Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Efek Samping Vapor / Liquid Vape, Pengertian & Kandungannya

Efek samping vapor yang merupakan terobosan baru dalam merokok memang banyak dipertanyakan oleh masyarakat akhir-akhir ini. Vapor menjadi trend tersendiri di kalangan para perokok aktif untuk menggantikan metode merokok konvensional.


Efek samping vapor, Efek samping va, foto vapor, vapor, vavor, gambar vapor

Dari sekian banyak masyarakat perokok yang telah mencoba menggunakan vapor, banyak di antara mereka yang lebih menyukai kegiatan merokok dengan vapor daripada menghisap rokok tembakau.

Namun di tengah boomingnya vapor, banyak pihak yang berpendapat jika vapor memiliki segudang efek negatif. Apakah pendapat tersebut benar?

Pengertian dan kandungan vapor

Vapor merupakan roko elektrik atau dikenal dengan istilah e-cigarette yang diciptakan oleh China. Tujuan dari penciptaan vapor adalah untuk menghentikan kebiasaan merokok tembakau para perokok aktif yang menyebabkan bahaya kesehatan bagi perokok maupun orang-orang di sekelilingnya. Tidak ada proses pembakaran yang terjadi pada vapor layaknya rokok tembakau dalam metode merokok konvensional.

efek samping vapor vape rokok elektrik

Memang asap tetaplah muncul dari vapor, namun keberadaan asap tersebut merupakan uap yang dihasilkan dari proses pemanasan cairan catridge yang dimiliki vapor. Para pengguna vapor dapat mengatur panasnya suhu sesuai dengan kebutuhan dan seleranya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai efek samping positif dan negatif dari vapor, berikut ini adalah beberapa kandungan yang terdapat di dalam vapor:

  • Nikotin

Keberadaan vapor sebagai terobosan merokok yang lebih sehat tidak membuat vapor terbebas dari kandungan nikotin. Vapor tetap memiliki kandungan nikotin di dalamnya. Namun, kandungan nikotin tersebut dalam takaran yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan rokok tembakau.

  • Vegetable Glycerin

Telah dijelaskan secara singkat pada ulasan sebelumnya bahwa uap yang dihadilkan vapor berasal dari pemanasan liquid atau cairan yang ada di dalamnya. Kandungan liquid vapor tersebut adalah vegetable glycerin atau yang lebih dikenal dengan VG. Minyak tumbuhan yang tidak mengandung bahaya ini dapat menghasilkan efek uap yang cukup tebal pada vapo.

  • Perasa

Satu bahan yang terkandung di dalam vapor yang tak dimiliki rokok tembakau adalah terdapat rasa yang bermacam-macam. Vapor mengandung perasa dengan berbagai pilihan antara lain mint, buble gum, vanilla dan masih banyak lagi. Hal ini tentu saja dapat membuat nuansa dan sensasi baru bagi para perokok vapor.

  • Propylene Glycol

Kandungan yang terakhir adalah propylene glycol yang berfungsi untuk mengikat serta meningkatkan perasa yang terkandung di dalam vapor.

πŸ“‹ Recommended  Efek Samping Crystal X Bagi Wanita yang Ternyata Beresiko

Efek samping vapor

Setelah mengetahui tentang pengertian dan berbagai zat yang terkandung di dalam vapor, kini saatnya untuk membahasa kelebihan kekurangan vapor yang dapat secara langsung dirasakan oleh para perokok vapor. Dimulai dari efek positif yang dimiliki oleh vapor, antara lain sebagai berikut:

  • Asap yang dihasilkan tidak berbau

Tidak seperti rokok tembakau konvensional, asap yang dihasilkan oleh vapor tidaklah berbau dan tidak dapat menempel pada pakaian sehingga tak akan mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitar. Uap yang dihasilkan merupakan hasil dari pembakaran liquid yang dipanaskan sehingga hasil uap lebih tebal.

  • Tidak menyebabkan plak atau noda kuning kecoklatan pada gigi

Para perokok konvensional kebanyakan memiliki gigi yang kuning kecoklatan akibat plak yang disebabkan oleh kandungan dalam tembakau. Karena kinerja vapor adalah menghasilkan asap yang berasal dari pemanasan cairan, maka vapor diklaim tak dapat membuat bibir menjadi menghitam dan tak membuat plak kuning pada permukaan gigi.

  • Kadar nikotin jauh lebih rendah dibanding rokok konvensional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kadar nikotin yang teradapat pada vapor jauh lebih sedikit dibanding rokok tembakau. Hal ini tentu saja membuat vapor menjadi lebih sehat dibanding rokok konvensional. Meskipun demikian, tak menutup kemungkinan bagi perokok vapor untuk menaikkan kadar nikotin karena dapat diatur sesuai dengan keinginan.

πŸ“‹ Recommended  Efek Samping Omeprazole Obat untuk Asam Lambung Tinggi

Selain efek samping positif, vapor juga memiliki beberapa efek samping negatif bagi para perokoknya. Efek samping egatif dari vapor antara lain:

  • Tetap beresiko memicu penyakit jantung dan paru-paru

BPOM memberikan himbauan yang menyatakan bahwa vapor tetaplah berpotensi menyebabkan kanker, peradangan pada jantung, paru-paru dan organ pernapasan lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan propylene glycol pada vapor yang jika dipanaskan dapat menghasilkan senyawa nitrosamine.

Senyawa inilah yang memicu munculnya berbagai penyakit tersebut. Bahkan jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang, stroke dan serangan astma juga dapat menjangkit perokok.

  • Resiko vapor meledak yang bisa terjadi sewaktu-waktu

Efek samping negatif yang satu ini banyak diperbincangkan oleh masyarakat. Penggunaan baterai untuk proses pemanasan liquid vapor dapat menyebabkan resiko meledak. Gangguan arus listrik dan kerusakan baterai dapat membuat vapor mudah meledak sewaktu-waktu yang tentunya membahayakan si perokok.

  • Belum ada aturan penetapan kadar nikotin yang pakem

Meskipun saat membelinya dapat memilih kadar niktoin yang terkandung di dalam vapor, namun belum terdapat regulasi sah yang mengatur kadar nikotin yang aman dan wajar pada vapor. Untuk itu, belilah vapor dari pihak atau distributor yang benar-benar terpercaya.

Dampak Asap Rokok bagi Ibu Hamil, Janin dan Balita

Meskipun memiliki sederet efek samping negatif, namun terdapat pula efek samping vapor yang lebih menguntungkan para perokok dibanding dengan rokok tembakau. Semoga ulasan dan penjelasan di atas dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin beralih ke vapor.

✰ advertisement ✰