Cara Membasmi Rayap Pemakan Perabotan Kayu yang Efektif

Perabotan atau furnitur kayu sudah sering dijadikan sebagai alat untuk mempercantik kondisi rumah. Perabotan ini dipilih karena memiliki nilai estetika tersendiri dan juga terbilang awet dan kuat jika dijaga dan dirawat dengan baik. Akan tetapi, perabotan kayu tetap saja memiliki musuh alami yang tidak bisa dihindari berupa serangga bernama rayap.

Jika rayap dibiarkan merajalela, serangga ini akan merusak seluruh perabotan hingga tidak bisa digunakan lagi. Sebelum berkembang dan semakin merusak, rayap harus segera dibasmi.

Membasmi rayap menggunakan bahan kimia memang cepat akan tetapi jika terus bergantung pada obat-obatan kimia karena beresiko bagi kesehatan. Oleh karena itu, cara alami lebih disarankan. Adapun beberapa caranya adalah sebagai berikut.

cara membasmi rayap

Lakukan Penjemuran Perabot Kayu Secara Rutin

Cara membasmi rayap secara alami yang pertama adalah dengan melakukan penjemuran perabot kayu dengan rutin dengan waktu yang cukup. Penjemuran harus dilakukan untuk menghindari terjadinya kelembaban karena rayap suka dengan tempat-tempat yang lembab.

Sengatan dari sinar matahari bisa menjadi siksaan bagi serangga tersebut. Jika perabotan tidak memungkinan untuk digeser/angkat, usahakan angan tidak lembab. Jangan menunggu rayap muncul dan mulai bersarang.

Gunakan Air Cucian Beras

Jangan buru-buru membuang air cucian beras yang akan ditanak. Tidak perlu keluar uang banyak karena air cucian beras ternyata memiliki manfaat yang sangat besar dalam membasmi rayap.

Dari pada membuang air cucian beras begitu saja, ada baiknya air tersebut dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam sebuah botol semprotan. Semprotkan air tersebut ke tempat yang terserang rayap. Perlahan-lahan rayap akan berkurang.

Basmi Rayap Menggunakan Daun Salam dan Kemangi

Bagi sebagian besar masyaraka Indonesia, baik daun dalam maupun kemangi sering digunakan sebagai daun penyedap makanan. Aromanya mampu menggugah selera dan menambah cita rasa.

Selain cocok sebagai penyedap, aroma dari daun salam dan kemangi bisa juga digunakan sebagai cara membasmi rayap dengan alami dan khasiatnya sangatlah efektif.

Tidak perlu pusing menggunakan daun salam dan kemangi untuk membasmi rayap. Cukup letakkan daun-daunan tersebut di perabotan kayu di dalam rumah. Sekali pun diletakkan di dalam lemari, bau dari daun salam dan kemangi tidak akan membuat pakaian menjadi bau.

Bau daun salam justru akan membuat rayap tidak berani mendekat. Dengan menggunakan daun-daunan ini tidak ada efek samping negatif yang ditimbulkan.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Cara Membasmi Rayap Menggunakan Rendaman Tembakau

Tembakau dikenal sebagai bahan utama pembuat rokok. Ternyata, tembakau juga memiliki manfaat positif lain dan berguna sebagai salah satu cara membasmi rayap yang suka menyerbu perabotan kayu. Namun tembakau perlu direndam dalam air terlebih dahulu sebelum digunakan untuk membasmi.

Perendaman ini bertujuan untuk mengeluarkan sari pati yang terkandung dalam tembakau. Setelah direndam, air tersebut bisa disiramkan atau di semprotkan ke daerah yang diserang rayap.

Cara Membasmi Rayap Menngunakan Garam Dapur

Garam bukan hanya berfungsi untuk memberi rasa pada makanan saja. Garam juga dikenal bisa menghalau berbagai macam binatang berbahaya, termasuk di antaranya rayap. Cukup taburkan garam di sekitar sarang rayap dan bberapa saat kemudian serangga itu akan menjauh.

Jika ingin mendapatkan manfaat yang lebih efektif, garam juga bisa dicampurkan dengan air rendaman tembakau. Semprotkan campuran air tersebut ke tempat persembunyiannya atau perabot yang mulai digerogoti.

Cara membasmi rayap pada dasarnya sangat mudah. Selama lingkungan terjaga dengan baik, rayap-rayap tidak akan berani datang kembali. Selalu bersihkan lingkungan sekitar rumah dengan baik dan benar. Jangan biarkan kelembaban di dalam rumah melebihi kadar yang seharusnya karena akan mengundang kembali serangga tersebut.