Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Obat Sariawan untuk Bayi yang Alami Aman Cepat dan efektif

Obat sariawan untuk bayi tidak dapat diberikan sembarangan. Mengingat dalam usia tersebut, bayi masih sangat rentan dengan berbagai hal yang masuk ke dalam tubuhnya. Ketika biasanya buah hati lahap dalam menikmati makanan dan tiba-tiba menjadi susah makan. Masalah tersebut pasti pernah dialami oleh para orang tua dan cukup membuat pusing.


apa itu sariawan dan gomen, obat alami sariawan bayi, obat sariawan pada bayi

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan masalahberkurang atau hilangnya nafsu makan pada buah hati. Beberapa faktor yang mungkin berpengaruh adalah karena sudah bosan dengan rasa makanan yang itu-itu saja, proses tumbuh gigi atau sariawan.

Penyebab Saiawan pada Bayi

Jika tiba-tiba buah hati menolak untuk makan atau minum, sebaiknya lakukan pengecekkan terhadap kesehatan mulutnya. Siapa tahu ada sariawan di dalam rongga mulutnya.

obat sariawan untuk bayi bibir

Sariawan tentu akan sangat berpengaruh terhadap nafsu makan. Terdapat beberapa nama obat sariawan untuk bayi yang dapat diberikan, namun sebelum membahas tentang informasi tersebut, simak dahulu beberapa penyebab sariawan pada bayi.

  • Alergi makanan

Sistem kekebalan tubuh bayi memang masih sangat riskan dan belum sekuat orang dewasa. untuk itu, bayi masih sangat sensitive dalam berbagai hal, termasuk makanan. Jika terdapat makanan yang tidak sesuai dengan kondisi tubuhnya, alergi akan sangat mudah datang dan menyerangnya.

Salah satu bentuk alergi yang umumnya datang pada bayi adalah sariawan. Jika sudah sariawan, pasti mereka akan sangat susah sekali makan. Para ibu pasti sudah tahu konsekuensi yang didapat jika buah hati susah makan.

  • Terinfeksi virus

Msih seputar sistem imun bayi yang belum maksimal. Bayi masih sangat rentan terkena virus dan bakteri yang perkembangannya memang tak kasat mata. Salah satu dampak negative atas virus adalah munculnya sariawan entah itu di bibir, lidah atau gusi. Rasa nyeri dan perih serta terasa terbakar pada luka sariawan sudah pasti akan mengganggu proses makan sang bayi.

  • Keturunan

Sariawan merupakan salah satu penyakit ringan yang tergolong ke dalam penyakit turunan. Jadi, jika bayi terkena sariawan, bisa jadi hal tersebut merupakan keturunan dari orang tua atau anggota keluarga sebelumnya yang lain. Untuk orang tua yang memang berlangganan sariawan, besar kemungkinannya akan menurun pada buah hati meski saat masih bayi.

  • Kekurangan vitamin

Tubuh manusia membutuhkan beberapa jenis nutrisi termasuk vitamin untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Salah satu dampak atas kekurangan vitamin dapat menjadi sariawan yang membuat anak malas makan dan rewel. Beberapa jenis vitamin yang jika kurang asupannya di dalam tubuh dapat menyebabkan sariawan antara lain B12, zinc dan asam folat.

  • Terjadi trauma

Sariawan pada bayi juga dapat muncul akibat terjadi trauma. Yang dimaksud dengan trauma disini antara lain tidak sengaja tergigit bagian bibir dalam atau lidahnya. Kondisi ini menyebabkan timbulnya luka yang kemudian berkembang jadi sariawan. Kebanyakan permukaa luka pada sariawan adalah putih.

  • Terlalu banyak mengkonsumsi buah asam

Sariawan ternyata juga dapat disebabkan oleh terlalu banyaknya mengkonsumsi buah yang sifatnya asam. Meskipun buah sangat baik dikonsumsi karena mengandung berbagai nutrisi, namun jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidaklah baik. Beberapa jenis buah asam yang dapat menyebabkan sariawan jika dikonsumsi berlebihan antara lain tomat dan jeruk.

πŸ“‹ Recommended  Bantal Tidur Bayi Yang Bagus dan Tips yang Bunda Perlu Tahu

obat sariawan untuk bayi rongga mulut

Obat Sariawan Untuk Bayi Yang Aman dan Efektif

Obat sariawan untuk balita umur 2 tahun tentu saja tidak sama dengan orang yang sudah dewasa. untuk bayi dan balita, sebaiknya penyembuhan atas sebuah penyakit dilakukan secara alami. kondisi organ yang masih sangat lemah serta sistem imun yang belum sempurna hendaknya harus benar-benar menjadi pertimbangan atas pengobatan.

Daripada memberikan obat sariawan yang mengandung bahan kimia, ikuti beberapa cara membantu buah hati terhindar dari sariawan atau minimal meredakan rasa perihnya.

  • Memberikan makanan bertekstur lembut

Pada saat sariawan menyerang buah hati, pasti ia akan sulit makan. Hal ini tentu benar karena rasa nyeri dan terbakar yang muncul memang cukup intens. Meski nafsu akannya jadi berkurang drastis, jangan sampai membiarkan perut buah hati dalam kondisi kosong.

Buatlah makanan bertekstur lembut dan memiliki suhu yang dingin. Jenis makanan ini akan sangat bersahabat dengan anak karena tidak meyebabkan luka semakin menganga lebar.

  • Membuat larutan obat sariawan sendiri

Sebenarnya terdapat obat sariawan yang memang aman digunakan di apotek atau toko obat. Nama obat tersebut adalah gomen. Namun daripada membeli di apotik, Anda semua dapat membuat obat sariawan alami sendiri di rumah. Lebih sehat dan lebih higienis.

πŸ“‹ Recommended  Mengatasi Gangguan Kulit pada Bayi (Biang Keringat & Ruam Merah)

Siapkan air, soda kue dan garam secukuonya, kemudian larutakan semua bahan tersebut. langkah selanjutnya celupkan kapas ke dalam laruta tersebut. setelah itu, tempelkan kapas yang sudah dibasahi tadi pada luka sariawan yang diderita bayi. Supaya hasilnya lebih cepat dan lebih efisien, lakukan proses ini 3 sampai 4 kali di dalam dua minggu.

  • Mengkompres luka sariawan dengan es batu

Selain membuat obat tradisional gomen pada bayi di atas, Anda juga dapat mengaplikasikan es batu sebagai obat alami sakit sariawan pada bayi. Caranya sangat mudah yakni kompres luka sariawan dengan es batu.

Suhu rendah membuat es batu dengan suhu yang sangat rendah mampu rasa perih dan terbakar pada luka sariawan menjadi sangat berkurang bahkan dapat sakit kembali. namun kinerja es batu dengan suhu yang sangat rendah mampu membuat sariawan menjadi mati rasa atau kaku. Lakukan pengompresan secara rutin setiap harinya.

Dari sekian banyak obat sariawan untuk bayi yang tersedia di toko obat, sebaiknya jangan terburu-buru untuk memberinya obat. Lakukan dahulu beberap langkah penyembuhan secara alami seperti yang dijelaskan di atas. Langkah pengobatan alami menjadi lebih aman dan minim efek samping negative bagi buah hati.

✰ advertisement ✰