Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Efek Samping Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Efek samping daun kumis kucing dapat terjadi jika dikonsumsi tidak sesuai dosis yang dianjurkan. Kumis kucing merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang bermanfaat untuk pengobatan. Bagian yang diambil dari tanaman kumis kucing untuk pengobatan adalah daunnya.


efek samping daun kumis kucing, efek samping kumis kucing, manfaat & efek samping kumis kucing, efek buruk daun kumis kucing, efek samping minum air rebusan daun kumis kucing, efek samping minum rebusan daun kumis kucing

Daun kumis kucing mengandung glikosida orthosiphonim yang berkombinasi dengan berbagai senyawa lainnya. Kandungan inilah yang mampu meluruhkan asam urat oksalat dan fosfat yang berlebih di dalam tubuh.

Efek samping daun kumis kucing bagi kesehatan

Di balik sederet manfaat daun kumis kucing untuk mencegah atau mengobati berbagai penyakit, tersimpan efek samping yang dapat timbul. Berikut adalah efek samping yang dapat terjadi:

  1. Sakit perut

Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh daun kumis kucing adalah perut menjadi sakit. Kandungan di dalam daun kumis kucing dapat memicu masalah bagi lambung atau organ pencernaan lain bagi seseorang yang cenderung sensitif.

Apalagi jika mengonsumsi daun kumis kucing secara berlebihan dan tidak sesuai dengan takaran yang semestinya. Dosis daun kumis kucing haruslah benar-benar diikuti supaya hasil pengobatannya maksimal dan tak menimbulkan efek samping.

πŸ“‹ Recommended  Efek Samping Masker Kopi Bagi Kesehatan & Kulit Wajah

efek samping daun kumis kucing efek samping daun kumis kucing efek samping daun kumis kucing

  1. Sesak nafas

Daun kumis kucing memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tapi terlalu banyak mengonsumsi daun kumis kucing justru dapat mendatangkan penyakit. Layaknya debu dan polusi, konsumsi daun kumis kucing dengan dosis terlalu tinggi juga dapat memicu sesak nafas.

Nafas akan menjadi berat bahkan dada akan terasa sakit karena kandungan daun kumis kucing yang dikonsumsi berlebihan justru akan menjadi beban bagi organ pernapasan.

  1. Mengganggu fungsi jantung

Ternyata, terlalu banyak mengonsumsi kumis kucing dapat mengakibatkan terganggunya fungsi kinerja jantung. Kandungan atau senyawa pada kumis kucing yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu serangan jantung hingga berujung pada kematian.

  1. Terserang penyakit ginjal

Cara merebus daun kumis kucing pun sama dengan cara merebus tanaman herbal lainnya. Merebus beberapa helai daun kumis kucing menggunakan beberapa gelas yang kesemuanya sudah ditentukan dengan takaran tertentu. Konsumsi ini tidak boleh berlebihan karena bisa meningkatkan resiko terkena penyakit ginjal.

  1. Reaksi alergi

Reaksi alergi dapat terjadi jika tubuh tidak bisa secara langsung menerima obat-obatan yang masuk, termasuk obat herbal. Reaksi semacam ini sangatlah banyak misalnya timbul bintik-bintik kecil hingga kemerahan pada tubuh bahkan sampai wajah.

  1. Menyebabkan tekanan darah menjadi rendah

Salah satu manfaat rebusan daun kumis kucing adalah menurunkan tekanan darah bagi para penderita hipertensi. Saat mengonsumsinya secara berlebihan, justru tekanan darah akan menjadi sangat drop. Tekanan darah yang terlalu rendah juga tidak baik bagi kesehatan.

πŸ“‹ Recommended  Efek Samping Obat TBC Menurut Dokter jika Dikonsumsi >6 Bulan

Efek Samping Kayu Manis pada Pemakaiannya yang Berlebihan

  1. Keracunan

Jangan berpikir jika tanaman herbal dapat dikonsumsi semaunya tanpa takaran untuk mengobati berbagai penyakit. Termasuk daun kumis kucing, dosis konsumsinya harus benar-benar diperhatikan supaya tak terjadi keracunan pada tubuh.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai efek samping daun kumis kucing untuk pengobatan.

✰ advertisement ✰