19 Manfaat Puasa Weton untuk Diri Sendiri dan Suami/Pacar


Tags: puasa weton, manfaat puasa weton d

Bagi sebagian masyarakat Jawa yang masih kental unsur kejawennya, manfaat puasa weton bukanlah sesuatu yang asing.  Mereka bahkan meyakini bahwa puasa ini bisa mendatangkan hal baik jika dilakukan dengan niat dan tata cara yang benar serta rutin.

Sesuai dengan namanya, puasa weton dilakukan pada hari lahir. Weton sendiri memiliki pengertian gabungan dari hari dan pasaran lahir. Hari yang dimaksud Senin, Selasa, Rabu, hingga Minggu. Sedangkan pasaran lahir adalah Pon, Wage, Kliwon, Legi, dll.

Berpuasa tepat di hari weton disinyalir bisa mendatangkan beragam khasiat buat kehidupan, dari material hingga spiritual. Khususnya dalam hal kebatinan dan hubungan dengan roh-roh leluhur.

Puasa ini bisa dilakukan untuk diri sendiri dan orang lain, termasuk pasangan dan anak. Selain itu, saum hari lahir ini juga ada niat dan tata caranya tersendiri.

Ini 7 manfaat puasa weton untuk diri sendiri

Khasiat saum hari lahir ini dikaitkan dengan banyak hal. Mulai dari kemakmuran, kesehatan, hingga kebatinan. Selengkapnya bisa dibaca dalam penjelasan di bawah ini:

manfaat puasa weton untuk diri sendiri

Meningkatkan kepekaan batin

Ketika seseorang berpuasa di hari lahir secara rutin dan bersungguh-sungguh, orang tersebut akan memiliki kepekaan yang berbeda dari manusia normal.

Orang ini akan jauh lebih mampu merasakan makhluk yang ada di muka bumi melalui rasa. Rasa ini tak hanya berlaku untuk manusia di sekitar, bisa jadi untuk hal-hal gaib yang tak terlihat. Tak hanya itu, batin orang tersebut juga jadi lebih kuat dan tak mudah goyah.

Meningkatkan kesehatan tubuh

Manfaat puasa weton sangat terkait dengan kesehatan tubuh, khususnya organ pencernaan. Puasa ini dilakukan dengan cara makan sahur dan buka seperti puasa senin kamis, daud, dan Ramadhan. Jenis-jenis puasa yang memang sudah terbukti secara islam dan ilmiah bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Membuat mental jadi lebih kuat

Puasa hari lahir jelas bisa membuat mental seseorang jadi jauh lebih kuat. Kenapa demikian?

Sama halnya dengan berpuasa sunah dalam islam atau berpuasa mutih dalam ilmu kejawen, berpuasa di hari lahir ini membuat seseorang harus menahan mental, emosi, dan yang lainnya. Sehingga pada saat berpuasa bisa tetap tenang dan penuh rasa syukur.

Mampu menahan diri dengan baik

Berpuasa selalu bisa membuat seseorang punya kemampuan pertahanan diri yang baik. Dengan berpuasa, keinginan untuk makan dan marah secara berlebihan bisa ditahan. Ini adalah salah satu kemampuan pertahanan dari godaan setan yang harus dipelajari dan dikembangkan.

Sebagai proteksi atas kesialan

Siapa yang mau sial? Tentu semua tidak mau. Dengan berpuasa pada hari weton, Anda bisa terhindar dari kesialan yang mungkin sedang mengancam. Jiwa dan raga bisa terus terjaga.

Mengeratkan hubungan dengan roh leluhur

Sebagaimana disebutkan di atas, salah satu manfaat puasa weton adalah untuk meningkatkan kebatinan atau rasa peka terhadap alam sekitar. Salah satu kepekaan yang tidak bisa dihindari dan datang secara tiba-tiba adalah peka terhadap roh leluhur.

Jika sudah begini, maka biasanya akan terbentuk keterikatan sendiri antara sukma Anda dan roh leluhur. Meski saat hidup Anda belum pernah melihat mereka secara langsung. Dengan niat yang tulus dan hanya karena Allah, Anda mungkin bisa mencapai di titik ini, yakni mengenal dan dekat dengan roh leluhur.

Terkabulnya semua hajat

Dengan sering berpuasa karena Allah, Anda bisa jauh lebih memahami isyarat yang diberikan oleh Allah dan dekat kepada-Nya. Biasanya, semua hajat akan mudah dikabulkan asalkan diminta dengan sungguh-sungguh dan niat yang baik.

Itulah 7 manfaat berpuasa di hari weton untuk diri sendiri. Manfaat ketujuh sebenarnya sangat global karena setiap manusia punya hajat berbeda-beda.

8 Manfaat puasa hari lahir untuk pasangan (suami/istri/pacar)

mnfaat puasa weton ari lahir untuk pasangan suami istri pacar

Sesuai dengan namanya, puasa weton untuk pasangan ini dilakukan pada hari lahir pasangan. Boleh suami, istri, atau pacar. Sebagian besar manfaatnya adalah untuk pengasihan. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  1. Membentuk pribadi yang penuh kasih.
  2. Memancarkan daya tarik buat pasangan.
  3. Proteksi atas guncangan yang ada dalam rumah tangga.
  4. Memancarkan kecantikan dari dalam (inner beauty).
  5. Agar pasangan lebih perhatian.
  6. Membuat tampilan terlihat lebih awet muda dan bercahaya.
  7. Membuat hubungan lebih harmonis, adem ayem, dan terhindar dari kesalahpahaman.
  8. Lebih banyak bersyukur, menerima satu sama lain dan mau legowo menerima kekurangan.

Manfaat puasa weton untuk anak

manfaat puasa weton untuk anak

Anda bisa niat berpuasa untuk anak di hari lahir mereka. Manfaatnya sangat beragam, berikut di antaranya:

  1. Menjaga anak supaya jauh dari kesialan.
  2. Jadi anak yang sholih dan sholihah.
  3. Jadi anak yang berbakti dan manut pada orang tua.
  4. Agar hajat baik untuk anak bisa dikabulkan oleh Tuhan.

Niat dan tata cara puasa weton

Puasa ini terdiri dari 3 jenis, yaitu puasa sehari penuh, puasa ngebleng (3 hari berturut-turut), dan saum ngebleng yang diulangi sampai 7 kali tanpa terputus. Bagaimana niat dan tata caranya?

Niat puasa weton

Niat berpuasa weton biasanya menggunakan bahasa jawa yang isinya adalah berpuasa di hari lahir (sesuai jenis yang dilakukan) dengan menyebutkan hajatnya apa. Berikut salah satu contohnya:

Niat ingsun pasa ing dina kelahiran tanpa mangan tanpa ngombe kangge … (sebutkan hajat) kerono Allah ta’ala.

Anda juga bisa berniat dalam bahasa indonesia, contohnya:

Aku niat berpuasa pada hari kelahiran untuk mendapatkan … (sebutkan hajat) karena Allah Ta’ala.

Tata cara puasa weton

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan saat berpuasa weton:

  1. Sahur dan berbuka seperti biasa. Seperti pada saat berpuasa Ramadhan atau berpuasa sunah lainnya.
  2. Puasa dimulai ketika adzan shubuh berkumandang dan berbuka ketika adzan maghrib sudah berkumandang (seperti berpuasa pada umumnya).
  3. Sebelum masuk waktu shubuh, sholat-lah dua raka’at.
  4. Jagalah wudlu sepanjang hari. Jika batal, berwudlu-lah lagi.
  5. Jika masa berpuasa sudah selesai jangan lupa bersyukur karena sudah berhasil menyelesaikan tirakat puasa weton di hari tersebut. Berdoalah dengan sungguh-sungguh mengenai hajat yang ingin dicapai.
  6. Siapkan jajanan pasar tujuh rupa ketika buka puasa.
  7. Siapkan bubur merah dan putih saat berbuka puasa.
  8. Mandilah menggunakan kembang setaman atau kembang tujuh rupa dengan cara mengguyur ujung kepala hingga kaki secara menyeluruh.
  9. Khusus buat puasa weton untuk pasangan (suami/istri/pacar), ada beberapa tata cara yang berbeda:
  10. Puasa 3 hari ngebleng. Sahur dan buka masing-masing hanya satu kali.
  11. Puasa 24 jam tanpa henti.

Saat berpuasa weton untuk pasangan, sangat disarankan untuk melakukan keramas dulu sebelumnya disertai niat dan doa, minta kekuatan dan tuntunan dari Tuhan.

Selain itu, selama berpuasa juga tidak disarankan untuk berhubungan suami dan istri dulu untuk menjaga puasa agar tetap murni.

Kesimpulan:

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat puasa weton  yang bisa dirasakan untuk diri sendiri, pasangan, anak, dan orang tua. Kita harus selalu yakin dan percaya pada Tuhan atas kuasa-Nya untuk mengabulkan doa dari orang yang memohon dengan bersungguh-sungguh.

Meski terlihat simpel, puasa hari lahir ini butuh perjuangan yang keras. Tidak seperti kelihatannya, puasa ini butuh persiapan yang cukup matang karena merupakan bentuk tirakat dari manusia kepada Tuhannya agar hajatnya terkabul. Intinya, jalanilah dengan ikhlas dan hanya karena Tuhan.