Bayi 0 Bulan Tidur Miring Apakah Diperbolehkan? Berbahayakah?

Mungkin Anda pernah melihat bayi 0 bulan tidur miring atau mungkin buah hati Anda sendiri di rumah. Bayi baru lahir membutuhkan perhatian ekstra ketat oleh orang tua, bahkan di saat bayi sedang tidur. Hal ini karena posisi dan gerakan tidur pada bayi terkadang bisa membahayakan sang buah hati.

Apakah boleh bayi 0 bulan tidur miring?

Sebenarnya bayi baru lahir dalam posisi miring dan keadaan terbangun tidak begitu masalah. Bahkan kadang orang tua sengaja memposisikan bayi dalam keadaan miring karena kondisi tertentu.

Akan tetapi, bayi tidur miring ke kiri terus atau ke kanan terus menerus dalam waktu lama jelas akan beresiko dan membahayakan sang buah hati. Hal ini bisa menyebabkan beberapa macam bahaya seperti di bawah ini.

Bahaya bayi baru lahir tidur miring terus menerus

Ada beberapa macam bahaya yang bisa terjadi ketika bayi dibiarkan tidur terus dalam posisi miring seperti:

  1. Sindrom kematian bayi mendadak

Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau sindrom kematian bayi mendadak adalah kematian bayi secara tidak terduga dan mendadak. Kondisi ini umumnya terjadi saat orang tua dan bayi tidur.

Salah satu penyebabnya karena bayi tidur miring dalam waktu lama tanpa pengawasan orang tua. Bayi tidur miring kemudian bergerak dan akhirnya jatuh tengkurap. Otot leher bayi yang belum kuat dan posisi tengkurap akan menekan nafas bayi hingga bisa menyebabkan kematian.

bayi 0 bulan tidur miring

  1. Gangguan pada saluran pernafasan

Membiarkan bayi dalam posisi miring bisa beresiko menyebabkan buah hati mengalami gangguan pada saluran pernafasan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bayi dalam keadaan posisi miring dapat jatuh ke depan kemudian masuk dalam posisi telungkup.

Saat bayi baru lahir jelas belum bisa mengangkat kepalanya sehingga bisa menyebabkan bayi susah bernafas, karena mulut dan hidung menempel pada bantal atau tempat tidur.

Posisi bayi 0 bulan yang tepat saat tidur

Gambar posisi tidur bayi yang benar untuk usia 0 bulan atau baru lahir sebaiknya adalah telentang. Jadi, ibu sebaiknya jangan membiarkan bayi tidur tengkurap atau miring. Saat bayi tidur telentang maka semua organ bayi akan bekerja baik dan tidak ada yang terhalang khususnya bagian saluran nafas.

Berbeda jika bayi baru lahir tidur tengkurap atau miring karena bisa beresiko kematian. Itulah sebabnya para orang tua sebaiknya sesekali mengawasi bayi saat mereka tidur apalagi di malam hari. Misalnya bunda mengawasi/menyusi sampai jam 2 pagi, kemudian bergantian dengan suami yang jaga dari jam 2 pagi s/d subuh.

Selain posisi tidur bayi, orang tua sebaiknya juga menyiapkan tempat tidur yang nyaman. Anda dapat mengondisikan tempat tidur bayi senyaman mungkin dengan bantal dan guling yang ditempatkan secara benar.


πŸ“Œ Rekomendasi Artikel
βž₯ Efek Samping Cream Rose di Wajah

βž₯ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Baca juga:Β Bayi 0 Bulan Sering Cegukan?Β 

Jangan terlalu banyak menempatkan benda-benda ke dalam box bayi, seperti boneka. Hal ini karena boneka berukuran besar bisa beresiko jatuh dan menutupi wajah bayi tanpa ada pengawasan orang tua, membuat mereka jadi susah bernafas. Inilah informasi tentang posisi bayi 0 bulan tidur miring, perhatikan catatan di atas agar buah hati tetap sehat.