Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Bayi Rewel di Malam Hari (Penyebab & Cara Penanganan yang Tepat)

Bayi rewel di malam hari banyak sekali dikeluhkan oleh para orang tua baru. Terlebih bagi bayi yang baru saja dilahirkan hingga masuk usia 1 sampai 2 bulan sering membuat orang tua khususnya sang ibu untuk begadang di malam hari. Banyak orang tua yang kebingungan hingga stress dalam mengatasi bayi yang justru rewel dengan tangisannya di waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat yakni di malam hari.


penyebab bayi rewel

Apa yang Menjadi Penyebab Bayi Rewel di Malam Hari

Sudah menjadi hal yang wajar tentunya bagi seorang bayi untuk menangis. Hal ini karena menangis adalah satu-satunya cara si bayi untuk mengutarakan apa yang ia rasakan. Selagi masih bayi, sepertinya tak ada yang melewatkan harinya tanpa menangis. Terlebih pada malam hari yang seakan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tuanya.

πŸ”—  Gejala Flu Singapura Pada Bayi dan Tindakan Awal Penanganan

bayi rewel di malam hari

Berikut ini beberapa penyebab bayi menangis tengah malam dan cara mengatasinya.

✰ ads ✰
  • Mengalami kolik

Penyebab yang pertama dan paling sering terjadi adalah bayi mengalami kolik. Kolik merupakan kondisi bayi yang dapat menangis secara intens khususnya pada malam hari. Kondisi ini biasanya terjadi pada bayi dalam rentang usia 1 sampai 6 minggu.

Kolik sering dianggap sebagai kondisi masuk angin atau gangguan pencernaan sang bayi. Namun tidaklah selalu demikian. Kondisi ini lebih dianggap sebagai hasil kelelahan sang bayi karena otaknya sangat sibuk bekerja. Bayangkan saja, setelah keluar dari Rahim ibunda bayi akan mulai mendengar, melihat dan mengenali berbagai hal. Kelelahan inilah yang sangat mungkin menyebabkan bayi rewel di tengah malam.

  • Popok basah

Penyebab buah hati yang masih bayi sering rewel di malam hari yang selanjutnya adalah karena mengompol dan popoknya menjadi basah. Kondisi popok basah tentu akan mengusik kenyamanan bayi dan membuatnya jadi sulit tidur serta rewel. Untuk itu, sebaiknya selalu cek kondisi popok supaya rewelnya tidak mengganggu istirahat malam.

πŸ”—  Usia Anak Tumbuh Gigi yang Ideal dan Beberapa Gejalanya

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

  • Merasa lapar

Bayi rewel dan susah tidur di malam hari juga sering terjadi karena sang bayi merasa lapar. Bayi membutuhkan asupan nutrisi dari makanan setiap beberapa jam sekali. Jika Ia merasa kelaparan, tangisan tentunya tak dapat dibendung. Untuk itu, lakukan pemberian asupan ASI setiap 3 jam sekali sebagai cara mengatasi buah hati yang masih bayi rewel di malam hari.

  • Merasa kesepian

Hal selanjutnya yang dapat menyebabkan bayi menangis dan cenderung rewel pada malam hari adalah merasa kesepian. Kebanyakan bayi akan menjadi satu-satunya orang yang masih terjaga pada tengah malam. Itulah mengapa si bayi akan merasa kesepian dan membutuhkan dampingan atau teman. Karena itulah menangis untuk membangunkan orang-orang di sekitarnya adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan. Memunculkan wajah dan mengajaknya berbicara mungkin menjadi cara mengatasi bayi rewel umur 1 bulan yang paling tepat untuk penyebab yang satu ini. Jadi Ia akan merasa ditemani dan diperhatikan.

  • Sangat ingin bergerak

Malam hari memang waktunya untuk istirahat sehingga intensitas menggendong sang bayi tentu akan jauh berbeda dibanding pada siang hari. Padahal bayi secara umum tetap menginginkan untuk merasakan hangatnya gendongan dan tidak hanya melulu berbaring.

πŸ”—  Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman

Bayi juga dapat merasa bosan dan menginginkan untuk bergerak lebih variatif. Untuk itu, pada malam hari ketika buah hati yang masih bayi rewel, cobalah untuk menggendong dan menimangnya. Maka bayi pun akan merasa senang dan lama kelamaan akan terlelap tidur.

Ternyata terdapat beberapa hal yang menyebabkan bayi rewel di malam hari yang tidak disangka-sangka selama ini. Untuk itu, lakukan beberapa cara untuk mengatasinya seperti yang dijelaskan di atas.

✰ advertisement ✰