Pantangan Makanan Bagi Qori Qoriah demi Menjaga Suara Tetap Bagus

Pantangan makanan bagi Qori dan Qoriah memang sebaiknya dijalankan demi menjaga kesehatan pita suara. Qori sendiri merupakan istilah yang diberikan para orang laki-laki yang membaca Al-Quran sedangkan Qoriah merupakan istilah yang diberikan pada pembaca perempuan.

Disamping karena bakat dari Allah, perlu ikhtiar juga merawat karunia tersebut. Untuk menghasilkan suara yang tetap bagus, maka salah satunya dengan menjaga asupan makanan dan minuman. Berikut ini beberapa daftarnya.

Daftar pantangan makanan bagi Qori dan Qoriah

Beberapa makanan yang harus dijauhi Qori dan Qoriah antara lain seperti:

  1. Makanan yang terlalu panas

Makanan dan minuman jenis apapun yang bersuhu tinggi atau terlalu panas berpotensi merusak pita suara, apalagi jika masuk ke dalam kerongkongan. Sebelum melewati kerongkongan, makanan/ minuman panas tersebut akan menuju ke faring dan saat suhu tenggorokan naik, maka dapat memicu radang yang dapat menyebabkan disfungsi pada pita suara. Suara bisa jadi serak atau bahkan hilang.

pantangan makanan bagi qori pria muslim

  1. Makanan berminyak/ gorengan

Sudah jadi rahasia umum bahwa makanan yang terlalu berminyak seperti gorengan dan semacamnya dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Akibatnya makanan berminyak dapat membuat tenggorokan jadi terasa kurang nyaman dan serak, bahkan hilang. Belum lagi terlalu banyak makan gorengan dapat memicu sakit batuk.

  1. Makanan pedas

Qori dan Qoriah juga sebaiknya menghindari atau jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas. Alasannya sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, makanan pedas ini dapat meningkatkan suhu di tenggorokan. Kalau suhu tenggorokan meningkat maka bisa membuat disfungsi pada pita suara.

  1. Minuman dingin/ air es

Minuman yang terlalu dingin seperti air es ternyata juga berpotensi merusak pita suara. Sama halnya dengan makanan/ minuman yang panas. Jika suhu tenggorokan menurun maka kemungkinan besar pita suara akan mengeras lalu kehilangan elastisitas. Akibatnya jika dibiarkan akan membuat pita suara akan terdengar fals saat membacakan Al-Quran.

  1. Makanan dan minuman berkafein dan beralkohol

Pantangan makanan untuk Qori selanjutnya adalah yang mengandung kafein atau alkohol. Kafein dan alkohol sendiri tak hanya bisa ditemukan di minuman, namun juga makanan. Kafein dan alkohol bisa menyebabkan tubuh jadi kekurangan cairan atau dehidrasi. Akibatnya pita suara jadi berkurang elastisitasnya.

  1. Makanan berlemak

Tidak hanya goreng-gorengan, namun makanan yang terlalu berlemak misalnya makanan yang mengandung santan juga dapat membuat suara jadi serak. Kadar lemak yang tinggi dapat mengiritasi pita suara yang ada.

larangan dan pantangan makanan bagi qori gadis muslim muslimah

Selain pantangan-pantangan di atas, Qori dan Qoriah juga sebaiknya menghindari beberapa jenis buah yang terlalu banyak getahnya atau yang terlalu berserat. Contohnya seperti nanas, salak dan pisang. Lalu hindari juga makanan yang terlalu asin sebab garam bisa menyerap cairan dan membuat tubuh jadi hidrasi sehingga elastisitas pita suara jadi berkurang.

Tips menjaga suara tetap bagus

Agar suara tetap bagus terdengar, selain melakukan beberapa pantangan makanan di atas maka masih ada beberapa tips yang dapat dijalankan, antara lain:

  • Biasakan minum air putih. Air putih yang diminum yang sudah matang dengan suhu sedang (tidak terlalu panas/ dingin).
  • Minum air jahe yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dan air putih. Ini merupakan campuran makanan yang membuat suara bagus apalagi kalau ditambah dengan madu misalnya jeruk nipis + madu.
  • Mengonsumsi kuning telur ayam kampung atau angsa. Bisa mentah atau telur rebus setengah matang. Dapat dicampur pula dengan madu asli.
  • Hindari merokok karena merokok jelas dapat merusak pita suara dari berbagai kandungan bahan-bahan kimianya.
  • Melatih mental, dengan sering berbicara di depan umum atau orang banyak. Karena bagaimanapun skill dan bakat yang dipunyai, jika sedang gugup maka perform tidak akan maksimal.

Baca juga:
Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil yang Hipertensi dan Preeklampsia

Tentunya melakukan pantangan makanan bagi Qori ini harus diimbangi dengan pola hidup sehat, misalnya jangan terlalu sering begadang dan cukupi asupan gizi seimbang. Semoga Bermanfaat !