Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Penyebab Mimisan Pada Anak dan Cara Mujarab Mengobatinya

Penyebab Mimisan Pada Anak memang cukup membuat kita sebagai orang cukup khawatir. Namun perlu anda ketahui bahwa mimisan adalah salah satu kasus medis yang sering terjadi pada anak dan tak sedikit kaum dewasa juga sering mengalaminya.


cara untuk mimisan

Anda sebagai orang tua tidak perlu panik dan khawatir akan hal tersebut, karena hal ini memang cukup sering terjadi pada anak usia dini. Akan tetapi jika mimisan pada anak 2 tahun memiliki frekuensi yang cukup sering, hal ini perlu sekali untuk anda waspadai, karena bisa jadi hal ini memang harus segera ditanyakan ke pihak medis yang lebih mengetahuinya.

Penyebab Mimisan Pada Anak

Sebenarnya penyebab mimisan tiba tiba pada anak ini terjadi karena pecahnya pembuluh daerah di sekitar wajah atau didalam hidung yang sering dikenal dengan istilah Plexus Kieselbach. Kasus yang satu ini juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor tertentu baik dari luar maupun juga dari dalam.

Mimisan ini juga sering terjadi pada mereka yang memiliki selaput darah pada bagian hidung yang cukup tipis, maka akan sangat rentan sekali terjadi mimisan. Ada beberapa penyebab mimisan terjadi pada anak dan apakah mimisan pada anak berbahayakah? untuk mengetahui lebih lengkapnya sebaiknya langsung saja kita simak beberapa penyebab mimisan pada anak dibawah ini.

Penyebab Mimisan Pada Anak

  1. Alergi

Penyebab Mimisan Pada Anak alergiAnak-anak memang rentan sekali dengan berbagai alergi, seperti bersin-bersin. Faktor inilah yang sering terjadi dan menyebabkan terjadinya mimisan. Apabila si kecil alergi terhadap debu ataupun benda-benda lain, sebaiknya anda lebih baik menjauhkan anak anda dari benda-benda yang membuat dia alergi.

  1. Polusi Udara

Penyebab Mimisan Pada Anak Polusi udaraSelanjutnya adalah polusi udara. Saat ini banyak sekali jenis polusi udara yang sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat di tanah air. Dimana kondisi udara kotor ini pastinya sering kali dihirup oleh anak anda, seperti jenis asap rokok, asap pabrik dekat rumah, kendaraan bermotor dan lainnya yang dapat membuat iritasi pada selaput lendir didalam hidung yang memang cukup tipis untuk usia anak-anak, sehingga mereka sangat rentan sekali mimisan.

  1. Infeksi

Penyebab Mimisan Pada Anak InfeksiInfeksi juga dapat menjadi penyebab anak sering mimisan. Seperti disebabkan karena adanya benturan pada area hidung yang cukup keras sehingga terjadi luka yang kelamaan menjadi infeksi. Hal ini juga dapat memicu terjadi mimisan pada anak atau karena sinusitis.

  1. Perubahan Suhu Udara

Penyebab Mimisan Pada Anak perubahan musim cuaca pancarobaDisamping itu perubahan suhu udara juga patut kalian waspadai, karena hal ini juga dapat memicu terjadi mimisan pada anak kita. Perubahan suhu udara ini mampu memecahkan pembuluh darah di sekitar hidung. Seperti ketika si kecil bermain di luar pada saat cuaca panas terik kemudian ia masuk ke dalam ruangan ber-AC. Otomatis hal ini dapat memicu terjadi mimisan.

  1. Udara Kering

Penyebab Mimisan Pada Anak udara keringUdara memang menjadi salah satu faktor yang cukup kuat untuk membuat si buah hati kita mimisan. Apalagi dengan faktor udara kering yang dapat membuat hidung menjadi kering karena mampu menyebabkan bagian sektrum kering dan rentan terjadi mimisan.

πŸ“‹ Recommended  Bintik Merah pada Kulit : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

Mimisan pada anak usia dini memang terlihat mengerikan buat kita sebagai orang tua. Akan tetapi kalian tidak perlu khawatir karena kalian dapat menanggulanginya dengan beberapa cara seperti di bawah ini.

  • Pertama kalian tidak usah panik, tetap tenang dan jangan sampai buat si kecil menjadi panik.
  • Ajak anak untuk duduk santai di kursi dengan posisi tegak atau mungkin anda dapat memangku anak anda dengan posisi kepala sedikit menunduk.
  • Pencet secara perlahan bagian hidung anak dengan menggunakan tisu atau lap yang bersih. Tekan selama 10 menit.
  • Perintahkan anak untuk bernafas melalui mulut selama hidung di pencet`
  • Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mimisan
  • Jangan tidur dengan posisi terlentang, bersandar apalagi dengan posisi kepala menengadah ke atas. Karena dengan posisi tersebut sangatlah beresiko terjadi sesak nafas akibat aliran darah yang masuk ke tenggorokan.
  • Menggoyang atau menggosok bagian hidung setelah mimisan berhenti. Hal ini dapat memicu terjadi mimisan lagi.
πŸ“‹ Recommended  Gejala Kanker Serviks Stadium Awal yang Wajib Bunda Ketahui

Jika cara mengatasi mimisan pada anak seperti diatas sudah kalian lakukan selama dua kali, namun mimisan tersebut tak kunjung reda, sebaiknya anda sebagai orang langsung saja membawanya ke UGD untuk di periksa.

Nah itulah beberapa penyebab anak sering mimisan dan juga tips cara mengatasinya yang mungkin dapat kalian lakukan ketika anak anda mengalami mimisan. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda semua. Cukup sekian dari kami dan terima kasih.

✰ advertisement ✰