Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Mengatasi Bayi Bingung Puting Dengan 5 Cara Mudah

Mengatasi bayi bingung puting memang perlu diketahui oleh orang tua terutama bagi ibu. Kita semua tentu sudah mengetahui bahwa ASI sangat dibutuhkan dan baik untuk bayi. Namun terkadang pada beberapa kasus seperti ibu yang melahirkan di rumah sakit karena melahirkan dengan cara operasi, bayi akan dikenalkan pada botol susu formula. Hal itu dapat menyebabkan bayi lebih mengenal botol susu dahulu daripada puting ibunya sendiri.


Kesalahan yang membuat bayi bingung puting

Ada beberapa kesalahan yang bisa membuat bayi bingung dengan puting sang ibu sendiri seperti berikut ini:

  • Ibu terlalu dini memperkenalkan botol susu bayi.
  • Bayi yang mengenal botol susu lebih dahulu daripada puting ibu.
  • Ibu yang mengeluarkan ASI sedikit.
  • Ibu yang mengira bayi nya tidak menyukai ASI nya, dan masih banyak lagi.
  • Ibu pasrah ketika bayi lebih suka meminum susu/ ASI dari botol.
  • Beranggapan susu formula lebih bagus daripada ASI.
  • Ibu tidak mau repot-repot menyusui lama.

Cara Mengatasi Bayi Bingung Puting Cara Mengatasi Bayi Bingung Puting

5 Cara mengatasi bayi bingung puting

Berikut cara mengatasi bayi tidak mau minum ASI langsung dari puting sang ibu karena bingung:

  1. Latih Bayi dan Luangkan Waktu yang Lama dengan Bayi

Segala hal perlu dilatih, termasuk agar bayi mau minum ASI secara langsung dari puting ibu. Saat sudah memiliki waktu yang cukup, selalu lakukan kedekatan dengan bayi sebanyak mungkin. Saat dekat dengan bayi itu, latihlah bayi dengan perlahan untuk menghisap puting Anda.

πŸ“‹ Recommended  Ibu Menyusui Minum Es. Apakah Bisa Bikin Bayi Pilek / Flu ?

Buka mulit bayi lebar dan latihlah untuk menempelkannya pada puting Anda. Secara otomatis, bayi dapat menghisap puting ibu dan gerakan ini akan merangsang puting untuk mengeluarkann ASI lebih banyak.

  1. Hentikan Pemakaian Susu Formula dan Memperlancar ASI

Jika pada kondisi tertentu seperti pada bayi prematur bingung puting, yang mengharuskan bayi menginap di rumah sakit dan harus diberikan susu formula, mengatasi bayi bingung puting memang cukup sulit. Namun jangan biarkan hal ini berlarut-larut.

Saat kondisi bayi sudah memungkinkan untuk menghentikan susu fromula, maka segera hentikan susu formula tersebut. Segera gantikan dengan ASI. Ibu pun harus siap untuk memberikan ASI dalam jumlah yang cukup, sehingga Ibu harus memperlancar ASI. Memperlancar ASI bisa dilakukan dengan car mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan yang sehat.

  1. Perbanyak Ilmu Tentang Manfaat ASI

Ibu muda biasanya kurang mengerti betul tentang manfaat ASI, sehingga masih sangat cuek dan tidak berpikir bahwa ASI sangat baik untuk bayi. Memperbanyak wawasan dengan cara membaca artikel di internet atau buku bisa membuat Ibu muda mengerti pentingnya Asi dan dampaknya bila tidak diberikan.

  1. Melakukan Proses Laktasi dengan Bantuan Sendok dan Gelas

Pada proses laktasi, mungkin ibu bisa memanfaatkan sendok dan gelas untuk membantu proses laktasi. Mungkin ini sedikit merepotkan apalagi bagi ibu yang bekerja dan sibuk. Namun hal ini merupakan salah satu cara agar bayi mau menyusu ASI lagi. Cara ini juga cukup ampuh dalam melatih daya hisap bayi pada puting Ibu.

  1. Jangan Biarkan Bayi Bingung Puting lebih Lama

Semakin cepat Ibu melakukan tindakan atau upaya, maka semakin cepat pula bayi bingung puting ini bisa diatasi. Karena bila terlalu lama maka akan lebih lama bagi bayi untuk bisa beradaptasi dengan puting ibu. Ibu bisa melakukan upaya agar bayinya bisa nyaman dengan puting ibu. Salah satu cara yang paling ampuh adalah melakukan pendekatan dengan bayi. Mengerti apa yang membuat bayi nyaman dan tidak nyaman.

πŸ“‹ Recommended  Cara Memperbanyak ASI Setelah Melahirkan Secara Alami dan Efektif

Itulah tadi beberapa cara mengatasi bayi bingung puting dengan langkah-langkah yang sederhana. Semoga bisa membantu ibu-ibu yang bingung dengan kondisi ini.

✰ advertisement ✰