Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
hamilplus.com

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari yang Asyik dan Efektif

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari karena tidur terlalu larut atau bahkan karena begadang merupakan informasi yang ingin diketahui banyak orang. Kesibukan melakukan aktivitas yang menggunung membuat banyak orang kehilangan waktu istirahat termasuk tidur di malam hari.


Padahal, setidaknya orang dewasa membutuhkan waktu tidur kurang lebih 8 jam dalam satu hari untuk dapat menjaga kesehatan dan kebugarannya. Itulah mengapa banyak orang yang mengalami insomnia maupun kurang tidur di malam hari menjadi lesu dan tidak dapat menahan rasa kantuk di pagi hari.

Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Banyak yang mempertanyakan ngantuk di pagi hari gejala apa karena benar-benar tidak dapat ditahan. Jangan terburu-buru berburuk sangka karena mengantuk di pagi hari dapat saja merupakan efek negatif dari rutinitas yang menggunung hingga larut malam.

cara menghilangkan ngantuk di pagi hari

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir kantuk di pagi hari secara efektif.

  • Memanfaatkan air bersuhu dingin

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kantuk berat adalah dengan berada di lingkungan bersuhu dingin. Supaya lebih efektif, sebaiknya mandilah dengan air dingin di pagi hari. Memang akan terasa malas karena dingin, namun rasa dingin hanya akan muncul di permulaan. Tubuh akan seperti dikejutkan dengan siraman air dingin sehingga membuatnya lebih fresh dan rasa kantuk pun dapat dengan mudah hilang.

  • Tetap aktif bergerak

Ternyata rasa kantuk juga dapat diusir dengan melakukan beberapa gerakan sederhana. Jika waktunya memungkinkan, lakukan olahraga ringan di pagi hari. Namun jika keburu kesiangan, Anda dapat menggantinya dengan melakukan beberapa gerakan sederhana seperti berjalan-jalan, mengangkat telepon sambal berjalan keliling ruangan atau sekedar melihat-lihat kondisi luar melalui jendela. Langkah ini nampaknya menjadi cara menghilangkan ngantuk berat yang sangat efektif dan mudah untuk dilakukan.

  • Konsumsi camilan sehat

Rasa kantuk yang berat ternyata juga dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi camilan. Aktivitas makan khususnya mengunyah ternyata dapat memicu syaraf otak untuk menghalau rasa kantuk. Namun jangan salah karena camilan yang mengandung gula tinggi justru akan membuat rasa kantuk menjadi semakin parah. Untuk itu, pilih camilan sehat seperti kacang-kacangan, sayuran yang direbus, buah-buahan hingga energi gandum.

  • Memilih lokasi yang terang

Saat rasa kantuk melanda, jangan sekali-kali justru berpindah ke ruangan yang redup atau bahkan gelap karena justru akan membuat rasa kantuk semakin menggelayut. Untuk menepis rasa kantuk, cobalah untuk berpindah ke tempat yang terang. Cara ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki menuju tempat kerja sehingga sinar matahari dapat langsung mengenai tubuh.

  • Meminum kopi

Saat rasa kantuk datang, tentunya kopi menjadi salah satu pilihan minuman yang langsung terbesit dalam kepala. Memang sangat benar, saat rasa kantuk melanda di pagi hari, sebaiknya minumlah kopi hangat dengan tambahan gula sedikit saja. Kandungan kafein akan memaksimalkan produksi adrenalin sehingga rasa kantuk dapat sekejap hilang.

  • Mengkonsumsi banyak air putih

Cara menghilangkan kantuk saat belajar di kelas atau di tempat kerja juga dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi air putih. Salah satu penyebab mengantuk adalah karena dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi ini tentu membuat orang menjadi sulit berkonsentrasi yang menjadi dampak kurang tidur yang semakin parah. Untuk itu, perbanyaklah minum air putih minimal 6 sampai 8 gelas dalam satu hari.

  • Sempatkan tidur siang

Jika kantuk sudah tak dapat lagi dihalau, tak masalah bagi Anda untuk meluangkan waktu tidur siang. Gunakan setidaknya 10 sampai 20 menit waktu di diang hari untuk memejamkan mata. Durasi seperti itu cukup untuk me-refresh Anda dari rasa kantuk yang amat sangat.

📋 Recommended  Tips Diet Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

Melalui penjelasan di atas dapat diketahui bahwa ada banyak cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang dapat dengan mudah dilakukan. Bahkan beberapa dari cara di atas masih belum diketahui banyak orang. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat.

✰ advertisement ✰