Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

6 Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami, Aman dan Cepat

Cara mengobati sengatan lebah atau tawon ternyata ada berbagai macam. Saat mendapat sengatan lebah rasanya sangat menyakitkan. Bahkan kulit yang disegat lama-lama akan bengkak serta kemerahan apabila tak segera ditangani dengan baik.


cara menebalkan rambut alami

Yang lebih mengerikan, sengatan lebah juga dapat menyebabkan kematian pada seseorang yang memiliki alergi terhadap sengatan lebah. Beberapa gejala yang dialami korban sengatan lebah yang dapat memicu kematian antara lain menjadi sesak nafas, kulit yang tersengat terasa sangat gatal, merasa pusing dan mual hingga pingsan.

Cara Mengobati Sengatan Lebah Alami dan Sangat Efektif

Pasca terjadi sengatan lebah, sebaiknya ambil langkah pertolongan pertama dengan mengobatinya secara alami.

cara mengobati sengatan lebah cara mengobati sengatan lebah

Berikut ini terdapat enam cara mengobati sengatan lebah secara alami dan memberikan hasil yang efektif:

  • Mengaplikasikan es batu

Cara mengobati sengatan lebah yang membengkak secara alami yang pertama adalah dengan mengaplikasikan es batu. Es batu dengan suhunya yang sangat rendah dapat meredakan nyeri serta mengatasi pembengkakan yang terjadi pasca sengatan lebah.

Cara melakukannya sangat mudah yakni dengan membuang sungut lebah yang tertancap pada kulit menggunakan pinset atau penjepit lainnya. setelah itu, kompres area kulit yang tersengat lebah tersebut menggunakan es batu yang telah dibungkus dengan kain. Lakukan pengompresan selama kurang lebih 20 menit.

  • Menggunakan madu

Selain dapat menghasilkan sengat yang membuat kulit jadi bengkak, lebah juga menghasilkan madu yang dapat digunakan untuk mengobati sengatan lebah itu sendiri.

baca :  Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Cepat

Cara mengobati sengatan lebah dengan madu sangat mudah dilakukan. Tinggal oleskan saja madu secara merata pada bagian kulit yang tersengat lebah lalu diamkan kurang lebih sekama 1 jam.

Dengan begitu, racun dari sengat lebah tak akan membuat kulit menjadi bengkak atau iritasi. Namun perlu diingat bahwa madu tidak boleh diaplikasikan pada seseorang yang alergi terhadap sengat lebah.

  • Menggunakan pasta gigi

Saat gosok gigi, seseorang pasti tak dapat terlepas dari yang Namanya pasta gigi. Ternyata pasta gigi juga dapat digunakan sebagai obat penawar sengatan tawon yang optimal.

Sensasi dingin yang dimunculkan karena mengaplikasikan pasta gigi dapat meredakan peradangan kulit yang disebabkan oleh sengatan lebah. Oleskan pasta gigi pada area kulit yang tersengat lebah kemudian diamkan kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

  • Menggunakan baking soda

Selain digunakan sebagai salah satu bahan pembuat kue, baking soda juga merupakan salah satu resep obat digigit tawon yang sangat manjur. Kandungan zat yang terdapat di dalam baking soda mampu meminimalisir rasa nyeri yang muncul akibat sengatan lebah.

Untuk membuat resep pengobatan sengatan tawon dari baking soda caranya sangat mudah. Tinggal ambil saja bubuk baking soda secukupnya kemudian campurlah dengan air lalu aduk merata.

Setelah menjadi krim, oleskan pada area kulit yang tersengat tawon lalu diamkan hingga kering baru dibilas dengan air bersih. Jika kondisinya memungkinkan, pengobatan sengatan tawon dengan baking soda dapat dilakukan dengan cara mengalirkan cairan baking soda tepat di atas permukaan kulit yang tersengat lebah.

  • Mengaplikaskan minyak lavender

Bunga lavender memiliki aroma yang khas dan digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk. Namun ternyata minyak lavender yang diolah dari bunga lavender juga dapat digunakan untuk mengobati sengatan lebah. Hal ini dikarenakan keharuman serta zat yang terkandung pada minyak lavender mampu menetralisir racun lebah secara maksimal.

baca :  Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah & Kulit Cantik

Dengan begitu, racun lebah tidak akan menyebar ke seluruh tubuh dan membuat ksehatan memburuk. Cara mengaplikasikannya sangat mudah yakni dengan memberikan beberapa tets minyak kavender tepat pada luka sengatan serta area kulit sekitarnya.

  • Kombinasi cuka, baking soda dan nanas

Nanas mengandung enzim papain yang mampu meluruhkan racun lebah. Untuk itu, penanganan secara alami yang mampu memberikan hasil maksimal adalah dengan mengkombinasikan cuka, nanas dan baking soda.

Caranya sangat mudah yakni dengan mecampurkan baking soda, cuka dan parutan nanas secukupnya kemudian aduk rata. Sengatan lebah dapat dinetralkan dengan menggunakan kombinasi ketika bahan ini dengan maksimal.

Tinggal oleskan saja pada bagian yang tersengat lebah. Di awal akan terasa perih namun lambat laun rasa perih akan hilang.

Beberapa cara mengobati sengatan lebah di atas dapat segera dipraktekkan atau dilakukan ketika Anda atau teman bahkan orang di sekitar Anda mendapat sengatan dari lebah. Jangan menunggu hingga muncul gejala yang lebih parah.