Bayi 0 Bulan Sering Cegukan? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Bayi 0 bulan sering cegukan adalah hal yang wajar dan biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Cegukan terjadi saat terjadi kejang atau kontraksi yang kuat pada diafragma akibat stimulasi atau iritasi otot.

Contohnya karena bayi terlalu banyak meminum susu atau menelan banyak udara. Akibatnya terjadi distensi lambung sehingga mendorong diafragma yang menyebabkan kontraksi, alhasil terjadilah cegukan. Selain itu, bayi sering cegukan dan gumoh di tengah atau setelah menyusui, hal ini juga wajar.

bayi 0 bulan sering cegukan

Penyebab cegukan lainnya pada bayi

Selain penyebab di atas, bayi jadi cegukan karena refluks gastroesofagus yaitu kondisi yang bisa dialami ketika katup antara esophagus dan lambung pada bayi belum sempurna.

Fungsi katup ini yaitu mencegah makanan yang sudah masuk ke dalam lambung kembali naik ke esophagus. Umumnya kondisi ini dialami oleh bayi lahir prematur. Hal ini juga yang menyebabkan bayi cegukan dan sering gumoh.

Bayi bisa mengalami cegukan beberapa kali dalam sehari. Bahkan pada bayi yang baru lahir, cegukan dapat berlangsung selama kurang lebih 10 menit.

Kalau bayi tetap tenang, maka Anda tak perlu panik karena cegukan akan menghilang dengan sendirinya. Tapi ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan Anda untuk mengurangi cegukan seperti di bawah ini.

Ini cara mengatasi bayi 0 bulan sering cegukan

  1. Memastikan bayi tidak menelan udara terlalu banyak

Ketika ibu memberi ASI saat menyusui, maka bayi bisa menelan udara terlalu banyak yang menyebabkan cegukan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, maka ibu bisa memastikan agar bibir bayi terbuka lebar dan menutupi seluruh bagian areola saat Anda menyusui, jadi tidak hanya bagian puting.

Tanda kalau bayi mungkin menelan udara terlalu banyak terkadang terdengar suara tegukan yang terlalu cepat.

  1. Jangan memberi makan terlalu banyak

Makan terlalu banyak bisa menjadi penyebab cegukan. Hal ini karena perut menjadi terlalu penuh sehingga bisa memicu kejang pada otot diafragma.

Saat ibu sedang menyusui, maka Anda bisa membuat bayi bersendawa terlebih dahulu di tengah memberi ASI atau saat berganti payudara.

Lalu bayi cegukan bolehkah disusui? Saat bayi sudah terlanjut cegukan, maka sebaiknya tunda dahulu memberi makan atau minum bayi sampai cegukan berhenti sendiri.

  1. Jangan memberi makan saat posisi bayi berbaring

Ketika hendak menyusui sebaiknya bayi didudukkan di pangkuan Anda, lebih tepatnya pada sudut 30 sampai 45 derajat. Hal ini demi mencegah udara menetap di perut bayi. Setelah itu senderkan bayi pada tubuh Anda paling tidak selama 20 menit dan biarkan bayi duduk tegak sementara agar bayi dapat bersendewa dengan mudah.

Baca juga: Bayi 2 Minggu Pilek Tidak Kunjung Sembuh?

Itulah beberapa faktor penyebab serta cara mengatasi bayi 0 bulan sering cegukan. Cegukan pada bayi adalah wajar dan bisa hilang sendiri. Tapi jika cegukan tak kunjung hilang, maka silahkan langsung periksakan ke dokter.