Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Pertolongan Pertama pada Anak Demam

Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh menjadi lebih tinggi dari biasa. Demam bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Para orang tua harus segera melakukan pertolongan pertama pada anak demam  agar akibatnya tidak fatal. Terjadinya demam pada anak disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah karena virus.


pertolongan pertama pada anak demam, pertolongan pertama demam pada anak, pertolongan pertama untuk anak demam

Demam bisa juga terjadi karena cuaca yang ekstrem seperti saat kemarau. Demam biasa tidaklah berbahaya asalkan tidak sampai kejang dan dehidrasi. Demam pada anak yang disertai kejang dan dehidrasi  itulah yang perlu dikhawatirkan.

Pertolongan Pertama pada Anak Demam 2

Berikut adalah beberapa pertolongan pertama pada anak demam

  • Ukur suhu badan sang anak

Seorang anak bisa mengalami  demam tinggi dan bisa  pula demam biasa. Untuk mengetahui seberapa tinggi suhu tubuh sang anak, maka lakukan pengukuran suhu tubuh mereka dengan termometer.

  • Amatilah perilaku anak

Apabila suhu badan anak meningkat, namun ia masih tetap bisa bermain dan belajar, maka para orang tua tidak perlu khawatir. Mungkin itu kenaikan suhu badan yang disebabkan karena anak terlalu aktif bergerak.

  • Kompres dengan air hangat

Bila suhu anak meningkat, pertolongan pertama yang paling bisa dilakukan adalah dengan cara mengompres seluruh badan sang anak dengan air hangat.  Hindari mengompres dengan air dingin karena itu dapat membuat tubuh anak menggigil.

  • Pakaikan baju yang tipis

Disarankan untuk tidak memakaian pakaian tebal atau selimut apabila anak mengalami demam. Pemakaina selimut ataupun baju tebal dapat menyebabkan panas yang ada di badan sang anak tidak bebas keluar sehingga suhu tubuh anak akan semakin panas.

  • Pastikan anak tidak mengalami dehidrasi

Ketika anak sedang demam, biasanya tubuh mereka menjadi lemas. Hal itu menyebabkan rawan terjadi dehidrasi.  Berikan anak larutan gula, teh, atau air putih biasa agar anak tidak semakin lemas.

  • Nyalakan kipas angin

Ketika anak demam  namun tidak menggigil, nyalakanlah kipas angin. Adanya kipas angin dapat mengurangi hawa panas dalam ruangan.

  • Obat penurun demam

Bila panas anak sudah lumayan tinggi, silahkan beri obat penurun demam dan tunggulah beberapa waktu. Obat penurun demam memungkinkan suhu tubuh anak kembali normal

  • Penanganan dokter

Apabila segala usaha pertolongan pertama pada anak yang sedang demam telah diusahakan namun suhu badannya tak kunjung menurun, maka sebaiknya segera bawa sang anak ke dokter.

📋 Recommended  Mainan Bayi Usia 1-3 Tahun yang Edukatif Sekaligus Menyenangkan

Mengatasi Demam Pada Bayi

Demam yang dialami anak adalah hal yang biasa terjadi. Para orang tua harus jeli dan tidak boleh gegabah dalam mengambil tindakan saat sang buah hati mengalami demam. Selain tidak boleh panik, orang tua juga haru tanggap untuk sesegera mungkin melakukan pertolongan pertama pada anak demam.

✰ advertisement ✰