Efek Samping Sangobion jika Dosis dan Penggunaannya Salah

Sangobion merupakan obat atau suplemen penambah darah yang sudah cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berbagai kandungan di dalamnya seperti zat besi dan asam folat dapat mengatasi kurang darah dalam waktu seketika setelah Anda mengkonsumsinya.

Sejauh ini, sangobion memang sangat membantu dalam mengatasi anemia terlebih lagi untuk ibu hamil atau menyusui. Wanita yang sedang mengandung atau menyusui biasanya rentan terkena anemia atau kurang darah karena sering kelelahan dan ada suplai darah yang menuju ke janin.

Mengkonsumsi sangobion untuk ibu menyusui dapat menjadi pilihan yang tepat karena suplemen ini memiliki berbagai vitamin dan kandungan seperti Ferrous Gluconate, vitamin C, vitamin B12, dan lain sebagainya yang diperlukan tubuh. Meskipun demikian, Anda perlu waspada dan memperhatikan efek samping sangobion yang mungkin ditimbulkan.

4 Efek Samping Sangobion yang Perlu Diwaspadai

Sangobion memang merupakan suplemen penambah darah yang relatif aman, bahkan diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu yang menyusui ataupun ibu hamil. Selain itu, minum Sangobion saat haid juga diperbolehkan selama masih dalam batas pemakaian yang wajar. Meskipun demikian, Anda perlu memperhatikan dosis dan penggunaan yang dianjurkan agar terhindar dari efek samping obat.

efek samping sangobion

Berikut adalah beberapa efek samping dari Sangobion yang perlu diwaspadai:

  1. Feses yang berubah warna

Sangobion memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga tidak bisa dikonsumsi dengan takaran sembarangan. Salah satu efek samping yang paling terlihat setelah mengkonsumsi suplemen penambah darah ini adalah feses yang mengalami perubahan warna menjadi agak kehitaman.

Agar efek samping ini tidak terjadi, Anda perlu memperhatikan takaran yang dianjurkan ataupun bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika memiliki riwayat penyakit khusus.

  1. Warna urine menjadi lebih pekat

Setelah mengkonsumsi sangobion, efek samping lain yang terlihat adalah warna kuning urine yang berubah menjadi lebih pekat. Namun jika Anda mengalami efek samping seperti ini tidak perlu khawatir, karena efek samping tersebut masih wajar dan tidak membahayakan jika Anda sudah mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

  1. Gangguan pada sistem pencernaan

Gangguan pada sistem pencernaan juga bisa saja terjadi pada setiap orang jika ada kandungan sangobion yang tidak cocok dengan tubuh. Hal ini dapat terjadi pada orang yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Maka dari itu sebelum mengkonsumsinya sangat penting untuk memperhatikan aturan pakai yang tertera pada bungkus obat. Selain itu, bagi Anda yang memiliki ketidakcocokan dengan kandungan zat tertentu, Anda dapat mengkonsumsinya saat makan untuk mengurangi penyerapan zat besi yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Overdosis zat besi, mineral, dan vitamin

Kandungan vitamin yang dimasukan ke dalam tubuh tentunya harus sesuai dengan kadarnya, karena jika berlebihan akan mengalami efek samping yang membahayakan tubuh. Di dalam sangobion, terdapat kandungan zat besi yang tinggi, dan berbagai vitamin lainnya. Suplemen ini dapat menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya yaitu menyebabkan kematian. Hal ini tentu sangat mungkin terjadi jika pengkonsumsi meminum obat dengan takaran yang berlebihan dan tidak sesuai dengan dosis pemakaian.

Penyakit kurang darah memang bisa sering terjadi pada setiap orang terutama pada wanita yang sedang hamil, menyusui ataupun yang sedang menstruasi. Dengan demikian untuk mencegah anemia terjadi, selain mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen penambah darah seperti Sangobion.


📌 Rekomendasi Artikel
➥ Efek Samping Cream Rose di Wajah

➥ Manfaat Masker Spirulina untuk Wajah

Untuk menghindari berbagai efek samping terjadi, sangat dianjurkan untuk memperhatikan dosis obat yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Demikian beberapa efek samping Sangobion yang perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat.