Pantangan Makanan dan Minuman Saat Haid agar Tidak Nyeri Perut

Datang bulan atau haid bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di bagian perut seperti kram ataupun rasa pegal-pegal di bagian otot. Supaya mencegah rasa nyeri, kembung dan pegal-pegal tersebut bertambah parah, tentunya ada pantangan makanan dan minuman saat haid yang harus dijalani.

Berikut pantangan makanan dan minuman saat haid

Wanita yang sedang haid cenderung memiliki nafsu akan tertentu. Kadang merasa ingin makan terus meskipun sudah merasa kenyang dan hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon progesteron yang meningkat sehingga mendorong nafsu makan. Meski begitu ada beberapa makanan/ minuman yang harus dihindari seperti:

Pantangan Makanan dan Minuman Saat Haid

  1. Kafein

Ketika haid datang maka sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein. Kafein di dalam minuman seperti kopi dan teh atau makanan seperti cokelat dapat memicu rasa cemas, gelisah hingga insomnia/ sulit tidur.

Kafein juga terdapat pada minuman berenergi dan bersoda. Kandungan kafein di dalamnya dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga menyebabkan sakit maag dan rasa kurang nyaman di waktu haid.

  1. Alkohol

Minuman beralkohol ini bisa memperburuk gejala PMS (premenstrual syndrome) sehingga menyebabkan menurunnya kadar gula di dalam darah.

Wanita yang lagi haid pun jadi lebih cepat marah, lelah, sensitif dan gelisah hingga menyebabkan sakit kepala. Itulah sebabnya selama haid hindari minuman yang mengandung alkohol.

  1. Makanan manis

Ketika datang bulan, mengonsumsi makanan manis memang bisa membantu perubahan mood dan menstabilkan suasana hati. Akan tetapi, mengonsumsi makanan terlalu manis dalam jumlah banyak dapat mengganggu kadar gula darah alami yang ada di dalam tubuh. Makanya hindari makanan manis selama haid.

  1. Makanan berlemak tinggi

Makanan berlemak tinggi memang sebaiknya dihindari karena bisa memicu rasa kembung yang tidak nyaman, apalagi di waktu Anda haid. Makanan berlemak ini contohnya kue-kue kering dan biskuit, daging berlemak, daging asam, keju, sosis dan makanan bersantan.

  1. Gorengan

Buat yang hobi ngemil gorengan atau makanan yang mengandung banyak minyak maka sebaiknya hindari selama haid. Makanan gorengan dapat memicu peningkatan hormon estrogen dalam tubuh serta menyebabkan peradangan. Perut jadi terasa kram dan nyeri di bagian rahim.

Anda bisa ganti konsumsi gorengan dengan buah-buahan yang bernutrisi, contohnya buah semangka. Efek makan semangka saat haid terdapat pada kandungan gula alaminya yang bisa mengatasi pembengkakan yang sering dirasakan saat haid.

  1. Makanan bergaram tinggi

Hindari makan makanan yang mengandung garam tinggi ketika menjelang haid karena garam menyerap cairan di dalam tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi. Selain itu, garam dapat memicu rasa kembung di perut. Solusinya ganti makanan bergaram tinggi dengan makanan dengan kadar garam rendah.

  1. Susu dan olahannya

Produk susu dan olahannya jangan dikonsumsi selama haid meski biasanya susu mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Waktu haid, maka kandungan dalam susu dan produk olahannya bisa membuat rasa nyeri atau kram di rahim serta dapat memicu perut kembung dan diare. Maka dari itu, hindari minum susu atau makan es krim dan keju.

  1. Makanan fast food

Terakhir adalah makanan cepat saji/ fast food dan sudah jadi rahasia umum bahwa jenis makanan ini kurang baik untuk kesehatan khususnya saat haid. Konsumsi makanan cepat saji dapat mengganggu kelancaran haid dan terlebih lagi makanan ini berkalori dan berlemak tinggi.

Baca juga:
Pantangan Makanan Darah Rendah Agar Badan Tak NgeDrop Lagi

Para wanita yang sedang haid sebaiknya melakukan pantangan makanan dan minuman saat haid di atas untuk mencegah rasa tidak nyaman yang biasa datang.