Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dalam 1 Hari Secara Alami

Cara menghilangkan panu di wajah dapat dilakukan dengan berbagai bahan alami. Panu yang memiliki nama medis Tinea Versicolor ini merupakan salah satu penyakit kulit dimana pertumbuhan jamur menjadi penyebabnya.


Ciri-ciri kehadiran panu adalah munculnya bercak putih, coklat atau merah pada kulit dan disertai dengan gatal yang amat sangat. Sayangnya panu sering muncul tak kenal tempat. Wajah pun kerap kali menjadi sasaran pertumbuhan panu yang tentu saja sangat mengganggu penampilan.

Penyebab Munculnya Panu

Panu akan terasa lebih gatal ketika penderitanya sedang berkeringat. Karena saat tersebut merupakan waktu dimana jamur dan bakteri semakin banyak berkembangbiak.

cara menghilangkan panu di wajah laki laki

Jenis jamur yang menyebabkan penyakit panu adalah jamur malassezia. Jamur ini dapat tumbuh dan berkembang tak terkendali apabila kondisi mendukung, beberapa faktor yang menjadi penyebab pertumbuhan panu menjadi sulit dikendalikan antara lain.

  • Berusia remaja atau beranjak dewasa muda
  • Sedang mengalami peralihan dan perubahan hormon dalam tubuh
  • Memproduksi keringat berlebih
  • Memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang sangat rendah
  • Memiliki jenis kulit berminyak
  • Bertempat tinggal di Kawasan bersuhu panas atau memiliki tingkat kelembaban tinggi

Wajah menjadi salah satu area kulit yang sering kali berkeringat. Untuk itu, panu sering muncul di area kulit ini

cara menghilangkan panu di wajah perempuan

Cara Menghilangkan Panu di Wajah Secara Efektif

Di apotek atau toko-toko obat bahkan warung kelontong banyak yang menyediakan obat panu. Sebenarnya obat panu di wajah sama dengan panu di bagian lain. Namun untuk hasil maksimal mengobati panu dapat dilakukan secara alami dengan beberapa bahan berikut.

  • Minyak kelapa

Melalui sejumlah penelitian, minyak kelapa merupakan bahan alami yang mampu meningkatkan resistensi terhadap bakteri, virus dan jamur. Karena sifat alami inilah minyak kelapa mampu secara efektif membasmi pertumbuhan jamur yang menyebabkan panu di wajah. Cara penggunaannya sangat mudah yakni tinggal oleskan saja minyak kelapa murni pada area kulit yang terserang panu lalu diamkan sampai kering.

  • Yogurt

Selain baik untuk dikonsumsi, yogurt juga ternyata dapat diaplikaskan sebagai obat oanu yang sangat efektif. Di dalam yogurt terkandung beberapa nutrisi seperti vitamin B12, protein, kalsium, vitamin B6 dan riboflavin. Nutrisi tersebut mampu menhentikan pertumbuhan jamur penyebab panu. Aplikasikan yogurt tawar pada area panu wajah kemudian diamkan selama 30 menit. setelah itu, bilas dengan air hangat hingga bersih.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Tak hanya itu, jeruk nipis juga mengandung antioksidan dari flavonoid di dalamnya. Zat ini mampu menghalau radikal bebas dan sebagai anti-jamur dan bakteri yang efektif. Supaya panu dapat teratasi dengan lebih sempurna, aplikasikan jeruk nipis dengan kombinasi belerang.

baca :  Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami & Bekasnya Dengan Cepat

Belerang memiliki kandungan senyawa yang mampu membasmi jamur, kuman dan bakteri penyebab jerwat, panu dan lainnya. cukup campurkan 1 sdm belerang yang telah ditumbuk halus dengan 1 sdm air perasan jeruk nipis. Campur keduanya sampai menjadi krim lalu aplikasikan pada panu dan diamkan hingga kering baru dibilas menggunakan air hangat.

cara menghilangkan panu di wajah wanita

  • Kunyit

Obat panu yang banyak tersedia di toko obat banyak dikeluhkan karena menimbulkan bekas setelah pengobatannya. Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang mampu mengobati panu tanpa menimbulkan bekas.

Kandungan kurkumin dan anti-oksidan pada kunyit mampu menghentikan pergerakan jamur penyebab panu. Cara menghilangkan panu di wajah tanpa bekas sangat mudah yakni haluskan 2 ruas kunyit kemudian gunakan sebagai masker pada kulit yang terkena panu lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dnegan air hangat.

  • Bawang putih

Bawang putih merupakans alah satu jenis bumbu dapur yang hampir selalu ada di setiap masakan. Namun, bawang putih ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai obat panu alami yang handal dalam membasmi jamur penyebab panu. Hal ini karena bawang putih mengandung allicin yang berguna sebagai zat anti-bakteri antif.

Cara pengobatan panu dengan bawang putih dapat dilakukan dengan enggosokan bawang putih yang telah dibelah dua pada area panu lalu diamkan selama 10 menit. lakukan treatment ini dua kali dalam sehari secara rutin. Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengatasi panu yang muncul di kulit bayi atau balita secara efektif.

  • Belimbing wuluh

Belimbing wuluh tak hanya menjadi lalapan yang menyegarkan karena rasa asamnya yang pekat. Kandungan belimbing wuluh seperti sulfur, saponin, asam format, glukosid, tannin dan kalium membuatnya sangat ampuh membasmi jamur penyebab panu.

baca :  7 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata yang Efektif

Sediakan sebuah belimbing wuluh lalu potong menjadi 3 atau 4 bagian. Gunakan potongan-potongan tersebut untuk mengusap panu selama kurang lebih 5 menit. Biarkan mengering dengan sendirinya.

  • Lengkuas

Banyak orang tua yang mengeluhkan kemunculan panu di area wajah putra atau putri mereka. Hal ini bisa saja terjadi karena pertumbuhan jamur penyebab panu yang disebabkan oleh keringat. Tak perlu cemas karena lengkuas dapat dijadikan sebagai pembasmi panu alami pada anak-anak.

Cara menghilangkan panu di wajah pada anak dengan lengkuas dangatlah mudah yakni dengan menyiapkan seruas lengkuas segar lalu potong menjadi beberapa irisan. Gunakan irisan-irisan tersebut untuk mengusap panu yang terdapat di area wajah buah hati. Lakukan langkah ini setiap kali sehabis mandi. Panu di wajah anak pun akan segera hilang.

  • Madu

Madu juga dapat diaplikasikan sebagai obat panu alami yang sangat efektif bagi anak-anak. Tinggal aplikasikan saja madu murni yang benar-benar merupakan hasil panen petani madu pada area kulit yang terkena panu secara rutin. Aplikasikan setidaknya 3 kali dalam sehari dan temukan segera manfaatnya.

Bagi yang mengalami masalah kulit yang sangat mengganggu yakni panu apalagi di wajah, segera lakukan cara meghilangkan panu di wajah yang telah dijelaskan di atas. Setelah bebas dari masalah panu yang dapat menyerang siapa saja, maka penampilan akan menjadi lebih percaya diri.