Pantangan Makanan Radang Empedu dan Obat yang Dijual di Apotik

Apa sajapantangan makanan radang empedu? Radang empedu atau kolesistisis adalah peradangan pada kantung empedu karena penyumbatan yang terjadi di saluran empedu.

Selain disebabkan oleh penyumbatan saluran empedu, kolesistisis bisa juga disebabkan oleh malnutrisi berat, diabetes, sepsis, luka bakar bahkan AIDS. Berikut pantangan makanan yang harus dipatuhi oleh penderita radang empedu.

Inilah 8 pantangan makanan radang empedu

  1. Makanan yang digoreng

Penderita radang empedu dianjurkan untuk mengurangi atau menghindari konsumsi makanan yang digoreng karena kandungan lemak jenuhnya tidak baik untuk penderita radang empedu.

Makanan berlemak umumnya memerlukan waktu lebih lama untuk bisa dicerna oleh tubuh dan bila kadarnya terlalu banyak di tubuh maka akan menyebabkan banyak penyakit seperti hipertensi, dan stroke.

pantangan makanan radang empedu (obat radang empedu di apotik, berapa lamai infeksi empedu sembuh)

  1. Daging merah

Baik daging sapi, daging kambing, daging babi maupun daging domba, semuanya merupakan pantangan makanan bagi penderita radang empedu.Karena lemak yang terdapat di daging merah bisa menyebabkan iritasi serta memperburuk radang empedu.

  1. Penderita Infeksi Empedu Pantang Makan Kuning telur

Bila rajin mengonsumsi telur ayam setiap hari, maka mulailah untuk menyisihkan kuning telurnya. Mengonsumsi kuning telur bisa meningkatkan kadar kolesterol. Selain itu, kuning telur juga bisa memicu reaksi alergi.

  1. Susu tinggi lemak

Susu merupakan minuman dengan tinggi protein dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tubuh kita, tapi untuk beberapa orang dengan kondisi tertentu, minum susu tinggi lemak setiap hari bisa berakibat buruk. Termasuk bagi penderita radang empedu.

Di pasaran dijual banyak produk susu seperti keju, es krim dan yoghurt. Sebelum beli perhatikan terlebih dahulu labelnya agar jangan sampai mengonsumsi produk olahan susu tinggi lemak.

  1. Makanan olahan

Ada banyak makanan olahan yang menjadi alternatif makanan masa kini seperti nugget, ham, kornet, sosis bahkan beef burger. Tapi sayangnya semua makanan olahan tersebut termasuk makanan yang tidak diperkenakan untuk dikonsumsi penderita radang empedu.

  1. Makanan Bersantan

Para penderita radang empedu, setiap hari diwajibkan untuk mengatur pola makanan dan membuat daftar menu makanan untuk penderita batu empedu supaya kondisinya tidak memburuk. Salah satu makanan yang dilarang dikonsumsi penderita batu empedu atau radang empedu adalah makanan bersantan.

  1. Udang dan Cumi-Cumi

Jika sebelumnya bisa mengonsumsi udang, cumi-cumi dan makanan lautnya dengan bebas, setelah memiliki radang empedu, konsumsi makanan tersebut tidak lagi dianjurkan karena dapat membuat radang semakin parah.

  1. Kacang-kacangan

Makanan untuk penderita radang empedu adalah makanan yang kaya serat dan rendah lemak seperti buah-buahan dan sayuran. Sedangkan kacang-kacangan tidak termasuk makanan yang bagus untuk penderita radang empedu.

Tentang radang empedu dan obat radang empedu di apotik

Radang dan infeksi pada kantong empedu bisa mempengaruhi fungsi organ tubuh sehingga tidak dapat berjalan dengan normal.

Berapa lama infeksi empedu sembuh? Infeksi atau radang empedu ringan bisa diatasi dalam jangka waktu pendek, sedangkan untuk radang empedu yang sudah parah, pasien harus ditangani selama beberapa hari untuk mengeluarkan kantong empedu.

Pemberian antibiotik dianjurkan oleh tubuh guna mengatasi infeksi kandung empedu, di antaranya ada sefadroksil dan sefotaksim. Sedangkan untuk mengatasi rasa nyeri, penderita dapat membeli asetaminofen, asam mefenamat, ibuprofen serta tramadol di apotik terdekat.

Baca juga:
Pantangan Makanan Encok, Menghindari Endapan Asam di Persendian

Itulah informasi mengenai pantangan makanan radang empedudan obat apotek yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat dari radang empedu yang serius. Supaya radang empedu tidak kambuh maka mulai pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan kaya serat, sayur dan buah maupun gandum utuh.