Pantangan Makanan Jantung Bocor bagi Semua Umur dan Gender

Jantung bocor merupakan suatu kondisi kelainan pada katup jantung dan terdapat lubang di sekat jantung. Mereka yang mengalami kondisi ini, kerap kali diminta untuk menjauhi pantangan makanan jantung bocor.

Tujuannya adalah agar kondisi jantung bocor tidak semakin memburuk hingga harus dioperasi dengan biaya yang tidak sedikit. Berikut daftar makanannya apa saja.

Perhatikan pantangan makanan jantung bocorberikut ini

  1. FastFood / Makanan cepat saji

Jenis makanan tidak sehat yang banyak disukai orang dan harganya cukup terjangkau seperti pizza, hamburger dan ayam goreng merupakan jenis makanan yang wajib dihindari penderita jantung bocor karena memiliki lemak jenuh yang tinggi.

Kombinasi antara lemak jenuh serta karbohidrat bagi penderita penyakit jantung bukanlah kombinasi yang sehat, jadi pastikan untuk menghindari makanan ini selama memiliki penyakit jantung.

pantangan makanan jantung bocor (apakah jantung bocor bisa sembuh, biaya operasi jantung bocor)

  1. Daging olahan

Kini banyak produsen sosis olahan siap makan yang digemari masyarakat. Padahal makanan ini memiliki kandungan lemak jenuh, pengawet dan garam.

Apabila 3 unsur tersebut dikombinasikan akan menjadi musuh besar bagi penderita jantung bocor. Enam potong daging olahan setidaknya mengandung ½ kebutuhan Natrium harian. Hindari kebiasaan buruk mengonsumsi makanan tersebut selama masa pengobatan atau penyembuhan.

  1. Pasien Jantung Bocor Hindari Makanan yang Digoreng

Ditemukan fakta menarik yang makanan yang digoreng seperti ayam goreng atau kentang goreng mampu meningkatkan risiko komplikasi pada penderita penyakit jantung. Dengan menggoreng makanan akan memunculkan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol jahat pada tubuh.

  1. Permen

Banyak anak-anak yang suka makan permen, tapi tidak sedikit juga orang dewasa yang menyukainya. Kandungan glukosa pada permen sangat tinggi yang bila dikonsumsi dalam dosis berlebihan bisa menyebabkan peradangan, diabetes dan obesitas yang mengawali gangguan kesehatan jantung.

Selain harus menghindari konsumsi permen, penderita jantung bocor juga harus menghindari konsumsi makanan manis lainnya seperti kue, biskuit, cokelat dan sereal dengan gula halus.

  1. Margarin

Banyak orang yang memiliki memakai margarin untuk memasak alih-alih menggunakan minyak goreng, padahal margarin pun mengandung lemak jahat. Jika masih belum bisa menghindari gorengan, usahakan untuk menggoreng makanan dengan memakai minyak zaitun yang lebih aman kandungannya.

  1. Pizza

Makanan ini mengadung karbohidrat, lemak trans dan garam serta pengawet yang cukup tinggi dari adonan tepung dan toppingnya.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Apabila ingin mengonsumsi pizza, upayakan untuk tidak memilih pizza dengan topping daging, entah itu irisan daging atau potongan sosis. Buat sendiri pizza sehat yang dibuat dengan irisan sayuran di atasnya dan saus tomat segar.

  1. Soda

Dari berbagai penelitian menyimpulkan jika mengonsumsi minuman bersoda akan membuat seseorang memiliki nafsu makan berlebihan akibatnya bisa mengalami obesitas.

Sedangkan berat badan berlebihan memicu risiko jantung bocor atau penyakit jantung lainnya. Oleh karena itu, hindari konsumsi minuman bersoda dan perbanyak minum air putih demi menjaga kondisi jantung bocor tidak semakin memburuk.

Proses penyembuhan jantung bocor

Sebenarnya masih menjadi perbincangan mengenai apakah jantung bocor bisa sembuh tanpa operasi?

Jantung manusia terdiri atas 4 katup yang tiap katupnya memiliki fungsi tersendiri. Jika jantung bocor, maka umumnya dokter akan menyarankan operasi.

Baca juga:
Pantangan Makanan Jantung Bengkak (KardioMegali)

Sebenarnya masih bisa diatasi tanpa operasi namun kondisi otot jantung tidak akan pernah pulih sepenuhnya. Sementara perkiraan itu biaya operasi jantung bocor sangatlah tinggi sekitar Rp 300 jutaan.

Itulah pantangan makanan jantung bocoryang wajib untuk dihindari. Usahakan agar tidak melanggar seluruh pantangan makanan tersebut supaya kondisi jantung semakin membaik sehingga tak perlu operasi.