yang simple minimalis, sedangkan untuk menarik warga dewasa, Anda dapat menciptakan mabel dengan desain klasik. Lebih baik lagi jika Anda bisa memenuhi pesanan sesuai model dari pelanggan.

furniture unik

bisnis meja unik

  1. Jasa desain dan cetak

Harus diakui jika jasa cetak banner, poster, undangan, kaos, dan sejenisnya masih tidak begitu banyak di desa-desa. Padahal kebutuhan semacam itu juga selalu ada sehingga jika ada yang membuka usaha desain dan cetak, biasanya selalu ramai. Dengan strategi promosi yang tepat, enis usaha ini lebih dari cukup ntuk bikin dapur ngebul.

Ide Usaha Online yang Bisa Dilakukan di Desa

Era digital kini mulai menggema. Beragam marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee kin sudah tak asing di telinga. Meskianda berdomisili di desa, hal itu tidak menutup peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari bisnis internet. Ynag perlu anda butuhkan adalah HP/Tablet atau Komputer yang mempunyai koneksi internet.

Ide Usaha Online yang Bisa Dilakukan di Desa

  1. Menjual produk desa secara online

Apabila Anda menguasai teknologi dan di desa Anda terdapat jaringan internet, mengapa tidak menyebarkan produk desa Anda secara online. Anda bisa menawarkan produk makanan, kerajinan tangan, dan lain-lain ke sosial media maupun marketplace. Dengan begitu usaha di desa Anda bisa merambah ke tempat yang lebih luas.

  1. Desainer dan pengelola website

Untuk menjadi desainer dan pengelola website memang tidak perlu sampai tinggal di kota. Mendekam di dalam rumah pun Anda bisa menciptakan produk selama ada computer dan jaringan internet. Apalagi jika desa Anda adalah desa wisata, untuk promosi wisata pasti butuh website dan pengelolaan yang baik.

  1. Content writer

Penulis konten juga bisa melakukannya di rumah asalkan ada PC dan jaringan internet. Jadi, meskipun Anda tinggal di desa, usaha yang satu ini masih bisa dilakukan oleh Anda. Hrganya bervariasi dari yang 10 ribuan per artikel hingga 50 ribu. Baca juga: Cara Riset Produk untuk Jualan Online