Cara Menenangkan Pikiran dan Hati Gelisah dengan Cepat

Pikiran dan hati memang terkadang rapuh dalam menghadapi berbagai macam permasalahan hidup. Entah karena pertengkaran, pekerjaan, pengkhianatan atau kekecewaan karena kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan.

advertisement

Problems ini ternyata bisa diatasi dengan mengetahui beberapa cara menenangkan pikiran dan hatiyang efektif. Melakukan hal tersebut juga bisa membantumu mengurangi stres hingga mencegah depresi.

cara menenangkan pikiran dan hati

Berikut beberapa cara menenangkan pikiran dan hati

  1. Sharing / Bercerita ke Orang Terdekat

Jangan pernah memendam sebuah masalah sendiri jika memang tidak sanggup untuk mengembannya seorang diri. Berbagi kisahlah dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga, pacar atau teman untuk mengurangi beban yang ada pada diri. Berbagi kisah juga akan mengurangi rasa tertekan dalam hati serta rasa ingin menyalahkan diri sendiri.

Dengan bercerita pikiran hati akan semakin terbuka untuk menerima masukan-masukan dari orang yang mendengar masalahmu. Merasa masalah terlalu berat? Coba kunjungi psikiater atau psikolog untuk melakukan semacam terapi akan traumatis yang mungkin terjadi karena masalah yang sedang dihadapi. Penanganan yang cepat dan tepat akan membuat psikologis penderita menjadi pulih dengan cepat.

advertisement
  1. Memperbanyak ibadah

Sudah menjadi fitrahnya bahwa manusia tidak bisa lepas dari Tuhan sebagai sang penciptanya. Hal inilah yang mungkin menjadi sebab mengapa pikiran dan hati menjadi sering rapuh bahkan galau. Sering-seringlah melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Perbanyak berbuat baik untuk sesama, seperti menyumbang sedikit harta untuk anak yatim atau orang yang kurang mampu. Ikut serta dalam penggalangan dana korban bencana dan juga beberapa kegiatan positif lainnya yang mungkin bisa membantumu untuk melupakan kesedihan yang sedang dirasakan. Ibadah bisa menjadi solusi yang mudah sebagai cara menangkan hati dan pikiran.

  1. Menyendiri

Sebagian orang memang merasa kurang nyaman jika harus berinteraksi dengan orang lain, apalagi dalam keadaan yang sedang lemah. Ada saran lain yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran dan hati yang sedang rapuh. Menyendirilah dari keramaian dan cobalah berbicara pada diri sendiri sebenarnya apa yang sedang dirisaukan dalam hati dan permasalahan apa yang sedang dihadapi.

Diamlah beberapa saat di sudut kamar tidur dan menangislah sepuas hati. Kemudian kembalilah pada dirimu ketika terasa sudah lebih baik. Menyendiri memang terbukti dalam hal menyembuhkan luka dalam hati serta pikiran yang sedang kacau. Apalagi jika sedang mendapatkan masalah dengan teman dekat bahkan keluarga.

advertisement

cara menenangkan pikiran dan hati

  1. Menulislah

Bercerita tidak harus membutuhkan lawan bicara, kamu hanya perlu menyiapkan secarik kertas dan bolpoin di sana. Curahkan semua kekesalan dalam hati dan luapkan segala kemarahan dalam diri melalui tulisan. Remas kertas yang berisi masalah tersebut kemudian buanglah ke tempat sampah. Hal ini diharapkan mampu mengurangi rasa sakit dan sesak dalam pikiran.

Membuang kertas yang berisi masalah melambangkan membuang masalah yang menghantui itu sendiri. Meremas kertas melambangkan pelampiasan terhadap beberapa kekecewaan yang sedang dirasakan.

ads
  1. Dengarkan musik

Mendengarkan musik memang cenderung mendramatisir sebuah keadaan, namun hal ini juga efektif untuk menenangkan pikiran dan hati yang sedang kacau. Pilihlah musik yang berisi ajakan bersemangat dengan lirik-lirik positif di dalamnya. Dengarkan alunan nada yang mengalun landai dengan perpaduan musik yang menenangkan menggunakan headset.

Tutup mata dan resapi setiap dentuman musik atau bahkan lirik yang berisi semangat. Secara tidak langsung kamu sudah mendapatkan motivasi melalui lagu yang sedang didengarkan tersebut. Lakukan kegiatan ini sebelum tidur untuk hasil yang lebih maksimal. Mendengarkan lagu bisa menjadi cara menenangkan pikiran sebelum tidur.

cara menenangkan pikiran dan hati

  1. Berolahraga / Latihan Fisik

Berolahraga memang merupakan salah satu cara mencintai diri sendiri. Sedang memiliki banyak masalah lebih baik tetap menyayangi diri dengan berlari kecil setiap pagi atau sekedar mengikuti kelas senam zumba seminggu sekalinya.

Efek yang ditimbulkan dari olah raga yang rutin ini adalah rasa bahagia dan semangat yang natural tumbuh dalam diri. Terapi diri menggunakan olah raga ini juga akan meningkatkan kebugaran tubuh serta memperlancar konsentrasi dalam segala hal. Bangunlah lebih pagi dan sekedar berjalan-jalan sembari menghirup udara yang belum tercemar.

The problem is not the problem.
The problem is your attitude, your react about the problem.

Baca juga: Cara Mengembangkan Potensi Diri, Bakat dan Kreativitas

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan sebagai cara menenangkan pikiran dan hati. Kegiatan yang hanya membutuhkan sebuah tekad dan konsistensi tanpa tuntutan biaya yang berlebihan.

advertisement