Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Sakit Punggung Selama Kehamilan? Inilah Sebab dan Solusinya!

Sakit punggung selama kehamilan sudah menjadi hal yang biasanya. Ibu hamil memang sering sekali merasakan sakit pada daerah punggungnya. Hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan yang terjadi pada tubuhnya selama kehamilan.


hamil sakit punggung kata kata

Bukan hanya perubahan dalam bentuk tubuh saja, ibu hamil juga akan mengalami perubahan dalam produksi hormonnya. Namun, tak mungkin jika ibu hamil membiarkan punggungnya dalam keadaan sakit karena sakit punggungnya tetap bisa menganggu aktivitasnya.

Untuk itu, inilah beberapa cara mengatasi sakit punggung pada saat hamil.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Selama Kehamilan

1. Posisi Tubuh Harus Baik

Ibu hamil yang mengalami sakit punggung biasanya dikarenakan karena daya bebannya yang semakin lama semakin bertambah setiap harinya. Semakin bertambahnya berat bayi yang dikandungnya bisa menyebabkan punggung bumil sakit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan bumil untuk mengatasi sakit punggung adalah dengan memilih posisi yang baik. Misalnya, pada saat duduk, usahakan memilih kursi yang ada sandarannya dan gunakan bantal kecil sebagai sandaran untuk punggung anda. Kemudian, gunakan tempat pijakan kaki yang rendah, seperti meletakkan kaki anda pada jengkok kecil.Sakit punggung selama kehamilan

2. Memakai Pakaian Yang Nyaman Untuk Bumil

Pasti sudah banyak dari anda yang tahu bahwa pakaian yang nyaman dan aman untuk ibu hamil adalah pakaian yang longgar. Ternyata, pakaian yang tidak ketat tersebut tak hanya bisa memberikan kenyamanan pada bumil saja, tetapi pakaian yang longgar adalah salah satu cara mengatasi sakit punggung selama kehamilan.

Pakaian dan celana yang ketat akan membuat perut semakin tersiksa dan sesak sehingga punggung yang akan menjadi dampaknya. Untuk masalah sepatu juga wajib diperhatikan. Sebaiknya ibu hamil memilih sepatu flast shoes / hak rendah agar punggungnya tak gampang sakit gara-gara menopang perutnya yang semakin membesar ke depan.

3. Posisi Tidur Menyamping

Posisi tidur ibu hamil ternyata juga bisa dimasukkan dalam kategori mengatasi sakit punggung pada ibu hamil. Sakit beratnya beban yang dipikulnya, ibu hamil memang sering merasakan sakit pada punggungnya.

Agar sakit punggung tak menjadi momok buat bumil, usahakan posisi pada saat tidur menyamping. Kemudian, tak ada salahnya anda meletakkan bantal pada belakang punggung atau anda bisa mengempit bantal antara kedua lutut. Dengan begitu sakit punggung bumil akan sedikit teratasi.

4. Olahrahga Renang

Renang adalah salah satu olahraga yang baik untuk ibu hamil. Namun, biasanya ibu hamil yang diperbolehkan berenang adalah mereka yang telah terbiasa berenang atau ibu hamil yang kandungannya dalam keadaan sehat.

Manfaat Folamil Genio untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Ketika ibu hamil mau melakukan olahraga renang secara rutin, sakit punggung selama kehamilan akan teratasi karena renang bisa membuat punggungnya membaik. Jadi, kata siapa jika ibu hamil tak boleh renang? Semoga bermanfaat !

✰ advertisement ✰