Pantangan Makanan Batu Empedu agar Proses Recovery Lebih Mudah

Pantangan makanan batu empedu sebaiknya dijalankan untuk mencegah rasa sakit yang berkaitan dengan gejala penyakit ini. Batu empedu sendiri merupakan batuan kecil yang asalnya dari kolesterol dan terbentuk di saluran empedu manusia.

Sebagian besar penderita batu empedu terkadang tidak merasakan gejala apapun, namun ada juga yang merasakan rasa sakit cukup parah seperti rasa nyeri kolik yang bisa bertahan dalam hitungan jam.

Ukuran dari batu empedu sendiri bermacam-macam dengan jumlah bervariasi. Satu orang bisa memiliki hanya satu buah batu, tapi ada juga yang banyak. Batu empedu ini terjadi karena pengarasan kolesterol yang tertimbun cairan empedu. Itulah sebabnya pola atau asupan makanan harus dijaga khususnya hindari makanan berkolesterol tinggi.

pantangan makanan batu empedu

Apa saja pantangan makanan batu empedu?

  1. Makanan gorengan

Makanan yang digoreng seperti gorengan memang terasa enak, namun justru makanan ini mengandung banyak sekali lemak jenuh serta kolesterol tinggi. Lemak dan kolesterol ini dapat memperburuk rasa sakit akibat batu empedu.

Itulah sebabnya hindari mengonsumsi makanan gorengan apalagi makanan yang dimasak dengan lemak hewani, margarin, serta minyak sayur padat. Lebih baik masak sendiri dengan minyak zaitun atau canola yang lebih rendah lemak.

  1. Telur

Telur mengandung banyak sekali kolesterol sehingga dokter pun sering menganjurkan penderita batu empedu untuk menghindari atau mengurangi konsumsi telur.

Kolesterol tinggi pada telur kemungkinan besar dapat memicu alergi makanan sekaligus memperparah kondisi kantong empedu. Konsumsi telur sendiri menyebabkan serangan kantong empedu dalam prosentasi tinggi khususnya pada orang yang punya alergi.

  1. Makanan olahan

Makanan olahan ataupun makanan yang dikemas seringkali mengandung asam lemak trans yang bisa menginduksi gejala batu empedu. Hal tersebut juga ditulis dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center.

Daripada mengonsumsi produk olahan dan kemasan, ganti dengan perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Buah penghancur batu empedu yang baik antara lain seperti stroberi, jeruk dan pepaya yang mengandung vitamin C.

larangan dan pantangan makanan batu empedu 2

  1. Daging berlemak

Daging yang mengandung lemak tinggi bisa membuat iritasi pada batu empedu sehingga memperparah keluhan. Akan lebih baik cari alternatif lain dengan daging tanpa lemak berprotein tinggi seperti daging ayam, ikan air dingin dan daging ayam kalkun. Lalu cara pengolahannya pun juga perlu diperhatikan, yaitu selalu buang kulit dan lemak yang menempel pada daging tersebut.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  1. Makanan dari bahan halus

Penderita batu empedu sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan-makanan yang terbuat dari berbagai bahan halus. Contohnya seperti pasta, roti putih, gila rafinasi, beras putih dan tepung halus yang dikonversi jadi lemak tersimpan dan kemungkinan besar dapat meningkatkan kolesterol. Makanan yang baik adalah makanan yang tidak dimurnikan misalnya beras merah, pasta gandum dan roti gandum.

  1. Susu berlemak tinggi

Terakhir yaitu produk susu berlemak tinggi serta olahannya seperti es krim, keju, yoghurt, asam krim dengan lemak hewani tinggi dan krim kental. Makanan-makanan ini sebaiknya dihindari penderita batu empedu karena bisa memicu komplikasi pada kantong empedu.

Baca juga:
Pantangan Makanan Bagi Qori Qoriah demi Menjaga Suara Tetap Bagus

Selain menjalankan pantangan di atas, Anda juga bisa menggunakan obat penghancur batu empedu di apotik tentunya dengan resep dokter. Contoh salah satu obatnya yaitu obat asam ursodeoksikolat untuk mengatasi batu empedu berukuran kecil yang tak mengandung kalsium. Ini jenis obat yang bisa melarutkan batu empedu meski harus diminum secara teratur dalam jangka waktu lama. Itulah beberapa jenis pantangan makanan batu empedu yang dapat dicatat. Semoga bermanfaat.