Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Mengatasi Lidah Pahit dengan Bahan-bahan Alami tapi Manjur

Cara mengatasi lidah pahit ada berbagai macam dan patut untuk dicoba. Mulut terasa getir atau pahit sering dialami oleh orang yang sedang menderita sakit. Kondisi ini justru membuat kondisi kesehatan semakin menurun karena nafsu makan menjadi sangat berkurang.


cara mengatasi lidah yang pahit, tips menghilangkan bau mulut tak sedap

Dengan kata lain, justru membuat proses penyembuhan menjadi terhambat. Terdapat ribuan neuron sensorik yang ada pada permukaan lidah yang menyampaikan sinyal ke otak mengenai rasa yang sedang dicicipi termasuk rasa pahit.

Hal-hal yang dapat menjadi penyebab lidah terasa pahit

Ternyata penyebab lidah terasa pahit tidak hanya karena seseorang tersebut sedang sakit. Ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan timbulkan rasa pahit di permukaan lidah sehingga membuat apa saja yang dimakan juga akan terasa pahit, penyebab tersebut antara lain:

cara mengatasi lidah pahit

  • ­Hormon tidak seimbang

Hormon juga dapat mengalami ketidak seimbangan khususnya bagi para wanita. ketika dalam masa haid atau menstruasi, biasanya terjadi peningkatan atau penurunan hormon estrogen. Perubahan kondisi hormon ini dapat membawa perubahan pada mulut yakni menjadi terasa sangat pahit.

  • Kekurangan vitamin B12 dan zinc

Penyebab kedua yang menyebabkan rasa pahit di dalam mulut adalah kekurangan vitamin B12 dan zinc. Kedua zat nutrisi ini memegang peran penting bagi tubuh.

Selain membuat lidah terasa sangat pahit, kekurangan kedua jenis nutrisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut tak sedap. Inilah mengapa banyak orang yang ingin cepat-cepat menghilangkan rasa pahit di lidah karena kondisi keduanya yang kerap bersamaan.

  • Terjadi infeksi pada gigi atau mulut

Infeksi pada gigi dan mulut seperti radang gusi, gigi berlubang atau sariawan berlebihan juga dapat menjadi pemicu terjadinya lidah terasa pahit. Hal ini dikarenakan akumulasi bakteri yang banyak karena kurang terjaganya kebersihan mulut dan gigi.

  • Mengkonsumsi obat-obatan

Banyak orang yang mengalami lidah pahit karena mengkonsumsi obat-obatan. Banyak jenis obat yang dapat menimbulkan rasa pahit di mulut seperti obat tidur, obat diabetes, anti biotic, obat anti kanker, suplemen vitamin D, obat tiroid dan masih banyak lagi.

  • Menghirup suatu zat

Inhalasi atau menghirup suatu jenis zat juga dapat membuat mulut terasa sangat pahit. Yang paling terjadi adalah kebiasaan merokok yang membuat mulut terasa sangat pahit dan asam. Hal ini karena rokok menghasilkan bensin, debu karet serta benzene yang menumpuk jadi zat logam di dalam mulut.

📋 Recommended  Menu Diet Mayo, Mampu Menurunkan Berat Badan Hingga 7kg

Mudahnya cara mengatasi lidah pahit dengan bahan alami

Setelah mengetahui beberapa penyebab lidah yang terasa pahit di atas, saatnya untuk mengetahui beberapa cara untuk mengatasinya. Beberapa cara tersebut antara lain:

  • Mengkonsumsi jeruk

Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang jika dikonsumsi dapat meningkatkan produksi air liur. Air liur sangat berguna untuk mengaliri mulut serta menghilangkan rasa pahit yang membuat nafsu makan semakin menurun. Anda dapat mengkonsumsi langsung buah jeruk atau meminum jus jeruk dengan tambahan sedikit gula.

  • Banyak minum air putih

Cara mengatasi mulut pahit dan mual yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Suhu yang sangat disarankan adalah hangat suam kuku.

Telah diketahui bahwa kebutuhan cair putih pada manusia secara normal adalah 8 gelas per harinya. Untuk itu, konsumsi lah air putih (hangat lebih baik) sebanyak 8 hingga 10 gelas per hari.

  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Kebersihan gigi dan mulut sangat perlu dijaga untuk membebaskan mulut dari rasa pahit yang membuat tidak nyaman. Gosoklah gigi minimal dua kali dalam sehari yakni sehabis sarapan di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

📋 Recommended  Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami Agar Tak Gatal

Setelah gosok gigi, lanjutkan dengan berkumur menggunakan cairan pencuci mulut serta membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus. Langkah-langkah ini mampu mencegah pertambahan bakteri dan kuman dalam mulut.

  • Menghindari makanan pedas dan gorengan

Rasa pahit di dalam mulut juga dapat disebabkan oleh masalah pada pencernaan atau GERD. Penyakit asam lambung / Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan keadaan yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Oleh karenanya, untuk mengatasi rasa pahit dalam mulut, terapkan kembali pola makan yang sehat.

Sebaiknya hindari makanan pedas dan yang mengandung minyak berlebih. Cara makannya juga harus diperhatikan yakni dengan porsi kecil-kecil dahulu jangan langsung porsi banyak.

  • Berkumur dengan larutan baking soda

Cara menghilangkan pahit dimulut juga dapat dilakukan dengan baking soda. Sikatlah gigi dengan campuran baking soda dan garam sebagai pengganti pasta gigi.

Kedua bahan ini dapat mencegah dan mengatasi infeksi gigi yang menjadi salah satu penyebab mulut terasa pahit.

Lidah yang terasa pahit menandakan banyak hal salah satunya adalah kondisi kesehatan yang sedang tidak baik. Dengan beberapa cara mengatasi lidah pahit di atas, masalah yang sering dialami wanita atau pria, tua maupun muda ini dapat disembuhkan dengan maksimal.

✰ advertisement ✰