Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Agar ASI Keluar Sebelum Melahirkan (Cara MenStimulasi ASI)

Agar ASI keluar sebelum melahirkan memang membutuhkan beberapa treatment yang harus dilakukan. Air Susu Ibu atau ASI menjadi pilihan asupan yang sangat recommended untuk diberikan pada buah hati hingga usianya menginjak 2 tahun.


ASI memiliki peranan yang luar biasa dalam membantu dan menunjang tumbuh kembang buah hati. Nutrisi terbaik dan sangat lengkap dapat diperoleh bayi dari ASI. ASI juga memiliki kandungan yang jauh lebih baik dari susu formula. Bahkan terdapat beberapa zat dalam ASI yang tidak dimiliki oleh susu formula.

Cara Ampuh Agar ASI Keluar Sebelum Melahirkan

Memasuki trisemester terakhir kehamilan, sudah sepatutnya produksi ASI sudah berjalan dengan sempurna. ASI yang sudah dapat keluar menjelang proses persalinan akan memaksimalkan proses menyusui setelah buah hati terlahir nantinya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan ASI sebelum persalinan.

agar ASI keluar sebelum melahirkan pijat laktasi - kapan normalnya asi keluar asi keluar saat hamil 9 bulan cara ampuh agar asi cepat keluar makanan memperlancar asi sebelum melahirkan cara memijat payudara agar asi cepat keluar penyebab air susu keluar pada usia kehamilan kapan normalnya asi keluar cara ampuh agar asi cepat keluar makanan memperlancar asi sebelum melahirkan cara memijat payudara agar asi cepat keluar kapan normalnya asi keluar cara ampuh agar asi cepat keluar makanan memperlancar asi sebelum melahirkan cara memijat payudara agar asi cepat keluar cara ampuh agar asi cepat keluar kapan normalnya asi keluar cara mengeluarkan asi pada remaja cara memijat payudara agar asi cepat keluar agar asi cepat keluar setelah operasi caesar makanan memperlancar asi sebelum melahirkan cara mengeluarkan asi pada remaja cara ampuh agar asi cepat keluar kapan normalnya asi keluar cara agar asi keluar tanpa hamil agar asi cepat keluar setelah operasi caesar cara memijat payudara agar asi cepat keluar air susu keluar saat hamil 4 bulan kapan asi keluar pertama kali asi belum keluar saat hamil 9 bulan kapan normalnya asi keluar asi keluar saat hamil 7 bulan penyebab asi keluar sebelum melahirkan tanda asi keluar sebelum melahirkan asi keluar saat hamil 9 bulan penyebab air susu keluar pada usia kehamilan kapan normalnya asi keluar cara ampuh agar asi cepat keluar makanan memperlancar asi sebelum melahirkan cara memijat payudara agar asi cepat keluar

  • Mengkonsumsi makanan sehat untuk pemenuhan nutrisi harian selama kehamilan

Kapan normalnya asi keluar merupakan pertanyaan dari banyak para ibu hamil. Jawabannya adalah pada saat hamil tua dan mendekati proses persalinan. Air susu dapat keluar sebelum persalinan merupakan pertanda yang sangat bagus karena Anda akan langsung dapat menyusui buah hati setelah terlahir nanti.

Supaya ASI keluar sebelum persalinan, konsumsilah makanan sehat yang kaya akan nutrisi selama masa kehamilan. Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan dan perhitungkan asupan nutrisi yang diperoleh sejak awal kehamilan.

  • Melakukan terapi pijat khusus

Cara yang kedua agar air susu dapat keluar sebelum persalinan adalah dengan melakukan terapi pijat khusus di bagian payudara. Lakukan terapi pijat seperti memelintir bagian putting sejak awal trisemester kehamilan. Lakukan setidaknya dua kali dalam sehari. Ibu hamil dapat meminta bantuan suami untuk melakukan terapi pijat ini. Namun setelah usia kehamilan masuk pada trisemester ketiga, hati-hati dalam melakukan terapi pijat karena dapat memicu kontraksi.

  • Tidak mamakai bra yang terlalu ketat

Selanjutnya, usahakan untuk tidak menggunakan bra yang terlalu ketat selama kehamilan. Bra yang terlalu ketat dapat mengganggu produksi ASI dan colostrum. Penggunaan bra yang ketat juga dapat menyebabkan masalah menyusui pasca persalinan nantinya.

  • Rajin mengompres payudara dengan air hangat

Selain rajin mengkonsumsi makanan memperlancar asi sebelum melahirkan seperti daun katuk yang dimasak jadi sup atau yang lainnya, sebaiknya ibu hamil juga rajin mengompres payudara. Kompres payudara dengan air hangat setidaknya selama 10 menit dalam sehari. Air hangat akan mampu memperlancar sirkulasi darah di dalam kelenjar ASI sehingga proses produksinya berjalan dengan baik.

  • Rajin membersihkan payudara

Jangan lupa untuk selalu membersihkan payudara terutama pada bagian putingnya. Dengan selalu terjaganya kebersihan payudara, maka tidak akan ada masalah ketika bayi yang baru lahir langsung mendapat ASI eksklusuf dari sang ibu. Lakukan pembersihan payudara terutama bagian putting dengan baby oil serta air hangat. Jangan bersihkan payudara dengan alkohol, sabun atau lotion sembarangan karena justru dapat memicu kontraksi kimia.

  • Mengkonsumsi banyak air putih

Air putih sangatlah baik untuk dikonsumsi baik oleh orang biasa maupun oleh ibu yang sedang mengandung. Konsumsi banyak air putih selama masa kehamilan dan seterusnya ternyata juga dapat dijadikan salah satu cara ampuh agar asi cepat keluar. ASI adalah cairan sehingga produksinya dapat dimaksimalkan dengan mengkonsumsi cairan sehat seperti air putih atau jus buah secara rutin.

  • Mengikuti senam khusus

Para ibu hamil juga dapat mengikuti dan melakukan senam khusus ibu hamil yang mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tak hanya itu, senam kehamilan khusus juga dapat membuat produksi ASI menjadi semakin lancar.

πŸ“‹ Recommended  Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif bagi Ibu & Bayi Usia 6 Bulan

Demikianlah penjelasan tentang tips dan cara agar ASI keluar sebelum melahirkan. Melalui penjelasan di atas, ternyata tidak hanya ibu saja yang berperan namun peran serta sang ayah juga sangat diperlukan. Kerjasama yang baik antara ibu dan ayah sangat dibutuhkan dalam menyongsong kelahiran buah hati.

✰ advertisement ✰