Jenis Penyakit Kulit Menular yang Disebabkan oleh Jamur

Waspada, inilah jenis penyakit kulit yang harus diketahui. Penyakit kulit bisa jadi masalah yang sangat mengganggu, ya, baik dari segi penampilan juga kenyamanan diri. Selain itu, penyakit kulit juga kebanyakan bisa menular pada orang lain. Kalau sudah begini, bisa-bisa orang-orang akan menjauh lantaran penyakit kulit yang diderita.

Nah, berikut beberapa jenis penyakit kulit mulai dari yang disebabkan jamur, penyakit kulit yang menular, sampai eksim. Bagaimana tanda-tandanya? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

jenis penyakit kulit karena jamur, eksim dan yang menular

Penyakit Kulit Jamur

Ada beberapa penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, antara lain panu. Ini dipicu oleh infeksi jamur  Malassezia Furfur yang ditandai dengan muncul bercak putih, cokelat atau pink. Panu biasanya muncul di area tubuh tertentu seperi punggung, leher, dada, juga wajah. Jangan dianggap sepele, karena panu bisa memicu gatal jika sedang berkeringat. Segera ditangani, ya!

Berikutnya setelah panu adalah kurap. Penyakit kulit ini disebabkan oleh jamur Dermatophytes yang menyebabkan rasa gatal. Sebagai catatan, jangan garuk kurap sembarangan karena hal itu justru akan membuat kurap semakin melebar.

Jenis penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh jamur antara lain Jock Itch, yakni infeksi yang muncul di paha bagian dalam atau sekitar kelamin. Ada juga Athlete’s Foot yaitu kurap yang muncul di sela-sela jari kaki. Yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang adalah jerawat, yang kerap muncul di wajah.

Jenis Penyakit Kulit yang Menular

Ada pula beberapa penyakit kulit yang menular dan harus diwaspadai. Misalnya saja Herpes Simplek. Ciri penyakit ini adalah muncul luka lepuh di kulit, biasanya di sekitar mulut atau alat kelamin. Penularannya bisa terjadi dengan berciuman, berbagi sikat gigi dan alat makan, serta aktivitas yang bisa menyebabkan cairan dari mulut penderita masuk ke tubuh orang lain.

Jenis penyakit kulit yang menular selanjutnya adalah cacar air. Penyakit ini ditandai dengan ruam yang gatal yang bisa muncul di sekujur tubuh. Bintik ini nantinya akan berubah menjadi luka lepuh yang kecil-kecil. Penularan cacar air pun sangat mudah. Virus akan menyebar dengan sentuhan antara kulit dan kulit, dari lendir atau ludah penderita, juga melalui butiran udara ketika penderita batuk atau bersin.

Berikutnya adalah kudis. Penyakit kulit ini disebabkan oleh tungau kecil Sarcoptes Scabei. Biasanya, kudis muncul di sela-sela jari, pinggang atau pusar, lutut dan bokong. Kudis mudah sekali menular, seperti melalui kontak fisik antar kulit, melalui pakaian, handuk, atau sabun yang dipakai bersama dengan penderita. Karena itu, jika ada yang menderita kudis, maka anggota keluarga yang lain juga harus dilakukan penanganan supaya penularan tidak menyebar.

Penyakit Kulit Eksim

Selanjutnya, jenis penyakit kulit yang patut diwaspadai adalah eksim. Ini merupakan kondisi kulit karena peradangan yang membuat kulit terasa gatal, kering dan merah, juga pecah-pecah dan kasar. Penyakit ini bisa menyerang bagian tubuh manapun.

Adapun tanda dan gejala eksim yang bisa diidentifikasi antara lain adalah bagian kulit yang kering dan gatal akan menebal secara kronis. Umumnya, ini terjadi di tangan, wajah, kaki, dan juga leher. Untuk anak-anak, penyakit ini biasanya menyerang lipatan siku dan lutut. Eksim bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti asma, masalah pada mata, dermatitis kontak alergi, infeksi kulit dan sebagainya.

Apa penyebab penyakit kulit ini? Seperti dipaparkan tadi, eksim disebabkan karena adanya peradangan. Hal-hal lain yang bisa menjadi penyebab atau memperparah kondisinya adalah stres, panas dan keringat, iklim yang kering dan dingin, kulit kering, juga kontak dengan zat iritan.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Jika sudah terkena eksim, tentu harus membawa diri ke dokter untuk pengobatan dan terapi. Namun, ada pula cara untuk mengatasi jenis penyakit kulit yang satu ini di rumah, seperti dengan menggunakan obat alergi, mengolesi krim anti gatal, melembapkan kulit setidaknya dua kali sehari.

Mengompres area dengan air dingin juga dianjurkan, namun mandilah dengan air hangat. Atasi stres dan berpakaian dengan bahan dingin dan lembut juga bisa meringankan eksim. Itulah paparan mengenai jenis penyakit kulit yang harus diketahui. Semoga bermanfaat!