Pantangan Makanan Eksim agar Kondisi Kulit Tidak Gatal dan Perih

Penyakit kulit eksim termasuk penyakit jangka panjang. Jadi ketika mengalami eksim, hendaknya patuhi pantangan makanan eksimagar kondisi kulit tidak semakin parah. Eksim sendiri adalah penyakit peradangan kulit yang disebabkan oleh reaksi alergi dan gejala kulit yang terkena eksim akan tampak kering, merah dan pecah-pecah.

Contoh pantangan makanan eksim agar tidak kambuh lagi

Gejala eksim tidak bertahan lama, terkadang muncul kemudian tenggelam. Agar penyakit tak bertambah parah atau kambuh, maka berikut pantangan makanan bagi penderita eksim:

pantangan makanan eksim (penyebab eksim kering, penyebab eksim basah)

  1. Telur

Pada dasarnya, telur memang memicu allergen yang cukup parah bagi sebagian orang bahkan diantaranya akan mengalami kulit gatal, beruam dan eksim. Telur kaya akan protein dan baik untuk dikonsumsi namun tidak semua orang cocok makan telur.

Bila pada dasarnya memiliki alergi makanan tertentu, dengan makan telur justru akan memperparah kondisi alergi tersebut. Jadi hendaknya hindari konsumsi telur ketika mengalami eksim yang parah.

  1. Tepung Terigu

Mau itu mie atau roti, dan jenis makanan apa pun yang diolah dari tepung terigu semuanya merupakan makanan pemicu eksim. Gluten gandum yang ada pada tepung terigu dikenal sebagai penyebab allergen atau eksim.

Tidak hanya memicu gatal-gatal, kulit kemerahan dan ruam, gluten gandum juga akan mengancam kesehatan usus. Dengan mengonsumsi tepung terigu, lapisan usus akan rusak karena bahan makanan ini mampu mencegah penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika memiliki alergi gluten, maka hendaknya hindari atau batasi konsumsi terigu agar eksim tidak muncul kembali.

  1. Penderita Eksim Pantang Memakan Kacang

Menghindari kacang merupakan salah satu tindakan pencegahan eksim sebab kacang cukup sering menjadi pemicu dari alergi biasa menjadi mengalami eksim. Seseorang dengan riwayat alergi kacang, ketika mengonsumsi kacang akan mengalami kulit gatal, muncul ruam dan kulit kemerahan bahkan memicu gangguan perut.

  1. Kacang Kedelai

Bagi sebagian besar orang, kacang kedelai bisa memicu alergi yang cukup parah bahkan bila tidak dibatasi konsumsinya bisa menyebabkan eksim. Demi menghindari eksim menyebar, berhenti konsumsi makanan yang mengandung kacang kedelai.

  1. Susu Sapi

Ada begitu banyak makanan penyebab eksim termasuk susu sapi. Susu memang tinggi kalsium dan protein namun bagi beberapa orang mengonsumsi susu sapi bisa menjadi sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan mual, alergi perut dan eksim.

  1. Ikan dan Daging

Meskipun mengonsumsi daging dan ikan itu baik untuk tubuh karena kandungan omega 3 yang tinggi, sayangnya kedua bahan makanan ini bisa memicu kulit eksim. Apalagi bagi orang yang memiliki alergi sebelumnya, sebaiknya pantang makanan ini.

Contohnya seperti ikan salmon dan ikan tuna, alergi kedua seafood ini berjangka panjang dan susah disembuhkan secara total.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah
  1. Kerang

Alergi kerang, remis dan tiram umumnya diderita orang dewasa, salah satu gejala dari alergi moluska ini ditandai dengan kulit eksim. Alergi pada kerang sendiri terbilang umum, meski kebanyakan rata-rata penderitanya adalah orang dewasa.

  1. Kepiting

Tidak hanya berasal dari famili moluska, faktanya kepiting juga termasuk pantangan makanan penderita eksim. Dari pada konsumsi kepiting, lebih dianjurkan untuk konsumsi makanan untuk penderita eksim seperti sayuran hijau, rempah-rempah, buah kaya antioksidan, vitamin A dan vitamin B.

Baca juga:
Pantangan Makanan Efusi Pleura sebagai Langkah Preventif & Medis

Penyebab eksim kering dan basah

Setelah tahu apa saja makanan yang harus dihindari oleh penderita eksim, cari tahu apa saja penyebab eksim basah atau kering di bawah ini:

  • Alergi makanan
  • Penggunaan sabun/deterjen
  • Stress berlebihan
  • Alergi musiman
  • Kelembaban rendah
  • Cuaca dingin
  • Sarung tangan lateks
  • Bahan kosmetik
  • Tumbuhan poison ivy/poison oak

Itulah pantangan makanan eksimsekaligus informasi tentang penyebab eksim bisa kering maupun eksim basah. Semoga bisa menghindari penderita eksim dari kondisi eksim yang lebih parah.