Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Mengobati Cantengan Tanpa Operasi secara Alami dan Ampuh di Rumah

Mengobati cantengan tanpa operasi bisa dilakukan di rumah, khususnya jika cantengan tak terlalu parah. Kuku cantengan bisa terjadi pada siapa saja, penyebabnya ada banyak misalnya saja memotong kuku terlalu pendek sehingga kuku jadi tumbuh menusuk ke dalam kulit/ daging.


Selain itu, menggunakan sepatu yang terlalu sempit, kuku yang terinjak atau terjepit serta kurangnya merawat kebersihan kuku juga bisa jadi penyebabnya. Apapun alasannya, Anda bisa coba beberapa cara penanganan berikut ini.

mengobati cantengan tanpa operasi, pantangan makanan cantengan

Gejala kuku mengalami cantengan

Sebelumnya ketahui dulu beberapa gejala kuku mengalami cantengan, seperti:

  • Sebelum muncul bengkak akan timbul rasa nyeri
  • Di bagian permukaan kulit cantengan mulai memerah
  • Muncul bengkak kemudian bernanah
  • Biasanya disertai rasa sumeng atau badan terasa hangat
  • Rasa nyeri berdenyut ketika tidur malam
  • Permukaan kulit cantengan terasa lebih hangat

Untuk mengatasi gejala tersebut bisa dilakukan beberapa pengobatan. Mengenai pantangan makanan cantengan sendiri tidak ada kecuali jika Anda punya alergi atau diabetes. Hanya saja perbanyak mengonsumsi makanan tinggi protein untuk mempercepat proses penyembuhan.

πŸ”—  Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah pada Anak dan Dewasa

Cara mengobati cantengan tanpa operasi dokter

Berikut ini beberapa cara pengobatan kuku cantengan tanpa perlu operasi, yaitu:

  1. Rendam dalam air hangat

Pengobatan pertama yaitu merendam kuku kaki atau tangan yang terkena cantengan di dalam baskon berisi air hangat yang ditambah dengan sedikit garam.

Garam memiliki kandungan yang dapat melawan bakteri penyebab cantengan serta membantu meringankan rasa nyeri yang ada, khususnya rasa sakit akibat bengkak di sela kuku. Cukup rendam kaki atau tangan selama 10-15 menit.

  1. Menggunakan cuka apel

Cara mengobati cantengan selanjutnya yaitu menggunakan cuka apel. Cobalah mencampurkan ΒΌ cangkir cuka apel ke dalam air hangat untuk merendam kuku kaki selama kurang lebih 20 menit.

Banyak para ahli yang meyakini bahwa cuka apel ini mampu bekerja sebagai anti-radang, anti-nyeri dan anti-septik sehingga bisa membantu proses penyembuhan cantengan.

  1. Melunakkan kuku pakai tea tree oil

Cantengan pada umumnya terjadi akibat kuku keras dan tebal yang tumbuh ke dalam daging. Bagian kuku ini jadi susah untuk dikeluarkan karena terlalu keras.

πŸ”—  Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Cepat, Alami dan Cepat

Kuku ini sulit untuk dipotong karena mudah menembus kulit lunak. Anda bisa memakai tea tree oil untuk melunakkan kuku yang keras dan tebal tersebut. Minyak tea tree ini juga berguna sebagai anti-jamur.

  1. Campuran bawang merah dan minyak kelapa

Campurkan bawang merah serta minyak kelapa lalu setelah itu bisa dioleskan ke bagian kuku yang sakit akibat cantengan. Kombinasi bahan ini bisa menjadi ramuan herbal ampuh untuk mengatasi rasa nyeri berdenyut akibat cantengan. Dapat pula diaplikasikan pada anak atau balita saat tidur malam karena bahannya alami sehingga mereka bisa tidur dengan pulas.

  1. Menggunakan kapas kecil

Kapas kecil bisa digunakan dengan cara ditempatkan di antara kuku dan kulit jari untuk memberi jarak antara kuku dan kulit yang kena infeksi. Anda bisa merendam kapas tersebut dengan cairan antiseptik sebelum diselipkan.

πŸ”—  Makanan 4 Sehat 5 Sempurna, Jenis & Manfaatnya

Selingi juga dengan merendam kuku kaki atau tangan dengan air hangat dicampur garam untuk mengurangi rasa sakit. Cara ini dapat mempermudah Anda memotong kuku yang tembus ke dalam daging.

Baca juga:
Pantangan Makanan 40 Hari Setelah Melahirkan

Itulah beberapa metode dan cara mengobati cantengan tanpa perlu operasi. Jika sudah muncul gejala cantengan maka sebaiknya harus segera diobati karena jika dibiarkan dapat berdampak buruk karena bisa menginfeksi tulang di bawahnya dan memicu infeksi tulang yang serius. Kalau cantengan tak kunjung sembuh langsung cek ke dokter.

✰ advertisement ✰